Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Salak

Manfaat Buah & Sayur
– Salak (Salacca zalacca) adalah buah dari tumbuhan yang masih sejenis dengan palma. Buah salak dilindungi oleh kulit yang tersusun dari lapisan-lapisan yang berbentuk seperti sisik ular. Karena itu orang Inggris menyebut buah salak dengan nama snake fruit. Buah salak merupakan buah yang enak dimakan, rasanya manis sampai kelat tergantung varietas dan jenisnya. Selain enak, buah slak ternyata mengandung bermacam-macam zat dan vitamin yang berkhasiat untuk menyehatkan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Buah Salak

Gambar Buah Salak


Sejak zaman dahulu buah salak sudah digunakan sebagai obat diare. Kandungan gizi dalam buah salak antara lain karbohidrat, kalsium, protein, fosfor, kalium dan zat besi. Buah salak juga kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan ;

1. Menjaga Perut Tetap Sehat

Bagi anda yang sering mengalami masalah perut, cobalah mengkonsumsi buah salak. Perut anda akan lebih sehat dengan buah salak. Hal ini karena adanya kandungan saponin, beta karoten, flavonoid dan kalsium yang berkhasiat dalam membantu mengatasi perut bermasalah sekaligus menyehatkan.

2. Menyehatkan Mata

Buah salak mengandung beta karoten yang bermanfaat menyehatkan mata anda. Mengkonsumsi buah salak membantu anda menjaga mata tetap sehat.

3. Baik Untuk Kesehatan Otak

Cobalah konsumsi buah salak jika anda ingin memiliki daya ingat kuat. Buah salak diketahui sangat baik untuk menyehatkan otak, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan daya pikir. Hal ini karena buah salak mengandung kalium dan pektin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan otak.

4. Sebagai Obat Diare

Anda mengalami diare ? Cobalah atasi dengan mengkonsumsi buah salak. Buah salak mampu menghentikan diare dengan cepat, sekaligus menyehatkan pencernaan. Buah salak mengandung zat anti diare alami yaitu tannin. Zat tanin berkhasiat untuk mencegah diare dan menjaga perut tetap sehat.

Baca juga  14 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika anda sedang menjalani program diet, anda tetap aman mengkonsumsi buah salak. Buah salak kaya akan serat yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu keinginan anda untuk makan bisa ditahan.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi buah salak sebaiknya beserta kulit arinya. Karena serat labih banyak terdapat pada kulit ari tersebut. Perlu diingat, walaupun memiliki banyak manfaat namun mengkonsumsi buah salak sebaiknya secukupnya saja. Jika dikonsumsi secara berlebihan dikhawatirkan akan menimbulkan maslah baru seperti susah BAB. Demikian tentang manfaat buah salak untuk kesehatan, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...