Cara Memperbanyak Herbisida Sistemik

Cara Menghemat Herbisida Sistemik

Masih tentang penghematan penggunaan herbisida….
Pada postingan sebelumnya telah kita bahas tentang cara memperbanyak herbisida kontak. Kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang percobaan yang saya lakukan dalam upaya menghemat penggunaan herbisida sistemik. Kita ketahui bahwa penggunaan herbisida seolah sudah menjadi kebutuhan pokok dalam melakukan penanganan gulma pengganggu. Sebagian dari kita memiliki ketergantungan terhadap herbisida, karena memang penggunaan herbisida sangat efektif membantu meringankan pekerjaan petani.

Cara mudah memperbanyak herbisida sistemik

Cara Memperbanyak Herbisida Sistemik


Namun harga herbisida yang terus mengalami kenaikan, terkadang menimbulkan masalah baru. Biaya produksi dan biaya pengeluaran juga mengalami peningkatan. Nah,,untuk sedikit berhemat saya akan bagikan tips tentang memperbanyak herbisida sistemik. Pada percobaan kali ini saya menggunakan Herbisida sistemik dengan formula yang sedikit berbeda dengan percobaan sebelumnya.

Baca : “Cara Memperbanyak (Menghemat) Herbisida”

ALAT DAN BAHAN

1. Herbisida Sistemik : 250 ml`
2. Urea : 500 gr
3. Garam kasar : 500 gr
4. Ragi tape : 25 butir
4. Air : 1 liter
5. Ember

CARA MEMBUAT

1. Larutkan urea, dan garam secara terpisah,
2. Masukkan larutan urea dan larutan garam kedalam ember,
3. Masukkan ragi tape (dihaluskan lebih dulu),
3. Masukkan 250 ml herbisida sistemik, aduk sampai tercampur rata
4. Herbisida oplosan siap digunakan

CARA MENGGUNAKAN

Larutkan 150 ml herbisida oplosan dengan 14 liter air.

Hasil dari percobaan ini efektif untuk membunuh rumput ilalang dan rumput lunak lainnya. Akan tetapi masih ada kekurangannya, yakni belum maksimal membunuh jenis rumput dengan batang keras (berkayu). Untuk penyempurnaan silahkan kritik dan sarannya, mungkin diantara sahabat petani memiliki formula tambahan. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...