Kandungan Gizi dan Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

Khasiat Kedelai Untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Kedelai merupakan bahan makanan yang banyak mengandung protein, kalsium, serat, lecchitin dan lemak tak jenuh. Dengan kandungan-kandungannya kedelai memiliki manfaat dan khasiat untuk membantu menyehatkan tubuh. Di Indonesia kedelai diolah sebagai bahan baku pembuatan tempe, tahu, kecap dan susu kedelai. Dan bukan rahasia lagi jika kedelai merupakan makan yang sehat dan bermanfaat. Kedelai diketahui sangat baik untuk menyehatkan pencernaan dan menjaga jantung tetap sehat. Jika dikonsumsi dengan tepat, kedelai dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit berat.

Manfaat Kedelai

Kedelai


Kandungan Gizi Kedelai

Kedelai merupakan tanaman dari keluarga polong-polongan yang kaya akan protein, serat, karbohidrat dan asam amino. Kedelai adalah bahan makanan yang rendah gula dan rendah lemak. Kedelai juga mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti fosfor, natrium, kalsium, besi, seng, magnesium, mangan dan tembaga. Selain itu pada kedelai juga terdapat vitamin C, vitamin B6, vitamin E, thiamin, asam folat, riboflavin, tokoferol, niachin, dan asam pantotenat.

1. Memperbaiki Sel-Sel Yang Rusak

Mengkonsumsi kedelai secara teratur berkhasiat untuk mencegah kanker akibat radikal bebas. Kedelai mengandung zat isoflavon yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak didalam tubuh akibat polusi udara.

2. Menyehatkan Jantung

Kedelai tidak mengandung kolesterol dan kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Juga mengandung asam lemak esensial yaitu asam linoleat dan asam linolenat. Asam lemak esensial tersebut akan mempengaruhi kontraksi otot polos dan tekanan darah serta menjaga jantung tetap sehat.

3. Mencegah Osteoporosis

Kandungan isoflavon pada kedelai bermanfaat dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Isoflavon merupakan senyawa yang mirip dengan estrogen yang berperan dalam membantu penyerapan kalsium yang mulai melemah. Isoflavon juga akan meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga  20 Khasiat dan Manfaat Buah Tin

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kedelai mengandung lesitin yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan otak serta meningkatkan kinerja otak. Lesitin juga berkhasiat mencegah gejala penyakit alzheimer atau pikun. Kedelai juga mengandung pitosterol yang dapat membantu meningkatkan kekuatan sel-sel syaraf.

5. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Kedelai merupakan bahan makanan yang kaya akan serat, serat bermanfaat dalam menyehatkan pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan.

6. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Kedelai mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan. Omega 3 berperan dalam membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan kenker.

7. Mencegah Sembelit

Bagi anda yang mengalami masalah dengan saluran pembuangan, cobalah mengkonsumsi kedelai. Kandungan serat pada kedelai bermanfaat untuk melancarkan BAB dan mencegah terjadinya sembelit.

8. Mencegah Kanker Usus Besar

Serat pada kedelai bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Jika pencernaan sehat resiko terjadinya kanker usus besar akan menurun.

9. Mencegah Wasir

Hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan dan serat yang terkandung pada kedelai. Serat akan membuat sistem pencernaan lebih sehat dan menurunkan resiko penyakit wasir.

10. Baik Untuk Pertumbuhan Pada Anak-Anak

Kedelai mengandung protein nabati yang sangat baik bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kandungan protein yang tinggi pada kedelai akan membantu dalam membangun sel-sel dalam tubuh.

Efek Buruk Mengkonsumsi Kedelai

Walaupun belum ada penelitian yang akurat, sebaiknya bagi wanita yang menderita tumor payudara menghindari atau membatasi mengkonsumsi kedelai. Termasuk juga suplemen kedelai isoflavon dan makanan yang mengandung kedelai. Kedelai juga tidak baik dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami masalah dengan oksalat. Karena kedelai mentah mengandung oksalat dan zat goitrogens. Oksalat dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal sedangkan zat goitrogens dapat menganggu aktivitas kelenjar tiroid. Demikian kandungan gizi dan manfaat kedelai untuk kesehatan, semoga bermanfaat…

Baca juga  Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...