Cara Menanam Cabe Merah Dalam Polybag

Panduan Lengkap Menanam Cabe Merah Dalam Polybag atau Pot

Tips Berkebun – Cabe merupakan salah satu sayuran buah yang harganya paling tidak stabil jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Seperti saat sekarang ini, harga eceran cabe merah/cabe keriting tembus diangka Rp. 90.000/kg. Akan tetapi pada waktu-waktu tertentu harganya bisa anjlok hingga Rp. 3000/kg. Saat harga cabe merah mahal, sebagian orang mengurangi mengkonsumsi cabe dengan membelinya lebih sedikit dari biasanya. Namun bagi penyuka makanan pedas tentu saja harus mengeluarkan kocek lebih untuk membeli cabe merah. Jika berlangsung lama hal ini juga menyebabkan biaya hidup membengkak. Dan terasa memberatkan karena pendapatan tidak seimbang dengan pengeluaran.

Tips Berkebun

Menanam Cabe Merah Dalam Polybag

Bagaimana menyiasatinya?
Anda bisa memanfaatkan sisa-sisa cabe merah yang ada didapur. Ambil beberapa biji cabe merah yang ada didapur untuk ditanam dipekarangan rumah anda. Untuk skala rumah tangga atau hobi, menanam cabe merah menggunakan polybag atau pot adalah pilihan terbaik. Selain mudah dalam merawatnya anda juga mudah untuk memindahkan tanaman ketempat yang anda suka.

Langkah-langkah Menanam CABAI MERAH Keriting dalam Pot atau Polybag

1. Menyemai Benih

Untuk menyemai benih cabe merah, anda bisa menggunakan cup bekas air mineral. Isi cup dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 : 1 sebagai media semai. Jika tidak ada pupuk kandang atau kompos, anda bisa menggunakan tanah yang ada disekitar tempat pembuangan sampah. Kemudian basahi media semai dengan air secukupnya. Ambil beberapa biji cabe merah yang ada didapur anda. Masukkan biji cabe merah kedalam cup, 1 cup 2 atau 3 biji cabe. Tutup tipis biji cabe dengan tanah halus. Dalam waktu lebih kurang 1 minggu, biji cabe sudah berkecambah.

Baca : Cara Menyemai Benih Cabe

Baca juga  Cara Budidaya Singkong

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah selesai menyemai, anda bisa langsung menyiapkan media tanam. Media tanam yang bisa anda gunakan adalah campuran tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Aduk media tanam hingga tercampur rata. Gunakan polybag atau pot dengan diameter minimal 25 cm. Masukkan media tanam kedalam polybag atau pot tersebut. Biarkan media tanam sambil menunggu benih cabe tumbuh.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca : Cara Membuat Media Tanam Dalam Polybag

3. Cara Menanam

Bibit cabe merah sudah bisa ditanam ketika sudah berdaun 5 atau 6, atau ketika berusia 3 – 4 minggu setelah semai. Jika benih tumbuh semua, cabut yang lain dan sisakan bibit yang paling bagus untuk ditanam. Buat lubang tanam pada media tanam sesuai dengan cup semaian. Lepaskan cup dengan hati-hati agar media semai tidak pecah. Tanam bibit cabe merah kedalam polybag, penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari. Siram tanaman cabe merah dengan air secukupnya agar tanaman tidak layu.

4. Pemeliharaan

Ajir / lanjaran sebaiknya segera dipasang setelah penanaman selesai. Ajir berfungsi untuk menopang tanaman cabe merah agar tidak mudah roboh. Ikat tanaman cabe merah dengan tali. Penyiangan dilakukan jika diperlukan, cabut rumput yang tumbuh dimedia tanam agar tidak mengganggu tanaman. Jika musim panas/kemarau siram tanaman setiap sore dengan 250 ml air setiap tanaman. Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan, penyiraman hanya dilakukan jika media tanam kering. Usahakan media tanam selalu basah, namun jangan sampai berlebihan dan becek.

Pemupukan pertama bisa dilakukan saat tanaman cabe merah berusia 2 minggu setelah tanam. Gunakan 1 sendok pupuk NPK yang dilarutkan dengan 5 liter air. Kocorkan larutan pupuk tersebut dengan dosis 200 ml / tanaman. Pemupukan dilakukan setiap 3 hari sekali. Hati-hati saat mengocorkan larutan pupuk, jangan sampai mengenai daun.

Baca juga  6 Cara Berkebun Hemat

5. Pengendalian Hama & Penyakit

Mengingat tanaman cabe merah yang tidak terlalu banyak, pengendalian hama dan penyakit bisa dilakukan secara manual. Buang bagian tanaman yang terserang hama atau penyakit. Jika tanaman cabe merah terserang hama ulat, ambil ulat-ulat tersebut dan musnahkan. Jika tanaman layu dan mati, cabut tanaman tersebut kemudian dibakar atau dibuang agar tidak menular ketanaman yang lain. Gunakan insektisida dan fungisida jika serangan hama dan penyakit sudah parah.
Silahkan baca : Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman Cabe

6. Masa Panen Cabai Merah di Polybag atau Pot

Cabe merah atau cabe keriting sudah bisa dipanen pada usia 85 – 90 hari setelah tanam. Pilih buah cabe yang sudah memiliki tingkat kematangan antara 80 – 90 %. Jika ingin dikonsumsi sebagai cabe hijau, cabe merah bisa dipanen pada usia 55-60 hari setelah tanam.

Anda bisa memanfaatkan lahan yang terbatas dirumah anda untuk menanam cabe merah dalam polybag. Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dapur, menanam cabe merah juga membuat pekarangan rumah anda lebih hijau dan asri. Jika anda memiliki tanaman cabe merah sendiri, tentu anda tidak akan panik saat harga cabe melambung seperti sekarang ini. Anda juga dapat menekan dan menghemat pengeluaran karena anda bisa memperoleh cabe merah dengan memanen sendiri tanaman cabe merah yang ada
dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...