Cara Membuat Larutan Nutrisi AB Mix Yang Benar

Membuat Larutan Nutrisi Hidroponik

Hidroponik – Nutrisi hidroponik atau nutrisi AB Mix ada yang berbentuk cair dan ada juga yang berbentuk padat (serbuk). Disebut AB Mix karena memang terdiri dari nutrisi A dan Nutrisi B yang dikemas secara terpisah. Nutrisi AB Mix cair maupun padat sebenarnya sama saja, hanya sedikit berbeda soal penggunaan, penyimpanan dan distribusinya. Nutrisi cair lebih prakstis digunakan karena bisa langsung dilarutkan dengan air menjadi larutan siap pakai dengan takaran sesuai kebutuhan. Akan tetapi nutrisi cair sedikit repot dalam pendistribusian maupun penyimpanan karena volumenya lebih besar. Sedangkan nutrisi padat (serbuk) volume kemasan lebih kecil sehingga pendistribusian dan penyimpanannya lebih mudah. Namun nutrisi padat (serbuk) harus dilarutkan terlebih dahulu menjadi larutan pekat (larutan induk) sebelum dicampur dengan air menjadi larutan siap pakai.

cara melarutkan nutrisi ab mix

Keterangan pada kemasan nutrisi hidroponik

Sebenarnya setiap produk nutrisi AB Mix sudah dilengkapi dengan panduan secara lengkap tentang cara melarutkan nutrisi hidroponik. Tapi tak apalah, saya tuliskan disini cara melarutkan nutrisi AB Mix, siapa tahu ada yang terbantu dengan informasi ini. Disini saya berikan contoh cara melarutkan nutrisi AB Mix padat (serbuk) untuk 1000 liter dengan ppm 750 (keterangan ini tertera pada setiap kemasan nutrisi AB Mix).

Berikut cara membuat larutan nutrisi hidroponik siap pakai ;

1). Siapkan 2 wadah (ember atau kaleng bekas) dan masing-masing diisi dengan 5 liter air bersih. Gunakan air sumur atau air sungai, jika menggunakan air pam harus diendapkan dulu selama 1 malam. Agar lebih mudah, tandai masing-masing wadah, misalnya wadah A dan wadah B.

2). Isi ember A dengan 4 liter air, buka kemasan nutrisi A yang masih berbentuk serbuk berikut serbuk dalam bungkusan kecil. Setelah larut sempurna tambahkan air hingga larutan menjadi 5 liter. Larutan pekatan A sudah siap.

Baca juga  Cara Menanam Hidroponik

3). Isi ember B dengan 4 liter air, buka kemasan nutrisi B dan masukkan kedalam ember B sambil diaduk sampai larut. Setelah larut tambahkan air hingga larutan menjadi 5 liter. Larutan pekatan B sudah siap.

4). Siapkan 2 buah jerigen ukuran 5 liter yang sudah dicuci bersih, tandai dengan tulisan jerigen A dan jerigen B. Kedua larutan A dan B tersebut disimpan dalam masing-masing jerigen, yaitu jerigen A untuk larutan pekatan A dan jerigen B untuk larutan pekatan B.

Kedua larutan nutrisi A dan larutan nutrisi B diatas adalah larutan yang masih pekat (larutan pekatan) dan belum bisa digunakan. Untuk membuat larutan nutrisi siap pakai, maka larutan pekat tersebut harus diencerkan terlebih dahulu dengan air bersih. Caranya adalah sebagai berikut :

a). Masukkan 5 ml pekatan nutrisi A dalam 1 liter air bersih, aduk sampai rata. Kemudian masukkan 5 ml pekatan nutrisi B, aduk sampai rata. Larutan ini siap untuk digunakan. Jangan mencampur larutan A dan B yang masih pekat, karena akan membentuk gumpalan atau endapan. Nutrisi yang menggumpal / mengkristal tidak bisa digunakan lagi.

b). Jika ingin membuat 5 liter larutan nutrisi siap pakai, maka anda harus malarutkan 25 ml larutan pekat A dan 25 ml larutan pekat B dengan 5 liter air. Begitu seterusnya, intinya setiap 5 ml larutan pekat A dan 5 ml larutan pekat B menghasilkan 1 liter larutan nutrisi siap pakai.

c). Ingat, pada kemasan tertulis untuk 1000 liter dengan ppm 750. Artinya larutan nutrisi yang anda buat seperti pada point a dan poin b sama-sama menghasilkan larutan dengan ppm 750.

d). Jika anda ingin membuat larutan siap pakai dengan ppm 1500 misalnya, anda harus menggunakan takaran dua kalilipatnya. Yaitu 10 ml pekatan A dan 10 ml pekatan B dilarutkan dengan 1 liter air dan akan menghasilkan larutan siap pakai dengan ppm 1500.

Baca juga  Pakcoy Hidroponik Sistem NFT

Catatan :

– Ingat selalu pada saat membeli nutrisi AB Mix untuk membaca dengan seksama keterangan yang tertera pada kemasan.
– Jangan terkecoh dengan harga murah. Biasanya nutrisi AB Mix yang mencantumkan keterangan ppm rendah harganya lebih murah, namun jangan terkecoh karena ketika anda ingin menaikkan ppm penggunaannya jadi boros.
– Keterangan pada kemasan nutrisi AB Mix selain menggunakan satuan ppm ada juga yang menggunakan satuan mS/cm atau EC. 1 mS/cm kurang lebih setara dengan 700 ppm. (Lihat gambar)
– Agar lebih akurat dalam mengukur ppm atau EC, sebaiknya menggunakan alat yang disebut TDS Meter dan EC Meter.

Demikian cara membuat larutan pekatan dan larutan nutrisi AB Mix siap pakai, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...