Khasiat dan Manfaat Daun Ketepeng Cina

Daun Ketepeng Cina

Tanaman Obat – Tanaman Ketepeng atau akrab disebut dengan nama Ketepeng Cina (Senna alata), merupakan sejenis tanaman perdu yang berasal dari daratan Amerika. Dan menyebar keberbagai wilayah termasuk Indonesia. Orang Inggris menyebut dengan nama Seven golden candlestick. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini dikenal dengan nama Ketepeng Kebo, Ketepeng Cina (Jawa), Tabankun (Tidore), Sajamara, Haya mara (halmahera), Ketepeng Badak, kimanila (Sunda), Kupang-kupang (Ternate), Acon-aconan (Madura) dan Ura’kap (Busang).

khasiat daun ketepeng

Daun Ketepeng Cina Bermanfaat Untuk Mengatasi Penyakit Kulit, Sembnelit dan Cacingan


Ketepeng Cina memiliki kandungan berbagai macam zat alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain ; Rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein, aloe emodina, asam krisofanat, (dihidroksimetilanthraquinone) dan tannin. Zat-zat tersebut bermanfaat dan memiliki khasiat untuk mengobatai beberapa penyakit.

Manfaat daun ketepeng cina yang populer adalah sebagai obat penyakit kulit, seperti panu dan kurap. Selain itu daun ketepeng juga bermanfaat untuk mengobatai sembelit, cacingan dan sariawan.Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan daun ketepeng cina serta cara menggunakannya ;

1. Mengatasi Cacingan

Ambil 10 lembar daun ketepeng cina, 2 sendok teh bubuk kelembak dan air jeruk nipis secukupnya (untuk mengurangi bau). Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat.

2. Mengatasi Panu, Eksim dan Kurap

Segenggam daun ketepeng cina direbus dengan air secukupnya. Tambahkan 1 sendok makan kapur sirih. Setelah itu daun ketepeng cina yang sudah direbus dilumatkan hingga halus. Kemudian gosokkan pada bagian kulit tubuh yang sakit, lakukan 2 kali setiap hari sampai penyakit kulit hilang.

3. Mengatasi Sembelit (Susah BAB)

Caranya, 10 lembar daun ketepeng segar direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Rebus sampai air tersisa 1 gelas, kemudian saring dan diminum hingga habis.

Baca juga  10 Jenis Tanaman Obat Diabetes

Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...