Manfaat Mengkonsumsi Buah Mentimun

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Mentimun

Buah mentimun, buah timun atau ketimun (Cucumis sativus L.) adalah tanaman semusim yang tumbuh merambat dari kelompok Cucurbitaceae. Buah mentimun biasa digunakan sebagai bahan sayuran atau dikonsumsi langsung yang menyegarkan. Seperti halnya tumbuhan dari kelompok Cucurbitaceae lainnya, buah mentimun juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang mencapai 95%. Dengan kandungan air yang cukup tinggi dan memiliki aroma khas yang menyegarkan buah mentimun sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Buah mentimun banyak ditemukan diberbagai belahan dunia, biasanya digunakan sebagai pelengkap hidangan atau disajikan sebagai minuman segar.

Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Mentimun


Kandungan Gizi Buah Mentimun

Selain sebagai sayuran dan bahan minuman, buah mentimun juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin dan bermanfaat sebagai pembersih kulit. Buah mentimun sangat bermanfaat dalam perawatan kulit karena mengandung air yang cukup tinggi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu mentimun juga mengandung Asam askorbat dan Asam caffeic serta berbagai mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Dalam 100 gr buah mentimun mentah mengandung :
– Energi 15 Kcal <1% - Karbohidrat 3,63 g 3% - Protein 0,65 g 1% - Total Lemak 0.11 g 0.5% - Kolesterol 0 mg 0% - Diet Serat 0,5 g 1% - Folat 7 mg 2% - Niacin 0.098 mg <1% - Asam pantotenat 0.259 mg 5% - Pyridoxine 0.040 mg 3% - Riboflavin 0,033 mg 3% - Thiamin 0,027 mg 2% - Vitamin A 105 IU 3,5% - Vitamin C 2,8 mg 4,5% - Vitamin E 0,03 mg 0% - Vitamin K 16,4 mg 13,6% - Sodium 2 mg 0% - Kalium 147 mg 3% - Kalsium 16 mg 1,6% - Besi 0,28 mg 3,5% - Magnesium 13 mg 3% - Mangan 0,079 mg 3,5% - Fosfor 24 mg 3% - Seng 0,20 mg 2% - Karoten-AY 45 ug – - Crypto-xanthin-AY 26 ug – - Lutein-zeaxanthin 23 ug

Baca juga  Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma
Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan

1). Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K pada buah mentimun berperan penting untuk menjaga kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan berperan dalam pembentukan masa tulang.

2). Sebagai Antioksidan

Buah mentimun mengandung anti-oksidan unik dalam rasio moderat, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, vitamin C, vitamin-A, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini bertindak sebagai zat perlindungan terhadap radikal bebas , yang akan berperan dalam mencegah efek penuaan dan berbagai proses penyebab penyakit.

3). Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat pada buah mentimun berperan penting dalam membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

4). Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah mentimun merupakan sayuran buah yang rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

5). Baik Untuk Kesehatan Otot

Buah mentimun juga mengandung silika yang berperan dalam pengembangan jaringan ikat dan menyehatkan otot.

6). Mencegah Pembengkakan

Buah mentimun yang bersifat diuretik akan meningkatkan volume dan frekuensi buang air kecil. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki akibat retensi air.

7). Menjaga Kesehatan Otak

Buah mentimun mengandung anti-inflamasi yang berperan untuk menjaga kesehatan otak serta mengurangi peradangan. Air mentimun dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan otak.

8). Mencegah Kanker

Antioksidan yang tinggi pada buah mentimun seperti pinoresinol dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Kandungan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan mencegah kanker.

9). Menyehatkan Ginjal

Mengkonsumsi buah mentimun dapat membantu membersihkan kotoran yang terakumulasi didalam ginjal, sehingga ginjal menjadi bersih dan sehat.

10). Menyehatkan Kulit dan Rambut

Antioksidan dalam buah mentimun mampu membuat kulit Anda lebih bersih dan segar. Sedangkan sulfur dan silikon dalam mentimun bisa membantu pertumbuhan rambut serta membuat rambut lebih sehat.

Baca juga  14 Jenis Buah dan Tanaman Obat Jerawat

11). Mengatasi Bau Mulut

Mengkonsumsi buah mentimun bermanfaat untuk mengurangi bau mulut. Kandungan phytochemcials dalam air mentimun mampu membunuh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

12). Membersihkan Racun di Dalam Tubuh

Buah mentimun mengandung antioksidan dan memiliki efek detoksifikasi yang berperan dalam melawan dan membersihkan racun didalam tubuh.

13). Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin pada buah mentimun, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah mentimun dapat membantu penyembuhan dan pemulihan dari penyakit serta mencegah terserang berbagai macam penyakit.

14). Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi buah mentimun dapat membantu mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh, sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung.

15). Menurunkan Tekanan darah Tinggi

Buah mentimun juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi buah mentimun dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi secarasignifikan.

16). Mencegah Sembelit

Kandungan serat pada buah mentimun dapat membantu mencegah masalah pada pencernaan dan susah BAB atau sembelit.

17). Mencegah Kanker Usus

Buah mentimun mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melawan sel-sel kanker, serta kandungan seratnya dapat menyehatkan pencernaan sehingga dengan mengkonsumsi buah mentimun dapat mencegah penyakit kanker usus.

18). Mengatasi Pembengkakan di Sekitar Mata

Asam Askorbat dan Asam Caffeic pada buah mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air dan dapat mengurangi pembengkakan pada sekitar mata.

19). Sebagai Asupan Air Yang Baik Bagi Tubuh

Buah mentimun mengandung 95% air yang memiliki kualitas lebih baik daripada dengan air biasa. Mengkonsumsi buah mentimun dapat menghindari dehidrasi dan membuat tubuh lebih segar.

20). Mengatasi Reumatik dan Asam Urat

Buah mentimun mengandung vitamin A, vitamin B, Folat, Kalium dan Magnesium yang bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat reumatik dan asam urat.

Baca juga  Cara Menanam Timun Dalam Polybag

Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...