Macam-macam Jenis PUPUK NPK dan Kegunaannya

Jenis, Kandungan dan Kegunaan Pupuk NPK

16 Jenis Pupuk NPK Terbaik Di Indonesia

Gambar jenis-jenis Pupuk NPK

Pupuk dan Pemupukan – Pupuk adalah material yang mengandung bermacam-macam jenis unsur hara yang fungsinya sebagai sumber nutrisi (makanan) bagi tanaman. Pupuk berdasarkan kandungan unsur haranya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Pupuk tunggal yaitu produk pupuk yang hanya memiliki kandungan satu jenis unsur hara, sedangkan pupuk majemuk adalah pupuk yang mengandung beberapa jenis unsur hara makro dan mikro. Salah satu jenis pupuk majemuk yang familiar dan paling dikenal dimasyarakat adalah pupuk NPK, yaitu pupuk yang memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N), Phosphat (P) dan Kalium (K). Pupuk majemuk NPK adalah pupuk yang mengandung setidaknya 5 unsur hara yang terdiri dari 3 unsur hara makro yaitu N, P dan K serta 2 unsur hara mikro. Setiap jenis pupuk atau merk memiliki persentase atau komposisi kandungan yang berbeda-beda, yang ditandai dengan angka seperti NPK 16-16-16, NPK 15-15-15 atau NPK 12-12-12. Angka-angka tersebut adalah persentase kandungan unsur hara makro yang ada didalamnya, sedangkan kandungan unsur hara mikro sangat sedikit sehingga umumnya tidak ditulis pada kemasan.

Saat ini banyak sekali jenis atau merk pupuk NPK yang beredar di pasaran sehingga kita mesti berhati-hati dalam memilih merk pupuk yang akan kita beli. Beberap jenis dan merk pupk NPK terbaik yang banyak ditemukan di pasaran antara lain sebagai berikut ;

A.    Pupuk NPK 16-16-16

1.    Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 (Yara Mila)

Pupuk NPK Mutiara adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung sedikitnya 5 unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk ini berbentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik. Pupuk NPK Mutiara dibuat menggunakan proses Odda melalui pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat.

Pupuk NPK Mutiara hingga saat ini masih diimpor dari Norwegia oleh karenanya harganya masih tergolong cukup mahal. Kendati sangat mahal, pupuk ini tetap laris dipasaran karena khasiatnya yang cukup baik bagi pertumbuhan tanaman dengan reaksi yang cukup cepat.

Pupuk NPK Mutiara mengandung 16% N (Nitrogen), 16% P2O5 (Phospate), 16% K2O (Kalium), 0.5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (Kalsium). Karena kandungan tersebut pupuk ini juga dikenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.

2.    Pupuk NPK Ria Plus 16-16-16

Pupuk RIA PLUS NPK 16-16-16 dapat menghasilkan tinggi tanaman, jumlah anakan dan bagan warna daun yang lebih tinggi dan banyak dibandingkan dengan perlakuan kontrol. Hal tersebut mendedikasikan bahwa pupuk yang diaplikasikan efektif meningkatkan ketersediaan unsur hara N, P, dan K bagi tanaman.

3.    Pupuk NPK Zamrud 16-16-16

Pupuk NPK 16-16-16 Zamrud adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur hara dikarenakan hampir seluruhnya larut dalam air dan bersifat netral sehingga tidak mempengaruhi keasaman tanah. Setiap butirnya mengandung 3 (tiga) unsur hara utama yaitu Nitrogen (N), Phospat (P), Kalium (K) yang diperkaya unsur hara belerang (S) dan Magnesium (MgO) dalam bentuk larut air sehingga mudah diserap akar tanaman. Dapat digunakan untuk semua jenis tanaman serta pada berbagai kondisi lahan, iklim dan lingkungan.

Baca juga  NPK Phonska Plus, Harga Murah Berkualitas dan Mampu Meningkatkan Hasil Panen

4.    Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16

Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16 adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur N (Nitrogen) : 16% (Nitrat Nitrogen 6,4%, Amonium Nitrogen 9,6%), P2O5 (Phospate) : 16%, K2O (Potassium Oxide) : 16%, CaO (Calcium Oxide) : 5% dan MgO (Magnesium Oxide) : 1%. Aplikasi bisa dilakukan dengan cara  ditimbun tanah, disebarkan ke permukaan tanah atau dengan cara dilarutkan dalam air terlebih dahulu lalu disiramkan ke akar tanaman. Pupuk ini dilengkapi dengan Nitrat sebesar 7% sehingga cepat diserap tanaman dan mempercepat pertumbuhannya. Sangat mudah larut dalam air sehingga bisa diaplikasikan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan terutama dengan cara kocoran atau penyiraman melalui akar. Unsur hara NPK mudah diserap tanaman, sehingga memacu pertumbuhan tanaman pada masa vegetatif maupun generatif. Bisa digunakan untuk memupuk berbagai tanaman, baik tanaman pangan seperti padi dan jagung, hortikultura, sayuran, buah-buahan, bunga, palawija maupun tanaman perkebunan.

5.    Pupuk NPK Kebomas 16-16-16

Pupuk NPK Kebomas 16-16-16 merupakan salah satu produk andalan PT. Petrokimia Gresik. NPK Kebomas berwarna merah bata, berbentuk granul (butiran) dengan ukuran kecil (2-4 mm) sehingga dapat tersebar merata ketika ditaburkan. Keunggulan dari pupuk NPK Kebomas antara lain ; dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas penggunaan pupuk, meningkan jumlah dan mutu hasil pertanian, mengatasi masalah kelangkaan pupuk tunggal serta aplikasi pemupukan lebih praktis karena tidak perlu mencampur beberapa jenis pupuk tunggal.

6.    Pupuk NPK Mahkota 16-16-16

NPK Mahkota 16-16-16 merupakan pupuk majemuk super yang diimpor langsung dari Rusia. Pupuk ini dapat diaplikasikan pada berbagai jensi tanaman, baik tanaman perkebunan, tanaman buah-buahan, tanaman pangan, hortikultura maupun palawija. NPK Mahkota mengandung unsur N, P dan K dengan porsi yang seimbang sehingga dapat digunakan pada semua fase pertumbuhan tanaman, yakni sebagai pupuk dasar, masa pertumbuhan vegetatif dan masa pertumbuhan generatif.

Kandungan pupuk NPK Mahkota 16-16-16 antara lain Nitrogen 16% (dalam bentuk Ammonium (NH4+) 10.5% dan Nitrate (NO3-) 5.5%), Phosphate (P2O5) 16%, Kalium (K2O) 16%, dan Kalsium Florida (CaF2) 2.9%. Pupuk berbentuk butiran (granul) berwarna merah muda dengan ukuran 1-4 mm.

    7.    Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

Kandungan, Manfaat dan Keunggulan Pupu NPK Pelangi

Pupuk NPK Pelangi

NPK Pelangi merupakan salah satu produk pupuk majemuk NPK dari Pupuk Kaltim.  Variasi produk pupuk NPK Pelangi sangat banyak, karena dapat dibuat sesuai dengan permintaan mengikuti jenis dan kebutuhan tanaman. Semua bahan baku dari unsur N (Nitrogen), P (Fosfat), dan K (Kalium) dipilih yang berkualitas tinggi dan diproses dengan menggunakan proses mechanical blending untuk menjadikan produk pupuk NPK yang dipasarkan dan dijual dengan merk dagang NPK Pelangi. NPK Pelangi 16-16-16 di prioritaskan untuk segmen tanaman hortikultura, namun bisa juga diaplikasikan untuk semua jenis tanaman. Produk Pupuk NPK Pelangi juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis varian, antara lain sebagai berikut ;

    a).    Pupuk NPK Pelangi Unggul

Pupuk NPK Pelangi Unggul diformulasikan khusus untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi hasil pertanian tanaman-tanaman perkebunan. Formula pupuk ini bersifat fleksibel sehingga dapat dibuat sesuai kebutuhan tanaman akan hara tertentu dan kondisi tanah. Dibanding menggunakan pupuk tunggal, penggunaan pupuk NPK pelangi lebih efektif dan efisien dengan penghematan biaya pemupukan hingga 30%.

Baca juga  Fungsi Pupuk NPK 16-16-16

    b).    Pupuk NPK Pelangi Maxi

Berdasarkan komposisi kandungan haranya, Pupuk NPK Pelangi Maxi tersedia dalam 3 jenis varian yaitu :
>    NPK Pelangi Maxi (13-6-27-4-0,6),
>    NPK Pelangi Maxi (12-12-17-2), dan
>    NPK Pelangi Maxi (15-15-6-4).

Angka-angka yang terdapat dalam masing-masing jenis pupuk Maxi tersebut menunjukan perbandingan hara (komposisi) yang terkandung di dalamnya dengan urutan (hara N – hara P – hara K – hara mikro lainnya seperti S, Mg, dan B). Pupuk ini diformulasikan khusus untuk tanaman keras seperti tanaman perkebunan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman. Kelapa sawit, karet, kopi, kakao, tebu, lada, dan tanaman perkebunan lainnya menunjukan efek positif berupa peningkatan produksi antara 5-30% setelah diaplikasikan pupuk NPK Pelangi Maxi.

    c).    Pupuk NPK Pelangi Super

Pupuk NPK Pelangi Super diformulasikan untuk segmen tanaman pangan dan hortikultura, seperti padi, jagung, kedelai, singkong, wortel, brokoli dan lain sebagainya. NPK Pelangi Super mengandung unsur hara makaro nitrogen (N) phosphat (P) dan kalium (K) dengan komposisi 20-10-10.

B.    Pupuk NPK 15-15-15

1.    Pupuk NPK Basf 15-15-15

Pupuk NPK BASF adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung sedikitnya 5 unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk ini berbentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik. Pupuk NPK BASF dibuat menggunakan proses Odda melalui pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat.  Pupuk NPK BASF hingga saat ini masih diimpor dari Jerman oleh karenanya harganya masih tergolong cukup mahal. Kendati sangat mahal, pupuk ini tetap laris dipasaran karena khasiatnya yang cukup baik bagi pertumbuhan tanaman dengan reaksi yang cukup cepat.

Pupuk NPK BASF mengandung 15% N (Nitrogen), 15% P2O5 (Phospate), 15% K2O (Kalium), 0.5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (Kalsium). Karena kandungan tersebut pupuk ini juga dikenal dengan istilah Pupuk NPK 15-15-15 NITROPHOSKA.

2.    Pupuk NPK Ria Plus 15-15-15

Pupuk NPK Ria Plus 15-15-15 merupakan pupuk majemuk yang terdiri dari 3 jenis unsur hara makro, yaitu nitrogen 15%, phosphat dalam bentuk P2O5 sebesar 15% dan Kalium dalam bentuk K2O sebesar 15%. Pupu NPK Ria Plus 15-15-15 dapat diaplikasikan untuk semua jensi tanaman, baik tanaman pangan, hortikultura, tanaman buah maupun tanaman perkebunan.

3.    Pupuk NPK Phonska 15-15-15

Kandungan, Manfaat dan Keunggulan NPK PHONSKA Plus

Pupuk NPK Phonska Plus dan Pupuk NPK Phonska Biasa (Bersubsidi)

Pupuk NPK Phonska di produksi oleh perusahaan milik pemerintah (BUMN) yaitu PT. Petrokimia Gresik yang merupakan produsen  pupuk terbesar dan terlengkap di Indonesia. Pupuk NPK Phonska merupakan salah satu pupuk yang disubsidi oleh pemerintah sehingga harganya jauh lebih murah dan terjangkau. NPK Phonska tidak dijual bebas dan didistribusikan secara tertutup sehingga hanya dijual ke petani yang tergabung dalam kelompok tani yang telah terdaftar.

Baca juga  Kandungan Hara Pupuk KNO3 Merah

 

Komposisi kandungan hara pupuk NPK Phonska antara lain Nitrogen (N) 15%, Phosphat (P2O5) 15%, Kalium (K2O) 15%, dan Sulfur (S) 10%. NPK Phonska 15-15-15 berbentuk butiran (granul) berwarna merah jambu/pink, bersifat higroskopis (mudah larut) sehingga mudah diserap oleh akar tanaman.

4.    Pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15

NPK Phonska Plus meruakan produk baru PT. Petrokimia Gresik yang resmi diluncurkan pada November 2016 lalu. NPK Phonska Plus dikemas dalam kantong dengan berat bersih 25 kilogram, berbentuk granul, berwarna putih, dan bersifat higroskopis (mudah larut dalam air). Dengan kandungan, unsur hara makro lengkap seperti Nitrogen (N), P2O5 atau Fosfat (P), dan Kalium (K2O) dengan kadar masing-masing 15%. Selain itu juga terdapat unsur hara mikro seperti Sulfur (S) 9% dan Zinc atau Seng (Zn) sebesar 2.000 part per million (ppm). Penambahan unsur hara mikro Seng inilah yang membedakan NPK Phonska Plus dengan NPK Phonska bersubsidi biasa.

C.    PUPUK NPK Khusus untuk Kelapa Sawit

1.    Pupuk NPK Palmo

Palmo adalah pupuk NPK lengkap dengan kandungan unsar hara makro dan unsur hara mikro serta diperkaya dengan asam humat dan fulvat, diformulasikan khusus untuk tanaman kelapa sawit. Pupuk Ini merupakan produk teknologi pemupukan hasil kerja sama PT. SAM (Saraswati  Anugerah Makmur) dan PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit). Inovasi Palmo mengatasi sifat-sifat unsur N yang sangat mudah hilang karena menguap dan tercuci. Palmo diperkaya dengan asam humat dan fulvat yang dapat memperbaiki struktur tanah, mengaktifkan mikro-organisme, sehingga rhizosper menjadi sehat dan meningkatkan kapasitas  akar menyerap hara.

NPK Palmo berbentuk briket ukuran 1,2 – 1,5 gr dan mengandung unsur makro dan mikro yaitu : hara makro (N,P,K,MG, Ca dan S), hara mikro (Trace Element) (B, Cu, Zn, Fe dan Mn) serta Asam Humat dan Fulvat. Bahan pelepas lambat (slow release agent) dengan kadar cukup untuk intermediate release.

2.    Pupuk NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE

NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE adalah pupuk NPK yang diformulasikan khusus untuk tanaman kelapa sawit. Pupuk ini diprioritaskan untuk digunakan pada pembibitan kelapa sawit dan tanaman kelapa sawit yang belum menghasilkan (TBM). Namun pupuk ini dapat juga digunakan pada Tanaman Menghasilkan (TM) untuk perkebunan yang memiliki status N dan P yang rendah dengan tambahan hara K sesuai dengan rekomendasi dari lembaga penelitian/rekomendator. Pupuk dengan formulasi ini juga akan lebih sesuai digunakan di dataran rendah.

Spesifikasi dan Kandungan NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE : Nitrogen (N) 12%, Phosphat (P2O5) 12%, Kalium (K2O) 17% dan Magnesium (MgO) 2%. Serta kandungan hara mikro (TE)  = 0,04-0,07 Borate, CuSO4 dan ZnSO4

Demikian tentang “16 Jenis PUPUK NPK Terbaik yang ada di Pasaran serta Kandungan dan Kegunaannya“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...