Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Kenapa Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berbuka puasa dengan buah kurma? Sebab buah kurma itu berkah, mengandung zat gula alami yang mampu menggantikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Buah kurma sangat baik dikonsumsi sebagai makanan pembuka sebelum mengkonsumsi makanan berat. Mengkonsumsi makanan manis membuat usus dan pencernaan tidak kaget setelah kosong selama sehari penuh. Tetapi jika tidak ada buah kurma Rasulullah juga menganjurkan meminum air, karena air itu bersih dan suci. Buah kurma mampu menggantikan ion tubuh yang hilang dengan cepat.

Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Kandungan dan Manfaat Buah Kurma


Dari Salman ibn ‘Aamir, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Kenapa mesti kurma? Jika kita berbuka puasa, organ pencernaan kita (khususnya lambung) butuh sesuatu yang lembut biar bisa bekerja lagi dengan baik. Jadi makanannya harus yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan.

Tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada yang disebutkan oleh hadits Rasul. Nutrisi makanan yang paling cepat bisa dicerna dan sampai ke darah itu adalah zat gula, terlebih makanan yang mengandung satu atau dua zat gula (glukosa atau sukrosa).

Nah, untuk hal ini kurma adalah makanan yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87% dan glukosanya sebanyak 55%, fructose (fraktosa) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin (seperti vitamin A, B2, B12), dan sejumlah zat penting laen kayak kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng (zinc), florin, nuhas (tembaga), salyolosa, dan sebagainya. Fraktosa bakal diubah jadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, lantas dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ-organ inti seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang. (Artikel Eramuslim).

Baca juga  30 Manfaat dan Khasiat Buah Naga

Berikut adalah manfaat buah kurma :

1. Mencegah gangguan usus
2. Mengatasi sembelit
3. Meningkatkan berat badan
4. Menjaga jantung agar tetap sehat
5. Mengobati diare
6. Menghaluskan Kulit
7. Makanan Diet
8. Menebalkan rambut
9. Mencegah kanker usus.

Demikian beberapa manfaat buah kurma bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...