Cara Mudah Membuat KOMPOSTER (Alat Pembuat Kompos) Sederhana Menggunakan Ember

Gambar 1 : Komposter Sederhana (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

Apa itu KOMPOSTER? Secara sederhana pengertian komposter adalah suatu alat yang digunakan untuk membuat kompos.

Komposter dibuat dengan tujuan membantu bakteri pengurai (dekomposer) mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi pupuk organik (kompos), baik berbentuk cair maupun padat.

Bakteri pengurai bekerja dengan baik apabila kondisi lingkungannya kondusif atau sesuai dengan yang dinginkan oleh dekomposer.

Jika kondisi lingkungannya kondusif, proses pengomposan/penguraian bisa berlangsung dengan cepat. Pada kondisi yang sesuai bakteri pengurai dapat melangsungkan proses penguraiannya secara terus-menerus tanpa henti.

Berikut ini proses tahap demi tahap cara membuat komposter (alat pembuat kompos) sederhana skala rumah tangga.

Alat dan Bahan Membuat Komposter

Berikut ini alat dan bahan yang harus dipersiapkan dalam membuat komposter ;

Gambar 2 : Alat dan bahan membuat komposter (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

1. Bor jika tidak punya bisa pakai obeng kembang dan lilin fungsi nya untuk membuat bolongan pada ember yang akan di buat komposter
2. Gergaji besi fungsinya untuk memotong paralon
3. Spidol fungsinya untuk memberi tanda bolongan yang di buat di paralon atau di ember
4. Keran air dan plester (optional), fungsi nya untuk memanen kompos cair yang dihasilkan
5. Meteran berfungsi untuk mengukur panjang paralon yang akan di pakai menyesuaikan dengan tinggi dan lebar ember yg di pakai
6. Gunting buat menggunting fiber sebagai alas bahan kompos di dalam ember / tong
7. Paralon sebagai penahan dasar kompos dan sebagai sirkulasi udara karena metode yang dipakai adalah aerob
8. Fiber atau bahan lain, digunakan sebagai alas dan saringan bahan kompos usahakan cari yang tebal atau kaku

12 Langkah dan Tahapan Membuat Komposter Full Gambar

Gambar 3 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

1. Buatlah 4 buah lobang dengan tinggi kira-kira 9 cm dari dasar ember. Fungsinya untuk memasukkan paralon 1/2 inc di sisi depan, belakang, kiri dan kanan ember dan buat lah lobang kecil-kecil mengelilingi seluruh sisi ember dibawah lobang tersebut. Saya melobangi ini menggunakan obeng kembang yang di panaskan menggunakan lilin jika ada bor bisa lebih cepat. (Gambar 3)

Gambar 4 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

2. Buatlah 2 buah lobang yang sejajar dibagian atas ember atau tong untuk memasukkan paralon 1/2 inc dengan tinggi kurang lebih 36 cm bergantung tinggi ember atau tong yang di gunakan atau tepat di atas garis ember. Lobang di atas sejajar dengan lobang yg kita buat di bawah tadi (Gambar 4)

Gambar 5 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

3. Buatlah 1 buah lobang sejajar dasar ember untuk tempat keran air dimana saja posisi nya,,,, saran jangan dibawah lobang paralon, nanti susah muter kerannya (ini contoh yang salah xixixixi) (Gambar 5)

Gambar 6 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

4. Potonglah paralon 2 inch sepanjang kurang lebih 38 cm bergantung tinggi dari ember atau tong, paralon ini akan kita pasang di tengah-tengah ember. Fungsinya sebagai aerasi/keluar masuknya oksigen. (Gambar 6)

Gambar 7 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

5. Buatlah 4 buah lobang di setiap sisi paralon bagian bawah agar dapat muat untuk paralon 1/2 inch. Kemudian buatlah lobang kecil-kecil memanjang seperti contoh dapat menggunakan obeng yang di panaskan menggunakan lilin atau bor jika mau cepat. Buat lagi 2 lobang untuk paralon 1/2 inch pada atas paralon yang besar (awas jangan sampai salah dalam mengambil sisi ketika membuat lobang nya, harus sejajar dengan lobang bagian atas ember atau tong) (Gambar 7)

Gambar 8 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

6. Potong lah 2 buah paralon 1/2 inch dengan panjang 46cm (1 paralon akan di pasang pada ember bagian atas dan 1 paralon pada ember bagian bawah). Potong juga paralon 2 buah sepanjang 25 cm (akan di pasang pada ember bagian bawah), fungsinya sebagai peyangga saringan. (Note : panjang di sesuaikan dengan lebar tong atau ember). Buat lah lobang kecil-kecil di setiap sisi paralon, pakai obeng atau pakai bor. (Gambar 8)

Gambar 9 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

7. Potong fiber/bahan lain berbrntuk lingkaran, besarnya lingkaran bergantung ember yang di gunakan, serta buatlah bolongan di tengah nya sebesar 2 inch agar paralon dapat masuk serta buatlah lobang kecil-kecil yang berfungsi sebagai penyaring kompos agar air hasil pengomposan dapat mengalir ke bawah (Gambar 9)

Gambar 9 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

8. Masukkan 2 buah paralon 25 cm , 1 dari kiri, satu nya lagi dr kanan. Sesuai dengan lubang pada paralon dan ember (Gambar 10)

Gambar 11 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

9. Masukkan/pasang saringan kedalam ember (Gambar 11)

Gambar 12 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

10. Pasang lagi paralon 46 cm di atas ember pada lobang yang sudah disiapkan dari kiri ke kanan melalui paralon 2 inch yang ada ditengah ember (Gambar 12)

Gambar 13 (Foto by : Evano Desmon Koagouw)

11. Pasang keran pada lobang yang sudah di sediakan,,,, di sarankan jangan dibawah paralon,,,, susah muter keran nya,,, ini contoh salah xixixixi. (Gambar 13)

12. Selesai, komposter siap digunakan (Lihat Gambar 1)

Sumber : Belajar Bareng Berkebun

Salam mitalom !!!

Loading...