Kolesterol ? Cegah Dengan 10 Jenis Buah dan Bahan Alami Ini

10 Bahan Alami Untuk Menurunkan Kolesterol

Tanaman Obat
– Apa itu kolesterol ? Kolesterol adalah zat lemak dalam tubuh yang disebut sebagai lipid. Secara alamiah kolesterol di produksi oleh hati, namun ada juga kolesterol yang berasal dari luar tubuh yaitu kolesterol yang bersumber dari makanan. Pada umumya masyarakat memandang kolesterol sebagai penyakit. Padahal sebenarnya kolesterol adalah zat yang bermanfaat bagi tubuh. Kolesterol berperan penting untuk memproduksi hormon seperti estrogen, testosteron, progesteron, aldosteron dan kortison. Hal ini juga menghasilkan asam empedu yang membantu pencernaan dan penyerapan vitamin. Namun hal itu terjadi jika jumlah kolesterol dalam tubuh tidak berlebihan alias seimbang.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Bahan-bahan alami untuk menurunkan kolesterol


Nah, yang dianggap mengganggu masalah kesehatan itu adalah jumlah kolesterol didalam tubuh yang berlebihan. Kelebihan kolesterol disebabkan oleh makanan yang kita makan. Kolesterol akan masuk kedalam tubuh bersamaan dengan makanan yang kita konsumsi. Lama-kelamaan kolesterol akan terakumulasi dan menumpuk pada aliran darah. Hal ini menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, peradangan dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari gangguan kesehatan akibat kelebihan kolesterol, anda bisa mengurangi kadar kolesterol dengan mengkonsumsi 7 tanaman dan bahan alami berikut ;

1. Kelapa

Buah kelapa adalah sumber bahan baku minyak yang baik karena mengandung asam laurat. Asam laurat adalah zat yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (bukan kolesterol jahat) yang bermanfaat bagi tubuh. Minyak kelapa juga memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan. Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu membersihkan pembuluh darah. Dalam tubuh vitamin C memicu enim yang mampu memecah kolesterol dan trigliserida menjadi asam lemak bebas. Proses ini membantu mencegah deposit lemak yang menempel di dinding arteri. Vitamin C tidak hanya terdapat pada buah jeruk, buah-buahan lain yang mengandung vitamin C juga baik dikonsumsi untuk mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah.

Baca juga  21 Manfaat dan Khasiat Ashitaba Untuk Kesehatan

3. Blueberry

Buah blueberry baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh. Hal ini karena bluberry mengandung pterostilbene yang berfungsi menurunkan kolesterol. Zat-zat yang terkandung dalam buah blueberry dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Bluberry juga termasuk buah yang memiliki antioksidan tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi fungsi kardiovaskular.

4. Cengkeh

Cengkeh diketahui memiliki antioksidan paling tinggi daripada tanaman penghasil minyak esensial lainnya. Minyak esensial yang aktif terdapat dalam cengkeh adalah eugenol. Eugenol bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah. Cengkeh juga berkhasiat sebagai ainti infeksi, analgesik dan anti inflamasi.

5. Kayu Manis

Kayu manis diketahui memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh, antara lain dapat mengurangi kadar gula dalam darah, mnurunkan kolesterol dan trigliserida. Kayu manis mengandung beberapa komponen utama yaitu cinnamaldehyde, kumatrin, karet, tanin dan manitol. Kayu manis juga mengandung minyak esensial berupa aldehida, eugenol, dan pinene.

6. Serai

Serai memiliki kandungan berbagai zat penting yang bermanfaat bagi tubuh, zat-zat tersebut berkhasiat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, analgesik dan anti inflamasi. Minyak esensial serai memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dan sebagai anti mikroba.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Jenis sayur-sayuran berdaun hijau memiliki khasiat yang luar biasa dalam mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan magnesium yang tinggi pada sayuran hijau. Magnesium bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan kekurangan magnesium akan memicu peningkatan kadar kolesterol. Magnesium juga berperan sebagai statin alami yang berfungsi untuk mengontrol jumlah produksi kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, bahan makanan alami yang memiliki manfaat sama dengan sayuran berdaun hijau adalah ;

8. Kacang Kedelai

9. Biji – Bijian

10. Alpukat

Demikian beberapa buah dan bahan – bahan alami yang bermanfaat untuk melawan penumpukan kolesterol di dalam tubuh, semoga bermanfaat…

Baca juga  Tanaman Obat Asam Urat

Salam mitalom !!!

loading...