Cara Menanam Anggrek Dalam Pot

Cara Menanam Anggrek Yang Baik dan Benar

Tips Berkebun – Tanaman anggrek dalam bahasa latin disebut Orchidaceae, adalah tanaman suku angrek-anggrekan yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman anggrek memiliki jenis terbanyak diantara tanaman lainnya yang tersebar luas di daerah tropika basah hingga tropika. Di Indonesia sendiri jenis anggrek bulan adalah yang paling populer dan banyak digemari. Indonesia yang beriklim tropis cocok untuk menanam anggrek. Tanaman anggrek didalam pot bisa dipajang dimana saja, baik diluar ruangan maupun di dalam ruangan. Tanaman anggrek memiliki bunga yang indah dan menakjubkan, sampai-sampai para pelukis dan fotografer mengabadikannya dalam bentuk lukisan dan foto. Bagaimana cara menanam anggrek didalam pot?

Cara Menanam Anggrek

Tanaman Anggrek Di Dalam Pot

Langkah-langkah Cara Menanam Anggrek Dalam Pot dengan Sabut Kelapa, Arang atau Media Lain

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menanam anggrek didalam pot :
1. Pot Untuk Menanam Anggrek

Pot yang digunakan untuk menanam anggrek bermacam-macam, baik pot plastik, pot semen atau pot tanah. Yang pasti pot yang digunakan

harus bersih dan steril. Jika menggunakan pot bekas, bersihkan terlebih dahulu kotoran dan lumut yang menempel hingga benar-benar bersih. Sebab pot yang sudah bekas kemungkinan mangandung bakteri atau jamur patogen. Gunakan pot yang memiliki drainase baik.

2. Media Tanam

Untuk menanam anggrek media tanam yang umum digunakan adalah akar pakis, arang, pecahan genteng atau sabut kelapa.

3. Tiang Penyangga / Ajir

Tiang penyangga berfungsi untuk menopang tanaman anggrek yang baru ditanam agar kokoh dan tidak goyang. Tiang penyangga biasa menggunakan bambu, kayu atau kawat.

Cara Menanam Anggrek

Tanaman Anggrek Dalam Pot Gantung

Cara Menanam :
1. Pasang tiang penyangga atau ajir hingga menyentuh dasar pot.
2. Masukkan media tanam kedalam pot. Isi pot tersebut setengah bagian saja.
3. Letakkan bibit tanaman anggrek diatas media tanam dan akar diatur supaya menyebar rata, kemudian ikat batang tanaman pada tiang peyangga.
4. Kemudian tambahkan media tanam untuk menutupi akar secukupnya, jangan sampai batang tanaman anggrek tertimbun media tanam. Siram tanaman anggrek dengan air secukupnya agar tidak layu.
Baca juga : Tips Merawat Anggrek di Dalam Ruangan

Baca juga  Kangkung Hidroponik Tanpa AB Mix

Tanaman anggrek sangat tidak menyukai air yang berlebihan, apalagi sampai akar terendam air. Oleh sebab itu siram tanaman anggrek secukupnya dan gunakan pot yang memiliki drainase baik dengan banyak lubang didasar pot. Letakkan tanaman pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Demikian cara menanam anggrek didalam pot, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...