Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Manfaat Penting Buah Terong Bagi Tubuh

Buah Terung atau terong merupakan sayuran buah yang banyak terdapat di Indonesia. Terong bisa diolah dengan berbagai macam kreasi masakan. Bisa dimasak balado, gulai atau sebagai lalapan yang lezat. Bagi yang menyukai sayuran ini, terong dibakar dan dimakan bersama sambal terasi saja sudah nikmat. Buah terong memiliki sebutan bermacam-macam di Indonesia, misalnya tuyung (Pak Pak), Touong (Melayu), Boh Trueng (Aceh), dan sebagainya. Terong bisa tumbuh subur di Indonesia, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Selain rasanya yang lezat, buah terong juga memiliki khasiat dan manfaat bagi tubuh. Buah terong mengandung berbagai macam gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan Gizi Buah Terong

Manfaat Buah Terong Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Buah terong merupakan salah satu sayuran buah yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap. Terong mengandung kalori, protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Buah terong juga menandung vitamin C, vitamin (B1, B2, B3), vitamin E, vitamin K, Kalium, Zat Besi, Magnesium dan Anthocyanin yaitu senyawa alami phytochemical yang disebut flavanoid.

9 Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah Terong

1). Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah terong sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah terong baik yang diolah maupun sebagai lalapan dapat mencegah masalah pada pencernaan.

2). Mencegah Sembelit

Jika anda memiliki masalah dengan BAB atau sembelit, konsumsilah buah terong. Kandungan serat pada buah terong dapat membuat anda terhindar dari gangguan sembelit.

3). Mencegah Kanker Usus

Jika anda ingin terhindar dari penyakit kanker usus, belajarlah untuk menyukai buah terong. Serat pada buah terong dapat membantu menjaga sistem pencernaan anda tetap sehat dan resiko kanker usus dapat dihindari.

Baca juga  20 Khasiat dan Manfaat Buah Tin

4). Membuat Kulit Lebih Sehat

Dengan mengkonsumsi buah terong anda akan memiliki kulit yang lebih sehat. Kandungan air, mineral dan vitamin E pada buah terong bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Kulit akan terhidrasi dengan baik dan membuat kulit lebih segar.

5). Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Kandungan sejumlah mineral dan vitamin E pada buah terong memiliki manfaat untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Mengkonsumsi buah terong akan membuat anda terhindar dari masalah rambut dan kulit kepala.

6). Menjaga Jantung Tetap Sehat

Mengkonsumsi buah terong dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan gizi pada buah terong juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Jika kolesterol rendah dan tekanan darah normal maka dapat dipastikan kondisi jantung anda tetap baik.

7). Baik Bagi Penderita Diabetes

Mengkonsumsi buah terong bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan dapat mengontrol penyerapan glukosa. Dengan demikian buah terong sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes type 2.

8). Menurunkan Berat Badan

Buah terong sangat baik dikonsumsi oleh anda yang memiliki masalah dengan berat badan. Kandungan air yang cukup tinggi dan kalori yang sangat rendah dapat membantu menurunkan berat badan.

9). Meningkatkan Daya Ingat

Buah terong sangat baik untuk kesehatan otak. Mengkonsumsi buah terong dapat meningkatkan daya ingat anda. Kandungan fitonutrien pada buah terong dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Mitos Tentang Buah Terong

Dimasyarakat luas berkembang mitos salah tentang buah terong, ada yang beranggapan bahwa mengkonsumsi buah terong dapat menurunkan stamina lelaki dan membuat “lemas”. Karena mitos tersebut banyak diantara kita enggan atau bahkan menghindari mengkonsumsi buah terong. Mitos tersebut adalah salah, karena buah terong memiliki kandungan gizi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lagi pula tidak ada penelitian yang mengungkapkan bahwa terong membuat “lemas”. Semoga bermanfaat…

Baca juga  Cara Menanam Terong Hidroponik Dengan Teknik Dutch Bucket System (DBS)

Salam mitalom !!!

loading...