Cara Menanam Adenium Dalam Pot

4 Langkah Cara Menanam Bunga Adenium (Kamboja Jepang) dari Biji di Pot atau Polybag

Tips Berkebun – Tanaman bunga adenium atau kamboja berasal dari daerah kering yaitu daerah gurun pasir di Asia Barat dan Afrika. Sebutan adenium berasal dari kata Aden. Aden adalah ibukota Yaman yang merupakan salah satu tempat asal tanaman ini. Tanaman bunga adenium merupakan salah satu tanaman hias yang unik, memiliki bunga yang indah, berbatang kerdil seperti bonsai. Pangkal batang adenium berbentuk seperti umbi yang unik dan semakin menambah keindahan tanaman ini. Sebagian akar dari tanaman adenium terkadang ada dipermukaan dengan bentuk yang sangat unik. Di Indonesia adenium bisa tumbuh dengan baik, kecuali didataran tinggi dengan suhu yang dingin.

Cara Menanam Adenium

Tanaman Bunga Adenium Dalam Pot

Sebelum menanam adenium, ada baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu beberapa hal tentang tanaman ini. Sesuai dengan daerah asalnya, tanaman ini akan tumbuh baik jika :

Ditanam di dataran rendah yang panas,
Ditanam pada tempat yang terkena sinar matahari langsung secara penuh,
Ditanam menggunakan media tanam yang tidak mudah menyerap air.
Tidak ditanam di dataran tinggi yang dingin. Karena adenium hanya akan berbunga jika ditanam pada daerah yang panas.

Langkah-Langkah Menanam Bunga Adenium (Kamboja Jepang) di Pot Polybag

1. Persiapan Bibit Bunga Adenium

Bibit adenium bisa dibuat sendiri memalui biji, jika sudah memiliki tanaman adenium sebelumnya. Namun jika belum pernah memiliki tanaman ini, bibit bisa dibeli di tempat penjual bunga atau penjual tanaman hias.

2. Pot Untuk Menanam Bunga Adenium

Pot yang digunakan untuk menanam adenium minimal berdiameter 50 cm agar mampu menampung akar adenium. Pot yang digunakan bisa berupa pot plastik atau semen. Jangan menggunakan pot dari bahan tanah, sebab kemungkinan pot bisa pecah akibat desakan akar adenium yang semakin besar dan banyak.

Baca juga  Cara Menanam BAWANG DAUN Dalam Pot atau Polybag

3. Persiapan Media Tanam

Media tanam yang baik untuk menanam bunga adenium adalah media tanam yang tidak mudah menyerap air dan tidak lembab. Anda bisa menggunakan media tanam berupa campuran pasir, pupuk kandang/kompos, arang sekam, sekam mentah dengan perbandingan 2 : 2 : 1 : 1. Aduk bahan-bahan media tanam tersebut hingga tercampur rata. Biarkan selama kurang lebih 10 hari dalam keadaan terbuka pada tempat yang terlindung dari hujan namun terkena sinar matahari langsung.

4. Menanam Bibit Bunga Adenium

Cara Menanam Bunga Adenium

Bibit Adenium

Isi pot dengan media tanam yang sudah dipersiapkan. Buat lubang tanam ditengah-tengah pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan bibit tanaman. Kemudian tanam bibit adenium pada lubang tersebut.

Tanaman bunga adenium atau kamboja sering disebut dengan “kamboja jepang” padahal adenium sama sekali tidak ada hubungannya dengan jepang. Mungkin karena posturnya yang mini dan seperti bonsai, maka tanaman ini disebut kamboja jepang. Di daerah asalnya, tanaman ini dikenal dengan sebutan “Desert Rose” atau “Mawar Padang Pasir“. Demikian cara menanam bunga adenium, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...