Cara Membuat POC Sabut Kelapa

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Sumber Hara Kalium

Memanfaatkan Sabut Kelapa Sebagai Pupuk Kalium Organik

Sabut Kelapa Sebagai Sumber Hara Kalium Organik


Kulit buah kelapa atau sabut kelapa sering diabaikan begitu saja. Padahal sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk kalium organik. Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam atau berkebun, tentu saja sangat membutuhkan pupuk untuk menyuburkan tanaman anda. Tanaman membutuhkan berbagai macam unsur hara untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Salah satu unsur hara yang dibutuhkan tanaman adalah kalium (K). Unsur kalium (K) bisa anda dapatkan dengan mudah pada produk pupuk kimia yang banyak beredar dipasaran. Pupuk yang mengandung unsur kalium misalnya pupuk KCL, pupuk KNO3, pupuk MKP dan sebagainaya. Sedangkan untuk memperoleh pupuk kalium (K) orgnik atau alami anda bisa memanfaatkan sabut kelapa.

Sabut kelapa merupakan bahan pupuk organik cair yang ramah lingkungan dan penggunaannya lebih baik daripada pupuk kimia. Pupuk organik tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak lingkungan. Selain itu pupuk organik sabut kelapa bisa anda dapatkan dengan biaya yang murah, karena bisa anda buat sendiri dengan memanfaatkan limbah yang ada disekitar anda. Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran, kemauan dan ketelatenan. Bagaimana cara membuat POC Sabut Kelapa? Berikut ini langkah-langkahnya ;

Membuat Pupuk Kalium Organik

POC Organik Sabut Kelapa


ALAT & BAHAN

1. Wadah (Ember / Tong bekas / Jerigen)
2. Parang/golok
3. Sabut 1 kg (Kering)
4. Gula merah 100 gram
5. EM4 100 ml
6. Air 10 liter

CARA MEMBUAT

1. Cincang / potong-potong sabut kelapa hingga menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian masukkan kedalam wadah (disini saya gunakan jerigen).
2. Larutkan gula merah dengan air 10 liter.
3. Campurkan EM4 dengan larutan gula merah tersebut.
4. Tuangkan larutan tersebut kedalam jerigen yang berisi potongan sabut kelapa. Kemudian ditutup rapat
5. Buka tutup jerigen setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul.
7. Simpan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Biarkan selama 2 minggu.

CARA MENGGUNAKAN POC SABUT KELAPA

Baca juga  Mengembangkan Probiotik Kotoran Hewan Untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah

– Aplikasi Akar : Campurkan 1 bagian POC dengan 3 bagian air bersih. Kocorkan pada tanaman dengan dosis 250 ml / tanaman. Pengaplikasian dilakukan satu minggu sekali.

– Aplikasi Daun : Campurkan 1 bagian POC dengan 5 bagian air bersih. Semprotkan pada daun dan batang tanaman satu minggu sekali.
Untuk mengetahui manfaat sabut kelapa yang lain, silahkan baca : Beragam Manfaat Sabut Kelapa

KANDUNGAN HARA SABUT KELAPA

Sabut kelapa sangat baik digunakan sebagai pupuk sumber kalium alami. Selain sebagai sumber kalium (K) alami, sabut kelapa memiliki kandungan unsur hara lainnya yang bermanfaat bagi tanaman. Kandungan hara tersebut antara lain kalium (K), phosphor (P), Calsium (Ca), Magnesium (Mg), Natrium dan beberapa mineral lainnya. Unsur kalium (K) pada sabut kelapa lebih dominan, karena itu POC Sabut Kelapa merupakan pupuk sumber hara kalium (K). Semoga bermanfaat…
Baca juga : Unsur Hara Kalium dan Fungsinya

Salam mitalom !!!

Loading...