Cara Menanam Rumput Gajah Mini Yang Benar

Rumput Gajah Mini (Pennisetum purpureum schamach)

Tips Berkebun – Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang banyak ditanam dihalaman rumah atau taman. Rumput jenis ini memiliki karakter unik, sesuai dengan namanya pertumbuhannya menyamping dan tidak tumbuh tinggi. Pertumbuhannya seragam dan berwarna hijau pekat sehingga sangat cocok ditanam dihalaman dan taman. Rumput yang memiliki nama latin Pennisetum purpureum schamach ini konon berasal dari Amerika dan kini cukup populer di Indonesia. Yang menarik dari rumput gajah mini ini adalah tampilannya yang pendek, berdaun kecil dan pertumbuhannya seragam sehingga selalu terlihat rapi dan menarik. Harga rumput gajah mini sekarang ini cukup kempetitif, antara Rp. 20.000 – Rp. 25.000 per meter persegi. Rumput gajah mini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghijaukan halan dan taman, karena rumput ini tidak memerlukan perawatan secara khusus dan anda juga tidak harus memotongnya setiap bulan.

Cara Menanam Rumput

Rumput Gajah Mini


Dari segi bisnis, menanam rumput gajah mini sekarang ini cukup menjanjikan. Biaya perawatan yang mudah dan murah, mudah dijual serta harga yang kompetitif bisa menjadi pertimbangan untuk membudidayakan rumput gajah mini. Sudah banyak gardener yang sukses berbisnis rumput taman ini. Dengan lahan yang kecil saja, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari tanaman ini. Untuk menjualnya tidaklah sulit, karena rumput ini banyak dicari dan diminati. Masa panen rumput gajah mini juga cukup singkat, dari mulai menanam hingga rumput bisa dijual kembali sebagai bibit hanya membutuhkan waktu 2,5 – 3 bulan saja. Anda tertarik untuk menanam rumput gajah mini? Bagaimana cara menanam dan merawatnya ? Coba praktekkan langkah-langkah menanam rumput gajah mini dibawah ini.

Baca juga  Cara Menanam Cabe Merah Dalam Polybag

Berikut langkah-langkah cara menanam rumput gajah mini yang benar :

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Cara menanam rumput gajah mini tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman hias atau tanaman pada umunya. Pada masa awal pertumbuhannya rumput gajah mini memerlukan tanah yang gembur dan banyak mengandung unsur hara. Oleh karena itu, sebelum menanam rumput gajah mini maka tanah harus dicangkul terlebih dahulu dan diberi pupuk dasar. Berikut cara-cara menanam rumput gajah mini :

1. Langkah pertama sebelum menanam rumput gajah mini adalah mencangkul halaman atau tanah yang ingin ditanami. Tujuannya supaya tanah menjadi gembur dan rumput gajah mini tumbuh dengan baik dan subur. Tanah dicangkul tipis saja, jangan terlalu dalam kurang lebih sekitar 5 cm. Setelah itu kemudian tanah diratakan kembali.

2. Setelah selesai proses penggemburan tanah, taburkan pupuk kandang atau kompos. Pupuk ditabur merata pada tanah tersebut.

3. Biarkan selama kurang lebih satu minggu sebelum penanaman dilakukan. Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya pupuk kandang yang sudah lama (sudah jadi) atau yang sudah difermentasi.

4. Selanjutnya adalah menyiapkan bibit rumput gajah mini. Bibit bisa diperoleh dengan membelinya di penjual perlengkapan taman atau penjual tanaman hias.

Rumput Gajah Mini

Bibit Rumput Gajah Mini


5. Potong bibit rumput gajah mini menjadi beberapa bagian kecil. Jangan terlalu kecil agar tidak mudah mati.

6. Siram tanah dengan air secukupnya, kemudian buat lubang tanam dengan ukuran yang disesuaikan dengan bibit rumput gajah mini. Jarak antar lubang tanam kurang lebih antara 30 x 30 cm atau 40 x 40 cm.

7. Bibit yang sudah dipersiapkan kenudian ditanam pada lubang tersebut. Tekan bibit yang sudah ditanam agar menempel kuat pada tanah.

8. Selanjutnya setelah selesai proses penanaman, siram dengan air secukupnya.

Baca juga  Inspirasi Berkebun, Cara Menanam Jagung Dalam Pot atau Polybag

9. Kemudian gilas rumput gajah mini yang sudah ditanam dengan batang pisang. Potong batang pisang sesuai kebutuhan, kemudian gelindingkan berulang-ulang pada rumput tersebut. Hal ini bertujuan supaya rumput gajah mini menempel kuat dengan tanah dan tidak mudah rusak atau terlepas.

Cara Perawatan Rumput Gajah Mini

Agar rumput gajah mini yang anda tanam tumbuh sesuai harapan, lakukan perawatan yang tepat dan benar. Sebenarnya rumput gajah mini tidak memutuhkan perawatan rumit, tetapi jika hal ini diabaikan maka rumput yang anda tanam tidak akan tumbuh dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat rumput gajah mini :

1. Siram rumput gajah mini yang baru saja anda tanam dengan air secukupnya. Penyiraman dilakukan jika diperlukan saja, yaitu jika tanah dalam keadaan kering atau tidak turun hujan setelah anda menanam.

2. Segera lakukan penyulaman jika terdapat bibit rumput gajah mini yang mati atau tumbuh tidak sempurna.

3. Agar pertumbuhan rumput gajah mini anda tidak terganggu, bersihkan rumput lain yang tumbuh disekitar rumput gajah mini. Rumput liar adalah gulma yang dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan rumput gajah mini anda.

4. Lakukan pemupukan agar rumput gajah mini anda tumbuh dengan subur. Gunakan pupuk kandang atau kompos yang ditaburkan merata disekitar rumput gajah mini anda. Pupuk kandang yang baik adalah pupuk kandang yang halus atau dihaluskan terlebih dahulu.

5. Anda juga bisa menggunakan pupuk NPK, caranya dengan melarutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 10 liter air. Kemudian larutan pupuk tersebut disiramkan merata pada rumput gajah mini anda. Penyiraman larutan pupuk sebaiknya dilakukan pada sore hari. Pemupukan dengan cara ini efektif menghemat waktu dan tenaga, karena penyiraman dan pemupukan bisa dilakukan sekaligus.

Baca juga  Mengatasi Rontok Bunga dan Buah Tomat

6. Rapikan bagian tepi rumput gajah mini yang berdekatan dengan jalan taman atau tembok agar terlihat rapi dan indah.

7. Pangkas dan rapikan jika terdapat rumput yang tumbuh lebih tinggi dari pada rumput lainnya agar terlihat lebih indah.

Demikian tentang cara menanam dan merawat rumput gajah mini. Satu hal yang harus diperhatikan dalam budidaya rumput gajah mini adalah sinar matahari. Rumput gajah mini akan tumbuh optimal jika mendapatkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, tanamlah rumput gajah mini pada area yang tersinari matahari. Rumput gajah mini tergolong tahan cuaca dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan dan iklim. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...