Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Di Tanam Secara Hidroponik

Tanaman Hidroponik

Hidroponik – Tanaman apa saja yang bisa ditanam dengan cara hidroponik ? Kurang lebih seperti itu salah satu pertanyaan yang muncul dibenak kita ketika ingin memulai berhidroponik. Seperti halnya saya dulu ketika baru kenal dengan hidroponik. Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik. Hanya saja karena baru ingin memulai, kita jadi bingung memilih jenis tanaman apa yang cocok untuk belajar berhidroponik. Bagi anda yang memiliki rutinitas tinggi tapi berkeinginan untuk berkebun, hidroponik sepertinya menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan niat anda. Bagi anda yang tidak banyak memiliki waktu luang, cobalah teknik berkebun tanpa tanah ini. Bagi pemula, mulailah dengan teknik hidroponik yang paling sederhana, yakni wick system. Teknik hidroponik sistem sumbu ini mudah dipahami, mudah dipelajari dan bisa dibuat dengan barang-barang bekas yang ada di rumah anda.

Anda tak perlu bingung untuk memilih tanaman apa yang mau anda tanam. Jika berkenan, anda bisa mengikuti jejak saya ketika dulu memulai hidroponik dengan tanaman kangkung. Ketika itu saya kesulitan mendapatkan nutrisi AB Mix, dan saya memutuskan untuk memulai hidroponik tanpa AB Mix. Mau coba menanam hidroponik tanpa AB Mix? Silahkan baca disini : Kangkung Hidroponik Tanpa AB Mix. Jika tidak menyukai kangkung, anda bisa memilih jenis tanaman lain yang anda sukai. Sebagai referensi, berikut ini saya coba merangkum dari berbagai sumber tentang jenis – jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang populer dibudidayakan dengan teknik hidroponik :

1. Tanaman Sayuran Daun

jenis tanaman hidroponik

Selada Hidroponik (By : Dede Siti Hasanah II – hidroponikcasafarm.com)


Tanaman sayuran daun menjadi tanaman favorit bagi kebanyakan orang yang baru memulai berhidroponik. Alasannya karena tanaman sayuran daun mudah tumbuh, mudah merawatnya, berumur pendek dan cepat panen. Lagi pula tanaman sayuran daun tidak membutuhkan perhatian ekstra agar tumbuh dengan baik. Yang perlu anda perhatikan adalah kebutuhan air dan nutrisi. Beberapa jenis tanaman sayuran daun juga bisa ditanam langsung tanpa harus repot menyemai. Ini cocok bagi anda yang hanya sedikit memiliki waktu luang, anda cukup menyempatkan sedikit waktu untuk tanaman hidroponik anda di pagi hari sebelum berangkat kerja dan sore hari sepulang kerja. Beberapa jenis tanaman sayuran daun yang bisa anda pilih untuk memulai berhidroponik antara lain sebagai berikut :

Baca juga  Hidroponik Sudah Dikenal Sejak 2600 Tahun Lalu? Ini Faktanya..

a. Kangkung
b. Selada
c. Pakcoy/Sawi
d. Seledri
e. Bayam
f. Brokoli
g. Kailan, dan lain sebagainya

2. Tanaman Sayuran Buah

tanaman sayuran buah hidroponik

tomat hidroponik (By : Dede Siti Hasanah II – hidroponikcasafarm.com)


Berikutnya, jika anda sudah memahami teknik dasar hidroponik dengan menanam sayuran daun anda bisa melanjutkan dengan jenis tanaman sayuran yang sedikit lebih rumit (setidaknya menurut saya). Jenis tanaman hidroponik selanjutnya yang membutuhkan perhatian lebih adalah tanaman sayuran buah. Berbeda dengan tanaman sayuran daun, jenis tanaman buah berumur lebih panjang dan membutuhkan perawatan yang sedikit lebih rumit. Karena semakin panjang usia tanaman, semakin banyak pula masalah yang timbul pada tanaman tersebut. Masalah yang sering muncul pada jenis sayuran buah antara lain ; pengetahuan tentang kebutuhan nutrisi tanaman, serangan hama dan penyakit dan sebagainya. Beberapa jenis tanaman sayuran buah yang sering dibudidayakan dengan teknik hidroponik antara lain sebagai berikut :

a. Cabai, baik cabai rawit maupun cabai besar
b. Paprika
c. Tomat
d. Terung
e. Gambas/Oyong
f. Pare/Paria, dan lain sebagainya

3. Tanaman Buah Semusim

tanaman timun hidroponik

timun hidroponik (By : Dede Siti Hasanah II – hidroponikcasafarm.com)


Selanjutnya jika anda sudah betul-betul memahami kedua jenis tanaman sayuran diatas, anda bisa memulai untuk berhidroponik dengan tanaman buah semusim. Jika dilihat dari segi usia, tanaman buah semusim memang memiliki umur yang lebih pendek daripada tanaman sayuran buah. Tahukan bedanya antara tanaman buah semusim dan tanaman sayuran buah? Pasti tahu ya….
Perawatan tanaman buah semusim juga membutuhkan perhatian ekstra dan pengetahuan yang cukup tentang tanaman tersebut. Tanaman buah semusim juga membutuhkan ruang yang lebih serta memerlukan ajir/lanjaran karena tanaman jenis ini adalah type tanaman merambat. Tanaman buah semusim kadangkala membutuhkan bantuan dalam penyerbukan agar bisa menghasilkan buah dengan baik, misalnya tanaman semangka non biji. Karena bunga jantan semangka non biji mandul, maka diperlukan bunga jantan dari semangka berbiji dan penyerbukan harus dilakukan secara manual (dengan bantuan manusia). Berikut beberapa jenis tanaman buah semusim yang banyak dibudidayakan secara hidroponik :

Baca juga  Cara Sederhana Menanam CABAI RAWIT HIDROPONIK Tanpa Menggunakan TDS dan pH Meter

a. Mentimun/Timun
b. Semangka
c. Melon
d. Strowberi
e. Jagung dan lain sebagainya

Demikian jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Satu hal yang perlu kita pelajari dalam berhidroponik adalah pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Dalam bercocok tanam secara hidroponik, nutrisi diramu khusus untuk setiap jenis tanaman. Nutrisi untuk sayuran daun, sayuran buah dan tanaman buah semusim diracik khusus dengan kandungan yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis tanaman. Memang nutrisi standard bisa digunakan untuk semua jenis tanaman, namun jika anda ingin hasil yang maksimal, lebih baik anda menggunakan nutrisi khusus sesuai dengan jenis tanaman anda. Semoga bermanfaat….

(Foto By : Dede Siti Hasanahhidroponikcasafarm.com )
Salam mitalom !!!

loading...
Loading...