Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kacang Panjang

Manfaat Buah & Sayur – Siapa yang tidak kenal kacang panjang…? Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran dari famili kacang-kacangan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Sayuran ini mudah kita temui dimana saja, di pasar, supermarket atau dibelakang rumah kita (kalau kita mau menanam..hehehehehe..)
Manfaat kacang panjang yang paling fenomenal adalah perannya dalam membentuk jantung yang sehat.

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Tidak berbeda jauh dengan keluarga dari kacang-kacangan lainnya, kacang panjang juga merupakan sumber asupan gizi bagi tubuh. Serat, zat besi riboflavin, fosfor, vitamin B1 dan vitamin B2, zat besi dan pektin yang terkandung didalam kacang panjang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Sumber protein nabati yang terkandung dalam kacang panjang jauh lebih baik daripada protein hewani.

Kacang Panjang Dan Manfaatnya,Kacang Panjang bermanfaat bagi Kesehatan

Sayur Kacang Panjang : Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan

Berikut adalah kandungan gizi pada sayuran kacang panjang :

Berbagai macam vitamin dan kandungan gizi pada kacang panjang

Tabel : Kandungan Gizi Pada Sayur Kacang Panjang

Beberapa Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh :

1.    Sumber Antioksidan

Vitamin C, Beta Karoten, dan mineral mangan yang terkandung didalam kacang panjang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu menetralisir zat-zat racun didalam tubuh kita.

2.    Mencegah Diabetes

Kacang panjang adalah sayuran rendah kalori dan gula sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Seperti halnya kacang-kacangan lainnya, kacang panjang bermanfaat sebagai pengendali kadar gula berlebih dan mencegah terjadinya diabetes.

3.    Mencegah Osteoporosis

Vitamin K yang terkandung didalam kacang panjang mampu memenuhi 20 % kebutuhan vitamin K dalam tubuh kita. Sehingga tulang menjadi kuat dan tidak mudah keropos.

4.    Kesehatan Kardiovaskuler dan Jantung

Kandungan vitamin K yang tinggi dapat mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor timbulnya penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Vitamin K2 dalam sayuran kacang panjang yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah terjadinya pengapuran pada arteri koroner sehingga kita terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Baca juga  Kandungan Gizi dan 12 Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

5.    Kesehatan Tulang

Tulang kita membutuhkan asupan seperti mangan dan vitamin K untuk menjaga kondisi tulang tetap sehat. Dengan mengkonsumsi kacang panjang, kebutuhan akan mangan dan vitamin K tulang kita terpenuhi.

6.    Baik Untuk Pencernaan

Kandungan serat pada kacang panjang bermanfaat pada sistem pencernaan kita untuk memperlancar sekresi, sehingga kita terbebas dari masalah yang terjadi pada pencernaan seperti sembelit dan kanker usus.

Anda ingin sehat? mulai sekarang jangan anggap remeh sayuran kacang panjang. Konsumsilah kacang panjang, karena manfaatnya begitu besar bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!

Loading...