Formulasi Asam Lemak Mirip ASI dari Stearin Sawit dan Minyak Kelapa

Pengganti ASI Berbahan Baku Stearin Sawit & Minyak Kelapa

Artikel – Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi pokok bagi bayi, tetapi sebagian ibu pasca melahirkan tidak dapat memberikan ASI dan menggantikannya dengan susu formula. Perbedaan karakter utama antara lemak ASI dan susu formula yaitu distribusi asam lemak terutama pada posisi sn-2. Asam lemak utama pada posisi sn-2 ASI adalah asam palmitat, sedangkan pada susu formula asam palmitat teresterifikasi pada posisi sn-1 dan sn-3.

ASI pengganti dari minyak kelapa sawit

Stearin Sawit dan Minyak Kelapa Untuk Formulasi Asam Lemak Mirip ASI


Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menghasilkan trigliserida baru yang memiliki profil asam lemak mirip ASI atau Human Milk Fat analog (HMF analog) dengan ciri komposisi palmitat tinggi pada sn-2. Pembuatan HMF analog telah dilakukan dengan proses interesterifikasi enzimatis menggunakan enzim yang spesifik mengkatalisis posisi sn-1,3 dari triasilgliserol seperti lipase dari Rhizomucor miehei. Sintesis HMF analog menggunakan sumber asam palmitat dari tripalmitin dan lemak babi yang diketahui mengandung asam palmitat tinggi pada posisi sn-2.

Stearin sawit mengandung asam lemak palmitat yang sebagian besar (41,7 %) teresterifikasi pada posisi sn-2, sehingga sangat potensial digunakan sebagai sumber asam palmitat untuk sintesis HMF analog. Pada posisi sn-1 dan sn-3 dari HMF analog selanjutnya dapat diesterifikasi asam lemak rantai medium dari minyak kelapa. Asam laurat merupakan asam rantai medium dengan proporsi tertinggi pada minyak kelapa.

Perkembangan penelitian HMF analog akan membuka peluang pemanfaatan stearin sawit sebagai sumber asam palmitat karena ketersediaannya melimpah dan aman dikonsumsi. Preparasi stearin sawit untuk bahan baku HMF analog sampai saat ini masih menggunakan biokatalis yaitu lipase komersial yang harganya relatif mahal, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengisolasi lipase dari bahan alami.

Baca juga  Manfaat Arang Sekam Sebagai Media Tanam

(sumber : balitbangtan RI)

loading...
Loading...