Cara Menanam Cabai Vertikultur Pipa Paralon

Cara Berkebun Cabai Vertikultur

Tips Berkebun – Inspirasi berkebun, yuk menanam cabai vertikultur dengan memanfaatkan pipa paralon bekas yang ada dirumah. Jika dirumah anda ada pipa paralon bekas atau sisa pakai daripada dibuang percuma dan mencemari lingkungan lebih baik dimanfaatkan untuk berkebun. Meskipun hanya menggunakan pipa paralon, anda bisa menanam tanaman apa saja, misalnya cabai rawit. Teknik berkebun vertikultur ini juga cocok bagi anda yang ingin menanam cabai namun tidak memiliki cukup lahan. Menanam cabai vertikultur juga memiliki fungsi dan manfaat ganda, yaitu untuk memenuhi kebutuhan dapur dan sebagai tanaman hias. Anda bisa meletakkan tanaman anda disamping rumah, di halaman, di teras atau dimana saja sesuai keinginan anda. Satu kelebihan dari teknik berkebun vertikultur adalah memiliki nilai seni dan estetika yang lebih jika dibandingkan dengan teknik menanam lainya.

Cara Menanam Cabai Vertikultur

A. Alat dan Bahan

1). Pipa paralon bekas ukuran minimal 4″
2). Gergaji besi
3). Pensil dan botol bekas kecap atau sirup
4). Lilin/hair dryer/apa saja untuk memanaskan pipa
5). Bibit cabai
6). Media tanam (tanah, arang sekam, pupuk kandang)
7). Semen dan pasir secukupnya

Cabai vertikultur

Gambar tanaman cabai vertikultur menggunakan pipa paralon (Foto : Abdoel Rahman)

B. Cara Membuat Vertikultur Pipa Paralon

Pipa paralon yang sudah disiapkan diberitanda menggunakan pensil berupa garis melintang sepanjang 10 cm, buat garis serupa diatas garis pertama dengan jarak 30 atau 40 cm. Buat beberapa garis sesuai dengan panjang paralon yang tersedia. Kemudian potong menggunakan gergaji besi pada garis yang sudah dibuat. Ambil hair dryer/lilin atau apa saja untuk memanaskan bagian paralon yang dipotong. Selagi panas ambil botol dan masukkan kedalam pipa paralon untuk mencetak lubang tanam. Selanjutnya buat dudukan menggunakan campuran semen dan pasir atau kayu. Jika masih bingung, silahkan baca “Cara Membuat Vertikultur Pipa Paralon

Baca juga  Cara Menanam Semangka Berbiji

 

Cara Membuat Media Tanam Vertikultur Pipa Paralon

Menanam Cabai Vertikultur (Foto ; denmas-kenthus.blogspot.co.id)

C. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam untuk menanam cabai vertikultur pipa paralon adalah campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang. Buat campuran media tanam dengan perbandingan tanah 2 : arang sekam 2 : pupuk kandang 2. Aduk hingga tercampur rata, letakkan media tanam ditempat terbuka namun terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Satu minggu kemudian masukkan media tanam kedalam pot “Vertikultur Pipa Paralon” yang sudah disiapkan.

D. Cara Menanam Cabai Vertikultur Pipa Paralon

Jika media tanam sudah siap, bibit cabai yang sudah disiapkan bisa langsung ditanam. Ambil bibit dengan hati-hati agar akar tidak putus atau rusak, kemudian tanam pada lubang tanam pot “Vertikultur”. Siram dengan air agar bibit tidak layu. Buat naungan supaya bibit yang baru ditanam beradaptasi dan tidak layu, tiga atau lima hari kemudian perkenalkan dengan sinar matahari sedikit demi sedikit sampai akhirnya tersinari matahari secara penuh.

Cara Menanam Cabai di Lahan Sempit dengan Teknik Vertikultur

Cabai vertikultur pipa paralon (Foto ; denmas-kenthus.blogspot.co.id)

E. Pemeliharaan Tanaman Cabe Vertikultur

Pemeliharaan tanaman cabai vertikultur meliputi penyiraman, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca. Agar tanaman cabai vertikultur tumbuh subur, pada usia 15 hari setelah tanam sudah bisa dilakukan pemupukan susulan. Pemupukan tanaman cabai vertikultur dilakukan 1 atau 2 kali seminggu dengan cara dikocor. Pupuk yang digunakan boleh nutrisi AB Mix atau pupuk NPK 16. Larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 2 liter air kemudian kocorkan 100 ml larutan tanaman cabai vertikultur. Hati-hati saat melakukan pengocoran jangan sampai mengenai daun cabai. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara mikro, semprot dengan pupuk daun setiap satu minggu sekali.

Baca juga  Cara Budidaya Kentang

Demikian cara “Menanam Cabai Vertikultur” menggunakan pipa paralon. Selain pipa paralon anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas lainnya untuk berkebun vertikultur, misalnya botol bekas air mineral atau jerigen bekas minyak goreng. Untuk merakitnya anda bisa bereksperimen dengan kreatifitas anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...