Jenis – Jenis Pestisida

Mengenal Jenis – Jenis Pestisida

Pada postingan sebelumnya telah kita bahas tentang pengertian pestisida, yaitu semua zat atau bahan kimia beracun yang digunakan untuk membunuh atau membasmi hama pengganggu. Yakni hama berupa organisme hidup/hewan maupun tumbuhan liar (gulma). Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis pestisida. Pestisida berdasarkan hama sasaran dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu ; insektisida, nematisida, rodentisida, herbisida dan fungisida.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu tentang jenis – jenis pestisida berikut :

1.    INSEKTISIDA

Insektisida adalah pestisida yang digunakan untuk membasmi hewan serangga, seperti ulat, semut, belalang, lalat, kecoa, nyamuk, wereng dan sebagainya. Contohnya adalah basmion, basudin, diazinon, tiodan, timbel arsenat, propoksur, magnesium fluorosilikat dan diklorofinil dimetil fosfat.

2.    NEMATISIDA

namatisida adalah jenis pestisida untuk membasmi hama cacing. Hama ini sering merusak bagian umbi tanaman atau akar. Contohny nematisida adalah oksamil dan natrium metam.

3.    RODENTISIDA

Rodentisida adalah pestisida yang digunakan untuk memberantas binatang pengerat, contohnya adalah tikus. Contoh rodentisida adalah warangan (senyawa arsen) dan thalium sulfat.

4.    HERBISIDA

Herbisida adalah pestisida untuk membasmi tumbuhan liar atau gulma pengganggu tanaman. Contoh pestisida jenis ini adalah amonium sulfonat, pentaklorofenol, gramoxone dan totacol.

5.    FUNGISIDA

Fungisida merupakan jenis pestisida yang digunakan untuk memberantas fungi atau jamur. Contohnya adalah natrium dikromat, timbel (I) oksida, tembaga oksiklorida, dan carbendazim.

6. BAKTERISIDA

Bakterisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan atau membasmi bakteri patogen. Bakteri patogen adalah bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman, misalnya penyakit layu bakteri dan penyakit busuk bakteri.

7. MOLUSKISIDA

Moluskisida merupakan jenis pestisida yang khusus digunakan untuk mengendalikan hama tanaman jenis moluska, yakni siput atau bekicot.

Baca juga  Cara Memperbanyak Herbisida Sistemik

Baca juga : Jenis – Jenis Pestisida Berdasarkan Cara Kerjanya
Demikian informasi tentang jenis – jenis pestisida. Semoga bermanfaat…..

Salam mitalom !!!

loading...