Fungsi Pupuk NPK 16-16-16

Pupuk NPK 16-16-16

Pupuk dan Pemupukan – Pupuk NPK 16-16-16 merupakan salah satu pupuk majemuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro. Pupuk NPK 16-16-16 biasanya berbentuk butiran (granul) berwarna biru langit. Pupuk ini bersifat higroskopis atau mudah larut sehingga mudah diserap oleh tanaman dan bersifat netral (tidak mengasamkan tanah). Pupuk NPK 16-16-16 sedikitnya mengandung 3 unsur hara makro dan 2 unsur hara mikro. Unsur hara tersebut adalah N (Nitrogen), P (Phospat), K2O (Kalium) sebagai unsur hara makro dan CaO (Kalsium) serta MgO (Magnesium) sebagai unsur hara mikro.

Fungsi pupuk NPK 16

Fungsi dan Kandungan Unsur Hara Pada Pupuk NPK 16-16-16


Lalu apa makna dari angka 16-16-16 pada pupuk NPK ini?
Angka 16-16-16 adalah angka persentase kandungan dari 3 unsur hara utama yakni N, P dan K. Sementara persentase CaO dan MgO sangat kecil dan biasanya tidak tertulis pada kemasan pupuk. Berikut ini adalah kandungan dan persentase dari ke 5 unsur hara tersebut :

– Nitrogen (N) : 16%
– Phospat (P) : 16%
– Kalium (K) : 16%
– Kalsium (CaO) : 6%
– Magnesium : 0,5%

Pupuk NPK 16-16-16 memiliki keunggulan dibandingkan dengan pupuk NPK lainnya. Keunggulan tersebut meliputi kandungan unsur hara, sifat, peran terhadap tanaman dan kemudahaannya dalam aplikasi. Keunggulan dari pupuk NPK 16-16-16 antara lain :

1). Mengandung 3 unsur hara makro yaitu N, P dan K sekaligus mengandung unsur hara mikro CaO dan MgO. Kelima unsur hara tersebut berperan penting bagi pertumbuhan tanaman.

2). Bisa diaplikasikan untuk semua jenis tanaman, baik tanaman pangan, holtikultura maupun tanaman perkebunan.

3). Bersifat higroskopis (mudah larut) sehingga mudah diserap akar tanaman.

4). Bisa diaplikasikan pada berbagai jenis tanah karena bersifat netral (tidak asam).

5). Aplikasinya mudah, bisa dikocorkan maupun ditabur.

6). Menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro dalam tanah.

Baca juga  Dosis dan Cara Menggunakan Pupuk Dolomit

Fungsi dan Manfaat Pupuk NPK 16-16-16 Bagi Tanaman

1). Unsur N, P dan K yang tinggi dan seimbang sangat berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara keseluruhan baik vegetatif maupun generatif.

2). Memacu perkembangan dan pertumbuhan akar, batang, tunas dan daun.

3). Memacu pembungaan dan pembuahan.

4). Meningkatkan kandungan protein, pembentukan karbohidrat dan pati.

5). Membuat batang tanaman lebih kuat dan kokoh.

6). Berperan dalam pembentukan zat hijau daun (klorofil) sehingga daun lebih hijau dan segar.

7). Memacu pertumbuhan anakan pada tanaman padi.

8). Unsur K yang tinggi berperan dalam meningkatkan kualitas hasil panen dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit.

Pupuk NPK 16-16-16 memang harganya terbilang mahal, namun harga tersebut sesuai dengan manfaat dan kualitasnya. Dipasaran harga eceran berkisar antara Rp. 9000 – Rp. 12.000 / kg. Aplikasi pada tanaman perkebunan atau tanaman keras bisa dilakukan dengan cara menaburkannya disekeliling tanaman. Sedangkan pada tanaman holtikultura bisa diaplikasikan dengan cara pengocoran, dengan mengencerkannya terlebih dahulu dengan dosis tertentu. Demikian tentang manfaat, fungsi, dan keunggulan Pupuk NPK 16-16-16 pada tanaman, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...