Manfaat Labu Siam Untuk Diet, Mengatasi Hipertensi dan Serangan Jantung

Khasiat dan Manfaat Labu Siam

Khasiat dan Manfaat Labu Siam

Buah labu siam / jipang


Manfaat Buah & Sayur – Labu siam adalah buah dari tanaman merambat yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Labu siam dikenal juga dengan sebutan jipang atau labu jipang, buah dan pucuk mudanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman labu siam banyak dibudidayakan di Indonesia, batangnya merambat dan memiliki karakter mirip dengan tanaman gambas. Labu siam memiliki nama latin sebagai Sechium edule, dalam bahasa Inggris disebut chayote. Labu siam merupakan sayuran yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat labu siam adalah untuk membantu menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori. Selain di Indonesia, labu jipang juga banyak terdapat dibeberapa negara di dunia, misalnya Meksiko dan Australia. Nama lain labu siam adalah labu jipang, jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), waluh siam, lejet (Jawa Barat), ketimun jepang (Manado) dan sebutan lainnya.

Kandungan Gizi Pada Labu Siam

Tanaman labu siam banyak di jumpai di Indonesia dan sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat, labu siam juga diketahui memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia. Hal ini karena pada labu siam terdapat berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini kandungan gizi yang terdapat dalam setiap 100 gram labu siam segar :

Energi 19 Kcal (<1%), Karbohidrat 4.51 g (3.5%), Protein 0.82 g (1.5%), Total Lemak 0.13 g (<1%), Kolesterol 0 g (0%), Serat 1.7 g (4.5%), Folat 93 µg (23%), Niacin 0.479 mg (3%), Asam Pantothenic 0.249 mg (5%), Pyridoxine 0.076 mg (6%), Riboflavin 0.029 mg (2%), Thiamin 0.025 mg (2%), Vitamin C 7.7 mg (13%), Vitamin E 0.12 mg (<1%), Vitamin K 4.1 µg (4%), Sodium 2 mg (<1%), Potassium 125 mg (2.5%), Kalsium 17 mg (1.7%), Zat Besi 0.34 mg (4%), Magnesium 12 mg (3%), Mangan 0.189 mg (8%), Fosfor 18 mg (2.5%), Selenium 0.2 µg (<1%), dan Zinc 0.74 mg (7%). Khasiat dan Manfaat Labu Jipang/Labu Siam

Tabel diatas menunjukkan bahwa kandungan gizi yang terdapat pada labu siam sangat beragam. Kandungan gizi tersebut memiliki khasiat dan manfaat yang luar bisa bagi kesehatan tubuh kita. Bagaimana cara mendapatkan manfaat labu siam tersebut? Tentu anda harus mengkonsumsi sayuran tersebut dengan cara sesuai selera anda, bisa direbus kemudian dikonsumsi atau disayur. Berikut ini manfaat dan khasiat labu siam atau labu jipang bagi kesehatan ;

1. Sebagai sumber antioksidan

Labu siam mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan salah satu anti oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram labu siam, anda akan memenuhi sekitar 13 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya.

2. Menurunkan darah tinggi

Selain memberikan nutrisi, labu siam mungkin juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Purdue University mengatakan teh herbal yang dibuat dengan daun labu siam digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. Teh yang mengandung daging labu siam memiliki sifat diuretik ringan, dan digunakan untuk mengobati penyakit kembung.

3. Baik bagi ibu hamil

Kandungan Asam Folat pada labu siam sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang hamil hal ini dapat mengurangi resiko lahirnya sang bayi dalam keadaan cacat, jadi bagi Anda Ibu hamil cobalah untuk mengomsumisi Labu siam Anda dapat mengolahnya menjadi sayuran dan menyatapnya siaat makan siang maupun makan malam, dengan mengomsumsi labu siam sebanyak 100 gram hal ini sudah dapat memenuhi kebutuhan Akan Asam Folat dalam tubuh Anda.

4. Menurunkan berat badan

Labu siam seperti labu – labu lainnya, merupakan sayurang yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 100 gramnya. Selain itu, seperti dapat dilihat dalam table kandungan nutrisi di atas, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, dari faktor – faktor inilah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang recommended bagi mereka yang sedang ingin
menurunkan berat badan.

5. Menjaga kadar koleseterol

Labu siam sama halnya dengan jenis labu lainnya, adalah salah satu sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, sayuran ini kaya akan serat makanan, zat antioksidan, mineral, dan vitamin. Makanan rendah kalori dan sayuran yang kaya serat seringkali direkomendasikan oleh ahli para diet untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

6. Mencegah bayi lahir cacat

Labu siam merupakan sayuran yang juga memiliki kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Folat sendiri sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan sang janin dan menghindarkan bayi dari cacat syaraf.

7. Mengandung folat dan vitamin B kompleks lainnya

Buah labu siem merupakan sumber cukup baik vitamin B kompleks, seperti asam folat. 100 g buah segar menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Mengkonsumsi labu siem dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

8. Mencegah penyakit kanker

Di dalam labu siam, terdapat kandungan antioksidan yakni apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh kita.

9. Menurunkan resiko penyakit stroke

Menurut penelitian, jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terkena penyakit stroke hingga penyakit jantung. Labu siam dapat menjadi sumber folat yang baik bagi tubuh dan membantu menstabilkan homocysteine di dalam darah.

10. Sebagai sumber stamina

Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.

11. Mencegah anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

12. Sebagai anti-aging (penuaan dini)

Labu siam merupakan sayuran dengan kandungan flavonoid yang cukup baik. Flavonoid di dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat – zat berbahaya seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yakni zat yang merupakan turunan dari oksigen namun bersifat reaktif sehingga bisa membahayakan bagi tubuh, dan radikal – radikal bebas penyebab penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya.

13. Sumber mineral bagi tubuh

Berbagai mineral seperti potassium, zat besi, fosfor dan mineral lainnya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi, mempertahankan kesehatan metabolisme. Dan, berbagai mineral tersebut ternyata juga terdapat didalam labu siam.

14. Menyembuhkan batu ginjal

Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini seperti diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.

15. Menurunkan resiko penyakit jantung

Labu siam mengandung banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang cukup banyak di dalam labu siam. Sebagai anti oksidan, vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti salah satunya adalah penyakit jantung.

16. Mengatasi sembelit

Dengan menambahkan labu siam ke dalam menu makanan, ini berarti kita juga menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh kita. Serat tersebut akan memebantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

17. Mengatasi perut kembung

Labu siam juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut. Jika anda mengalami kembung misalnya, minumlah teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Ini karena labu siam ternyata mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu kegunaannya yaitu untuk mengobati perut kembung.

Cara Mengkonsumsi Labu Siam

Sebenarnya tidak ada cara khusus atau tips khusus untuk mengkonsumsi labu siam. Labu siam bisa dikonsumsi dengan cara mengolahnya terlebih dahulu. Anda bisa mengolah labu siam menjadi berbagai macam kreasi masakan yang sesuai dengan selera anda. Labu siam bisa dikonsumsi dengan hanya merebusnya saja, kemudian dimakan bersama sambal terasi atau sambal tomat. Bisa juga diolah sebagai sayur bening, sayur bobor atau ditumis. Buah labu siam di Australia di masak dengan cara digoreng, caranya dengan mengiris buah labu siam kemudian dibaluri tepung panir lalu digoreng menggunakan minyak panas. Selain buahnya, pucuk muda labu siam bisa disayur atau direbus dan dijadikan urap.

Cara memasak buah labu siam memang mudah, namun yang anda harus perhatikan adalah getahnya. Sebelum dimasak, getah labu siam harus dihilangkan terlebih dahulu. Berikut ini cara membuang atau menghilangkan getah pada labu siam ;

a). Potong secara melintang buah labu siam menjadi 2 bagian.
b). Gosokkan kedua potongan buah labu siam tersebut secara memutar. Lakukan hingga keluar semua getahnya dan berubah menjadi seperti buih berwarna putih.
c). Cara tersebut bisa diulangi jika getah masih keluar.
d). Kemudian getah yang berubah putih seperti buih dibersihkan, labu siam siap untuk dimasak.

Efek Samping Labu Siam

Pada dasarnya labu siam tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Akan tetapi bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, getah labu siam bisa menimbulkan rasa gatal-gatal jika mengenai kulit. Untuk itu bagi anda yang memiliki kulit sensitif berhati-hatilah saat mengolah buah labu siam, jangan sampai getahnya bersentuhan langsung dengan kulit anda. Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik untuk melindungi kulit anda. Memang rasa gatal akibat bersentuhan dengan getah labu siam tidaklah berbahaya, namun bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Demikian “17 Manfaat dan Khasiat Labu Siam” untuk kesehatan. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...