Cara Membuat Media Semai

Membuat Media Semai Untuk Benih Cabe, Tomat dan Terong

Info PraktisApa itu media semai?
Media semai adalah material atau bahan yang digunakan sebagai tempat benih untuk berkecambah dan tumbuh dalam jangka waktu tertentu sampai benih siap dipindah tanam ke lahan. Media semai bisa berupa tanah, campuran tanah dan bahan lain atau non tanah. Media semai yang baik adalah media semai yang steril, gembur, subur, kaya akan unsur hara dan bebas dari cendawan dan bakteri patogen. Tanaman yang biasanya disemai sebelum ditanam kelahan adalah tanaman perdu semusim, misalnya tomat, terong atau cabai.

cara mendinginkan media semai

Membuat Media Semai Untuk Benih Cabe, Tomat dan Terong


Berikut adalah langkah-langkah membuat media semai ;

1. Ambil Tanah yang banyak mengandung humus (tanah subur) secukupnya. Tanah yang paling baik adalah tanah yang diambil dibawah rumpun pohon bambu. Tanah yang digunakan sebaiknya tanah permukaan saja, tanah diambil tidak lebih dari kedalaman 5 cm dari permukaan tanah.

2. Campurkan tanah tersebut dengan arang sekam dan pupuk kandang. Pupuk kandang yang paling baik adalah yang telah diperkaya dengan trichoderma (Tricho Kompos/Tricho Pukan).

3. Perbandingan campuran Tanah : Arang Sekam : Pukan adalah 3 : 2 : 1

4. Dinginkan media semai yang telah dibuat selama 10 – 14 hari.

5. Proses pendinginan dilakukan dengan cara meletakkan media semai ditempat terbuka yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak tersiram air hujan.

6. Setelah 10 – 14 hari media semai siap untuk digunakan. Bisa menggunakan polybag atau non polybag, tergantung selera.

Baca juga :
Cara Membuat Tricho Pukan
Cara Menyemai Benih Cabe

Tanah yang berada dibawah pohon bambu merupakan tanah yang baik untuk media semai maupun media tanam dengan polybag. Karena banyak mengandung bakteri yang menguntungkan bagi tanaman. Namun jika sulit mendapatkannya bisa menggunakan tanah apa saja. Sedangkan penggunaan trichoderma bermanfaat sebagai pencegah terjadinya dumping-Off (rebah semai) akibat cendawan patogen. Dan abu sekam digunakan supaya media semai tetap gembur dan tidak padat sampai benih/bibit siap dipindah tanam.

Baca juga  Manfaat dan Kelebihan Tricho Kompos

Tanah permukaan adalah tanah yang paling banyak mengandung unsur hara daripada tanah yang berada dibawah permukaan. Media semai ini bisa digunakan untuk menyemai benih cabe, terong, tomat atau benih tanaman lainnya. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...