Khasiat dan Manfaat Daun Ketepeng Cina

Khasiat Daun KETEPENG CINA untuk Wajah, Mencegah Jerawat, Obat Gatal, Panu dan Kurap

99 Manfaat Ampuh Daun Ketepeng Untuk Berbagai Macam Penyakit

Daun Ketepeng Cina

Tanaman Obat – Tanaman Ketepeng atau akrab disebut dengan nama Ketepeng Cina, merupakan sejenis tanaman perdu yang berasal dari daratan Amerika. Dan menyebar keberbagai wilayah termasuk Indonesia. Ketepeng cina ( Cassia alata L. ) berasal dari daerah tropik Amerika dan biasanya hidup pada dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ketepeng cina termasuk tumbuhan dikotil yang mempunyai sistem perakaran tunggang, yaitu memperlihatkan akar pokoknya yang bercabang-cabang menjadi akar yang lebih kecil dan berbentuk kerucut panjang yang terus tumbuh lurus ke arah bawah.Orang Inggris menyebut dengan nama Seven golden candlestick. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini dikenal dengan nama Ketepeng Kebo, Ketepeng Cina (Jawa), Tabankun (Tidore), Sajamara, Haya mara (halmahera), Ketepeng Badak, Kimanila (Sunda), Kupang-kupang (Ternate), Acon-aconan (Madura) dan Ura’kap (Busang).

Klasifikasi Tumbuhan Ketepeng Cina

Klasifikasi tumbuhan ketepeng cina adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Ketepeng Cina
Devisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Rosales
Family : Fabaceae
Genus : Cassia
Spesies : Cassia akata L.

Ketepeng Cina memiliki kandungan berbagai macam zat alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain
flavonoid, saponin, tanin, alkaloid dan senyawa antrakuinon (rein aloe- emodina, rein aloe-emodina-diantron, aloe emodina
dan asam krisofanat (dihidroksimetilantrakuinon).  Zat-zat tersebut bermanfaat dan memiliki khasiat untuk mengobatai beberapa penyakit.

Manfaat daun ketepeng cina yang populer adalah sebagai obat penyakit kulit, seperti panu dan kurap. Selain itu daun ketepeng juga bermanfaat untuk mengobatai sembelit, cacingan dan sariawan.Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan daun ketepeng cina serta cara menggunakannya ;

 

Baca juga  250 Jenis TANAMAN OBAT Lengkap dengan Manfaat dan Khasiatnya (Page 2)

1. Mengatasi Cacingan

Ambil 10 lembar daun ketepeng cina, 2 sendok teh bubuk kelembak dan air jeruk nipis secukupnya (untuk mengurangi bau). Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat.

2. Mengatasi Panu, Eksim dan Kurap

Segenggam daun ketepeng cina direbus dengan air secukupnya. Tambahkan 1 sendok makan kapur sirih. Setelah itu daun ketepeng cina yang sudah direbus dilumatkan hingga halus. Kemudian gosokkan pada bagian kulit tubuh yang sakit, lakukan 2 kali setiap hari sampai penyakit kulit hilang.

3. Mengatasi Sembelit (Susah BAB)

Caranya, 10 lembar daun ketepeng segar direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Rebus sampai air tersisa 1 gelas, kemudian saring dan diminum hingga habis.

4. Mengatasi Sariawan

Caranya kunyahlah sekitar 4 lembar daun ketepeng yang sudah dicuci dengan garam secukupnya seperti mengunyah sirih selama beberapa menit, kemudian telan airnya dan buanglah ampasnya. Lakukan 2-3 kali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

5. Untuk Mengobati Eksim

Caranya haluskan segenggam daun ketepeng cina, sedikit adas pulowaras, dan sedikit kapur sirih. Kemudian balurkan pada bagian yang terkena eksim. Lakukan 2-3 kali dalam sehari selama beberapa hari sampai penyakit sembuh.

6. Mencegah Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Daun ketepeng cina juga diketahui berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah, menghaluskan kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat. Daun ketepeng cina yang sudah dikeringkan diblender / dihaluskan kemudian dibuat krim untuk lulur perawatan kulit wajah dan kulit tubuh lainnya.

Manfaat daun ketepeng cina lainnya adalah :
7. Mengobati Wasir
8. Mengobati Herpes
9. Meredakan Nyeri Haid
10. Melancarkan Air Seni
11. Menyehatkan Pencernaan
12. Mencegah Hipertensi
13. Mengobati Luka Memar
14. Mengatasi Perut Kembung
15. Sebagai Anti-inflamasi
16. Sebagai Anti-bakteri
17. Sebagai anti jamur

Daun Ketepeng cina berbentuk jorong sampai bulat telur sungsang, merupakan daun majemuk menyirip genap yang berpasang- pasangan sebanyak 5 – 12 baris, mempunyai anak daun yang kaku dengan panjang 5 – 15 cm, lebar 2,5 – 9 cm, ujung daunnya tumpul dengan pangkal daun runcing serta tepi daun rata. Pertulangan daunnya menyirip dengan tangkai anak daun yang pendek dengan panjang ± 2 cm dan berwarna hijau.

Baca juga  250 Jenis TANAMAN OBAT Lengkap dengan Manfaat dan Khasiatnya (Page 3)

Bunga ketepeng cina merupakan bunga majemuk yang tersusun dalam tandan bertangkai panjangdan tegak yang terletak di ujung-ujung cabangnya dengan mahkota bunganya yang berwarna kuning terang. Buah Ketepeng cina berupa polong-polongan yang gepeng panjang persegi empat dengan panjang ± 18 cm dan lebar ± 2,5 cm berwarna hitam.

Di samping itu, buah Ketepeng cina juga mempunyai sayap pada kedua sisinya dengan panjang 10 – 20 mm dan lebar 12 – 15 mm. Jika buah tersebut masak, maka pada kedua sisinya akan membuka atau pecah sehingga biji yang terdapat di dalam polong akan terlempar keluar. Biji yang dimiliki ketepeng cina (Cassia alata L.) berbentuk segitiga lancip dan berbentuk pipih yang berjumlah 50 – 70 biji pada setiap polongnya.

Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...