Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Khasiat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Kacang tanah merupakan salah satu tanaman dari keluarga polong – polongan yang kaya akan manfaat. Kacang tanah adalah bahan makanan yang populer di Indonesia. Berbagai macam olahan dari kacang tanah mudah kita temui dimana saja. Mulai dari olahan kacang tanah yang paling sederhana hingga olahan yang disajikan dengan berbagai menu masakan. Kacang tanah banyak disajikan sebagai makanan ringan, seperti kacang goreng, kacang tojin, kacang telur atau hanya sekedar kacang rebus. Kacang tanah merupakan sumber kalori, karbohidrat, protein dan serat. Kacang tanah juga mengandung lemak, baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh.

Manfaat Kacang Tanah

Kacang Tanah


Kandungan Gizi Pada Kacang Tanah

Dibandingkan dengan bahan makanan dari kacang-kacangan lainnya, kacang tanah merupakan salah satu sumber gizi terbaik yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam satu cangkir kacang tanah mengandung 828 kalori, 72 gram lemak, 37 gram protein, 24 gram karbohidrat, 12 gram serat dan 10 gram lemak jenuh. Sementara kandungan mineralnya adalah 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium, dan 10% kalsium. Kacang tanah juga diketahui mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

Khasiat dan Manfaat Kacang Tanah

1. Menyehatkan Kulit

Kacang tanah mengandung asam lemak yang berkhasiat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit. Kandungan vitamin E, seng dan magnesium pada kacang tanah bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan menekan bakteri penyebab jerawat.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Asam amino (arginin) pada kacang tanah berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan. Arginin juga berkhasiat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala dan menyehatkan kulit kepala.

Baca juga  Manfaat Buah Pepaya

3. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kacang tanah memiliki sifat anti racun dan dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang berbahaya.

4. Baik Untuk Kesehatan Sel-Sel Otak

Asam lemak yang terkandung dalam kacang tanah berkhasiat penting untuk sel-sel syaraf otak. Sel otak berperan dalam membantu mengontrol stres dan perubahan suasana hati.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kacang tanah diketahui mengandung asam oleat yang baik bagi jantung. Asam oleat berkhasiat menurunkan resiko kardiovaskuler yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Mengkonsumsi kacang tanah rebus lebih dianjurkan daripada kacang goreng.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Batu Empedu

Mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukup diketahui dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit batu empedu.

7. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Mengkonsumsi setidaknya 100 gram kacang tanah dalam seminggu diketahui dapat menurunkan resiko kanker usus besar. Terutama pada wanita dapat menurunkan resiko sebesar 58% sedangkan pada pria hingga 27%.

8. Mengurangi Depresi atau Stres

Kacang tanah mengandung asam amino esensial dengan kandungan tryptophan. Tyriptophan berperan dalam merangsang sorotonin untuk mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan sebagai anti depresi atau stres dapat membuat perasaan lebih tenang.

9. Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil sangat baik mengkonsumsi kacang tanah maupun kacang-kacangan lainnya. Karena kacang tanah mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Asam folat sangat baik bagi pertumbuhan janin dan mencegah cacat pada janin.

10. Menurunkan Resiko Penyakit TBC

Arginin yang terkandung pada kacang tanah bermanfaat untuk merangsang tubuh memproduksi nitrogen monoksida. Nitrogen monoksida berfungsi untuk melawan bakteri TBC (Tuberkulosis).

Meskipun memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan, sebaiknya mengkonsumsi kacang tanah secukupnya saja. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya dan jangan mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan. Sebab mengkonsumsi kacang tanah yang berlebihan malah akan menimbulkan masalah baru. Semoga bermanfaat…
Baca juga Cara Budidaya Kacang Tanah

Baca juga  Tips Memutihkan Gigi Dengan Apel dan Wortel

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...