Kereeen…. Syurga di Atas Sungai yang Indah Ini Ternyata ada di Indonesia Loh…

Kisah Inspiratif Membuat Taman di Pemukiman Padat Penduduk

Foto 1 (Sumber : Ternagbulanyes Pasuruan)

Taman dan Kolam Ikan di Atas Sungai – Jalan Suruji, Lumajang

Tips Berkebun – Sejak tanggal 19 Agustus 2017 lalu dunia maya dihebohkan dengan unggahan 3 buah foto yang menggambarkan suasana bersih, asri dan indah diantara pemukiman warga.

Sejak diunggah, hingga hari ini sudah ribuan kali dibagikan dan menuai reaksi yang sangat positif dari warganet. Istimewa, ya…foto-foto ini memang sangat istimewa.

Foto berlokasi disebuah tempat yang padat penduduk, yaitu sungai kecil yang bersih dan jernih. Kalau hanya sungai mungkin kesannya biasa saja, toh warganet juga banyak yang mengunggah foto sungai disekitar mereka.

Yang menarik bagi saya pribadi adalah kesadaran warganya tentang bagaimana cara menjaga lingkungan secara bersama-sama. Luar biasa….mereka sangat kompak dalam menciptakan sebuah lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah.

Ini patut dicontoh dan wajib kita tiru, kalau mereka bisa kenapa kita tidak? Simpan dan bagikan foto-foto keren ini agar masyarakat Indonesia terinspirasi.

Foto-foto Keren Tentang Kota Lumajang

Foto 2 (Sumber : Terangbulanyes Pasuruan)

Bayangkan, jika kita semua berperilaku seperti mereka, bayangkan jika seluruh warga Indonesia mampu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Niscaya negeri tercinta ini akan lebih indah.

Ketiga foto tersebut menggambarkan sebuah sungai kecil yang terletak ditengah-tengah pemukiman yang padat, tapi airnya bersih dan jernih.

Foto pertama dan foto kedua memperlihatkan sebuah taman bunga terapung yang tertata rapi diatas aliran sungai yang jernih. Foto ketiga adalah sebuah kolam kecil/keramba diatas aliran sungai tersebut.

Keramba Apung di Sungai Kecil Kota Lumajang

Gambar 3 (Sumber : Terangbulanyes Pasuruan)

Yang membuat foto-foto tersebut istimewa adalah suasananya yang tidak biasa. Umumnya sebuah tempat atau lokasi yang padat penduduk selalu terlihat kumuh dan kotor, terutama sungai.

Tetapi pemukiman padat penduduk yang satu ini sangat berbeda, suasanya sangat bersih, asri dan indah. Banyak yang tidak percaya, dan mengira ketiga foto ini adalah sebuah tempat di luar negeri.

Tapi tahukah anda jika yang ada didalam foto-foto ini asli karya warga Indonesia? Ya… ini adalah foto sebuah pemukiman padat penduduk di sebuah kota kabupaten di Indonesia.

Tepatnya di Lumajang, Ibu Kota Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur. Sumber menyebutkan foto-foto ini diambil di sebuah sungai disepanjang jalan Suruji, sebelah selatan Alun-alun Lumajang.

Jika anda berkunjung ke Lumajang (Ibu Kota Kabupaten Lumajang, Jawa Timur) atau kebetulan lewat jalan Suruji jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang indah nan asri ini. Siapa tahu anda terinspirasi dan mencontoh mereka dalam menjaga lingkungan disekitar anda.

Berikut ini screenshot unggahan akun Terangbulanyes Pasuruan tentang foto-foto tersebut disebuah media sosial :

Mohon maaf, bukannya saya bermaksud memprotes tapi setelah saya telusuri ternyata foto-foto tersebut tidak tepat jika dikatakan berada disepanjang jalan Suruji, Lumajang.

Memang benar, letak dan posisi sungai tersebut sejajar dengan ruas jalan Suruji. Tapi kita tidak akan menjumpai lokasi ini jika kita melewati jalan tersebut.

Penampakan dari Jalan Kapten Wiratno

Karena lokasinya agak jauh dari jalan Suruji dan tidak terlihat dari jalan. Lokasi sungai tersebut bisa dikunjungi dari 4 ruas jalan, yaitu Jl. Minak Koncar, Jl. Kapten Wiratno, Jl. Mayor Kamari Sampurno dan dari Jl. Imam Suja’i.

Penampakan dari Jalan Kapten Kamari Sampurno

Keempat ruas jalan tersebut menghubungkan Jl. Suruji dengan Jl. Kapten Suwandak dan semua jalan tersebut dilalui sungai kecil yang dimaksud.

Penampakan dari Jalan Imam Suja’i

Ada bisa mengunjungi lokasi ini melalui Jl. Kapten Suwandak atau Jl. Suruji, tetapi lebih dekat dari jalan Suruji. Hanya beberapa meter saja dari jalan Suruji, jika anda melihat jembatan kecil itulah lokasi yang dimaksud.

Saya menelusuri lokasi tersebut melalui google map, tetapi lokasi tepatnya untuk ketiga foto diatas (foto 1, 2 dan 3) tidak terlihat dari jalan/jembatan. Kemungkinan letaknya agak kedalam, jika jalan kaki menelusuri gang-gang kecil mudah-mudahan lokasi tepatnya bisa ditemukan.

Buat teman-teman pembaca yang tahu dan paham tentang lokasi tersebut atau kebetulan berdomisili di Kota Lumajang mohon dikoreksi apabila tulisan saya ini kurang berkenan. Terimakasih

Semoga bermanfaat….

Sumber : Terangbulanyes Pasuruan

Salam mitalom !!!

Loading...