Cara Membuat MOL Keong Mas

Fungsi dan Manfaat MOL Keong Mas

Info Praktis – Keong mas merupakan salah satu hama pada tanaman padi. Keong mas sangat menyukai tanaman padi yang masih muda.Selain menggunakan moluskisida, pengendalian bisa dilakukan secara teknis. Pengendalian secara teknis memberi keuntungan ganda bagi petani. Yang pertama tanaman padi aman dari gangguan keong mas dan yang kedua memanfaatkan keong mas sebagai pupuk hayati. Untuk mendapatkan manfaat yang kedua, keong mas harus kita olah terlebih dahulu menjadi MOL (Mikro Organisme Lokal).

fungsi MOL keong mas

Cara Membuat MOL Keong Mas


MOL keong mas berfungsi sebagai pupuk hayati, perangsang pertumbuhan dan sebagai pengurai dalam pengomposan. Kandungan auksin pada keong mas berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Selain itu keong mas juga mengandung protein, azotobacter, azospirillium, mikroba pelarut phospat, staphylococcus, pseudomonas, auksin dan enzim yang sangat berguna bagi tanaman. Seperti halnya MOL dari bahan lainnya, MOL keong mas juga dapat digunakan sebagai dekomposer.

Bahan Membuat MOL Keong Mas

1. Keong mas 1 kg (keong mas hidup)
2. Gula merah 2 ons
3. Air kelapa 2 liter

Cara Membuat MOL Keong Mas

1. Keong mas dicincang atau dilumatkan
2. Larutkan gula merah dengan air kelapa
3. Masukkan semua bahan ke dalam jerigen, tutup rapat
4. Fermentasikan selama 2 minggu
5. Buka tutup setiap pagi selama -/+ 5 menit untuk membuang gas yang terbentuk agar tidak meledak

Cara Menggunakan

1. Untuk Penyemprotan ; 300-400 ml MOL keong mas dicampur dengan air bersih 14 liter. Semprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman. Pada tanaman padi penyemprotan dapat dilakukan pada ke 10, 20, 30 dan 40 setelah tanam.
2. Untuk Pembuatan Kompos ; campurkan 1 liter MOL keong mas dengan 5 liter air, tambahkan gula merah 1 ons. aduk sampai larut dan semprotkan atau disiramkan pada bahan kompos.Demikian cara membuat MOL keong mas, semoga bermanfaat…

Baca juga  Pengertian, Manfaat dan Fungsi MOL

Salam mitalom !!!

Loading...