Fungsi dan Manfaat Pupuk Daun

Apa Fungsi Pupuk Daun Bagi Tanaman?

Pupuk dan Pemupukan – Tanaman dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya tidak lepas dari peran unsur hara. Unsur hara sebagian sudah tersedia didalam tanah, namun terkadang ketersediaannya tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. Karena itu diperlukan unsur hara tambahan yang berupa material organik maupun anorganik (kimia) yang disebut dengan pupuk.

Manfaat Pupuk Daun Bagi Tanaman

Pupuk Daun


Pupuk jika dilihat dari cara aplikasinya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pupuk akar dan pupuk daun. Pupuk daun biasanya berbentuk cair dan aplikasinya dilakukan dengan cara penyemprotan langsung kedaun dengan dosis tertentu. Pemupukan dapat diartikan memberikan suatu bahan atau material tertentu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan tanaman akan nutrisi. Memupuk juga merupakan upaya menambah zat hara yang kurang tersedia atau tidak tersedia didalam tanah. Yang demikian disebut dengan pupuk akar atau pemupukan yang diberikan ke akar tanaman.

Sedangkan pemberian pupuk daun dimaksudkan untuk melengkapi unsur hara yang telah diberikan melalui tanah atau akar. Aplikasi pupuk daun diberikan dengan cara penyemprotan langsung kedaun dan batang. Kelebihan dari pemupukan melalui daun adalah tanaman dapat menyerap unsur hara secara langsung dan lebih cepat dibandingkan dengan pupuk akar. Pupuk daun juga tidak merusak tanah dan dapat merangsang pertumbuhan tunas secara cepat. Pemupukan melalui daun sangat efektif diterapkan pada keadaan tanah yang kurang subur dan lahan kering. Kelebihan lain dari pupuk daun adalah kandungan unsur hara makro dan mikro. Berbeda dengan pupuk akar yang biasanya hanya terdapat unsur hara makro saja. Unsur hara mikro yang diperlukan tanaman memang sangat sedikit, namun perannya sangat penting bagi tanaman. Kekurangan unsur hara mikro bisa mengakibatkan tanaman tumbuh tidak maksimal.

Baca juga  Pupuk SP36

Karena peran unsur hara mikro yang begitu penting, maka pemberian pupuk daun dianggap wajib dan seharusnya tidak diabaikan. Jika hanya mengandalkan pupuk akar yang notabene hanya mengandung unsur hara makro, tentu saja kebutuhan unsur mikronya tidak terpenuhi. Pupuk daun rata-rata mengandung unsur hara makro dan mikro yang terdiri dari unsur N 9,01 %., P2O5 5,80 %., dan K2O 6,12 % serta unsur lainnya seperti S 1,89 %., Mg 0,03 %., Fe 0,02 %., Zn 37,22 % , Mo 47, 91 %., Mn 57,58 %., Co 4,66 ppm, B 0,04 % dan Cu 0,01 %.

Fungsi Pupuk Daun antara lain ;

1. Memenuhi kebutuhan unsur hara mikro dan makro secara langsung kedaun,
2. Membantu pembentukan zat hijau daun (klorofil),
3. Merangsang pertumbuhan tunas baru,
4. Merangsang pembentukan bunga dan buah,
5. Mencegah daun kuning dan rontok.

Proses penyerapan unsur hara oleh tanaman melalui daun secara difusi masuk kedaun melalui stomata dan kutikula kemudian berlanjut masuk ke dalam jaringan pembuluh didalam daun. Pemupukan melalui daun sangat efektif karena proses penyerapan unsur hara tidak berebutan atau tidak terjadi persaingan antar tanaman. Beberapa contoh merk dagang pupuk daun antara lain Bayfolan, Gandasil-D, POC Nasa, Super Grow, Grow More dan lain-lain. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...