Manfaat dan Kelebihan Tricho Kompos

Tricho Kompos dan Tricho Pukan

Pupuk dan Pemupukan – Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan tanaman tidak lepas dari peran pupuk sebagai sumber haranya. Terutama pupuk organik, yakni pupuk kompos atau pupuk kandang (kotoran ternak). Penggunaan pupuk kimia dengan kandungan hara yang terukur memang lebih cepat dirasakan manfaatnya. Namun jika berlebihan akan mengakibatkan efek negatif pada tanaman, tanah maupun lingkungan. Karena itu perlu diimbangi dengan pemberian pupuk organik (kompos/pukan) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyerapan unsur hara oleh tanaman.

manfaat tricho kompos

Penggunaan Tricho Kompos Untuk Mencegah Penyakit Layu Fusarium


Cara bijaksana untuk menyediakan unsur hara dan mengoptimalkan hasil panen adalah dengan memanfaatkan limbah hijau, kotoran hewan ternak, limbah tanaman, arang sekam dan Trichoderma sebagai pupuk organik. Dengan perlakuan sederhana pupuk organik menjadi lebih berkualitas dan lebih bermanfaat. Pengomposan yang pada dasarnya adalah usaha mengaktifkan kegiatan mikroba untuk mempercepat proses dekomposisi bahan-bahan organik. Pengomposan biasanya dilakukan dengan penambahan EM4 atau MOL. Namun akan lebih baik jika menggunakan Trichoderma sp. sebagai dekomposernya. Hasil dari proses pengomposan dengan Trichoderma sp. disebut “Tricho Kompos” dan “Tricho Pukan”.

Tricho Kompos dan Tricho Pukan

Tricho Kompos dan Tricho Pukan merupakan pupuk organik yang telah melalui proses sederhana dengan penambahan cendawan Trichoderma sp. Dengan kata lain adalah Kompos + Trichoderma dan Pupuk Kandang + Trichoderma. Penggunaan Tricho Kompos dan Tricho Pukan memiliki manfaat dan kelebihan jika dibandingkan dengan kompos dan pupuk kandang biasa.

Berikut adalah manfaat dan kelebihan “Tricho Kompos” dan “Tricho Pukan” :

1. Meningkatkan aktifitas biologis mikroorganisme tanah yang menguntungkan,
2. Meningkatkan pH pada tanah assam,
3. Memperbaiki struktur tanah,
4. Mengandung unsur hara makro dan mikro,
5. Memudahkan pertumbuhan akar tanaman,
6. Meningkatkan kemampuan tanah menahan air,
7. Sebagai pengendali OPT didalam tanah
8. Mencegah dan mengendalikan penyakit layu fusarium, busuk akar dan busuk batang.

Baca juga  Jenis Unsur Hara dan Fungsinya

Untuk membuat Tricho Kompos dan Tricho Pukan, silahkan baca :
1. Cara Membuat Tricho Kompos
2. Cara Membuat Tricho Pukan

Demikianlah manfaat dan kelebihan Tricho Kompos dan Tricho Pukan bagi tanaman. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...