Cara Membuat SUPLEMEN Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing

Membuat Suplemen Ternak Kambing

Cara Membuat SUPLEMEN Ternak ORGANIK

Ilustrasi


Budidaya Peternakan – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ternak kambing, salah satu diantaranya adalah pemberian suplemen. Selain pakan utama, ternak kambing juga membutuhkan pakan tambahan yaitu suplemen. Suplemen bermanfaat sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak sehingga pertumbuhan, reproduksi dan produktivitas ternak kambing bisa optimal. Suplemen yang diberikan kepada ternak kambing dimaksudkan untuk membantu meningkatkan efesiensi pencernaan yang akan berdampak positif untuk meningkatkan produktifitas ternak. Pemberian pakan tambahan atau suplemen pada ternak kambing merupakan salah satu upaya atau strategi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ternak. Ada 2 jenis suplemen yang sudah banyak diperkenalkan kepeternak yaitu UMB (Urea Molases Blok) dan HMNMO ( Herbal Multi Nutrisi Mineral Organik).

HMNMO adalah pakan tambahan (suplemen) yang diberikan kepada ternak kambing untuk membantu meningkatkan efisiensi pencernaan sehingga akhirnya dapat meningkat produktivitas ternak. Dikatakan sebagai herbal multi nutrisi mineral organik karena terbuat dari bahan bahan yang kaya akan nutrisi/gizi dan berfungsi juga sebagai anti cacing. Suplemen sejenis yang sudah banyak diperkenalkan ke peternak adalah Urea Molases Blok (UMB). Perbedaan UMB dan HMNMO adalah pada bahan penyusun utamanya jika pada UMB sumber proteinnya adalah Urea maka pada HMNMO diganti dengan kelor. Nilai tambah HMNMO adalah adanya dan sumber mineral organik dari rumput laut.. Bahan-bahan pengganti yang digunakan pada HMNMO adalah bahan organik, sehingga diharapkan bahwa tingkat penyerapannya akan lebih tinggi sehingga bisa secara nyata meningkat produktivitas. Percobaan yang dilakukan pada skala laboratorium menunjukan bahwa pemberian HMNMO sampai dengan 50% meningkatkan kecernaan pakan.

A. Bahan Organik Untuk Membuat HMNMO

1. Daun Kelor (Moringa Oleifera)

Kelor merupakan tumbuhan yang sangat mudah tumbuh dan memiliki adaptasi tinggi terhadap cuaca dan musim. Tanaman kelor banyak tumbuh di daerah lahan kering, bahkan pada daerah yang jarang turun hujan.

Manfaat kelor bagi ternak ;

a). Sebagai sumber protein. Kandungan protein pada kelor mencapai 28.25%, protein bermanfaat untuk pertumbuhan ternak.
b). Sebagai anti cacing. Hasil penelitian Khodjiah (2010) menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor dapat mematikan cacing gelang. Cacing gelang dapat menyebabkan kematian pada anak kambing hingga 28%.

2. Gula Aren atau Gula Merah

Gula Aren atau gula merah berfungsi sebagai pengganti molases atau tetes tebu. Gula aren atau gula merah berfungsi sebagai sumber energi dan bermanfaat untuk menambah cita rasa dan aroma dari HMNMO yang dapat merangsang ternak kambing untuk mengkonsumsinya.

3. Dedak Padi

Dedak padi merupakan limbah atau hasil samping dari penggilingan padi. Dedak berfungsi sebagai sumber serat kasar bagi kambing. Serat kasar kemudian akan diubah menjadi energi. Energi dibutuhkan dalam proses metabolisme, produksi dan reproduksi.

4. Rumput Laut

Rumput laut merupakan sumber mineral organik bagi ternak kambing, kandungan mineral pada rumput laut cukup tinggi. Kelebihan mineral organik dibanding anorganik adalah tingkat penyerapan yang lebih tinggi. Di Amerika sudah bertahun – tahun, rumput laut didunakan sebagai pakan suplemen sumber mineral (Erickson, 2012).

Manfaat beberapa mineral untuk Tubuh ternak kambing antara lain :

a). Ca (kalsium) : pembentukan tulang, gigi, pembekun darah,
b). P (phosphor) : membantu metabolisme energi, membatu proses mineralisasi tulang dan gigi,
c). Mg (Magnesium) : membantu metbolisme lemak,
d). Na (Natrium) : bersama sama dengan Kalium (K) mengatur tekanan omose dan pengturan keseimbangan cairan tubuh,
e). Fe (besi) : mengikat Oksigen dalam darah, metabolisme energi,
f). Mineral Zn : Peranan terpenting Zn bagi makhluk hidup adalah untuk pertumbuhan dan pembelahan sel. sebab Zn berperan pada sintesis dan degradasi karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, dan pembentukan embrio. Zn juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan merupakan mediator potensial pertahanan tubuh terhadap infeksi.

5. Garam

Garam berfungsi sebagai penambah cita rasa HMNMO dan sumber minral Na dan Cl. Ternak kambing cenderung menyukai sesuatu yang berasa asin, sehingga pemberian garam selain sumber Na dan Cl juga berfungsi merangsang ternak untuk mengkonsumsinya.

6. Tapioka

Tapioka merupakan tepung pati dari ubi kayu atau singkong. Tepung tapioka berfungsi sebagai sumber energi yang mudah diperoleh.

7. Semen

Semen berfungsi sebagai pengikat dan untuk mengeraskan HMNMO sehingga kokoh. Semen sudah banyak dipakai dalam pembuatan mineral blok untuk ternak. Semen diapakai dalam pakan ternak maximal 10%. Penggunaan semen dalam HMNMO atau mineral blok lainnya dapat diganti dengan kapur bangunan. Semen yang digunakan adalah semen yang biasa digunakan untuk bangunan.

B. Cara Membuat Suplemen HMNMO

1. Sediakan bahan-bahan berikut ini :

a). Tepung daun kelor 24 kg
b). Dedak 10 kg
c). Semen 5 kg
d). Tepung tapioka 5 kg
e). Tepung rumput laut 3,1 kg
f). Gula aren / gula merah 0,9 kg
g). Garam 0,9 kg

2. Cara pembuatan ;

a). 5 kg Tepung tapioka dicampur dengan 5 kg semen sampai merata dan dibagi menjadi 2 bagian,

b). Satu bagian campuran semen dan tapioka dicampur sampai merata dengan 3,1 kg tepung rumput laut. Kemudian
campurkan satu bagian lain campuran semen dan tapioka, aduk sampai tercampur rata.

c). 24 kg tepung kelor dan 10 kg dedak dicampur rata, bagi menjadi 2 bagian,

d). Bagian pertama campuran tepung kelor dan dedak dicampur rata dengan campuran “b” (semen, tapioka dan rumput laut). Kemudian campurkan lagi bagian kedua campuran kelor dan dedak, aduk sampai tercampur rata,

e). Gula dan garam dicairkan dengan air secukupnya hingga membentuk larutan

f). Larutan garam dan gula ditanbahkan sedikit demi sedikit ke campuran “d” sambil diaduk hingga membentuk adonan yang bisa dicetak / dibentuk,

g). Setelah dicetak “Suplemen HMNMO” dikeringkan dengan cara dijemur atau dioven,

h). Suplemen HMNMO siap diberikan ke ternak kambing.

Demikian “Cara Membuat SUPLEMEN Organik HMNMO Untuk Ternak Kambing“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...