Cara Membuat Arang Sekam Yang Benar

Membuat Arang Sekam

Info Praktis – Sekam merupakan kulit terluar dari bulir padi yang juga disebut merang atau cangkang padi. Awalnya sekam padi sering dianggap limbah yang tidak memiliki manfaat. Oleh karena itu di pabrik penggilingan padi sekam hanya dibakar begitu saja. Padahal sekam padi memiliki banyak manfaat bagi manusia, terutama dalam bidang pertanian. Arang sekam memiliki sifat yang porous dan ringan sehingga baik digunakan untuk menggemburkan tanah yang padat. Beberapa jenis tanah memiliki sifat mudah padat dan kurang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman, untuk membuatnya gembur maka perlu dicampur dengan arang sekam. Selain itu arang sekam juga populer digunakan sebagai media tanam hidroponik, campuran pembuatan pupuk kompos, pembuatan pupuk bokashi dan sebagai media semai tanaman hidroponik. Arang sekam sering juga digunakan sebagai campuran media tanam dalam polybag. Sebagaimana kita ketahui bahwa media tanam dalam polybag akan mudah padat dan menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu.

Cara Membuat Arang Sekam

Membuat Arang Sekam


Arang sekam yang baik adalah arang sekam yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna, yaitu pembakaran yang tidak membuat sekam menjadi abu. Untuk mendapatkan arang sekam yang baik tidaklah sulit dan hanya memerlukan teknik pembakaran sederhana dan mudah. Memang sekarang ini mudah sekali memperoleh arang sekam siap pakai, karena sudah banyak dijual terutama di toko-toko yang menyediakan perlengkapan hidroponik. Namun jika ditempat anda banyak tersedia sekam padi, anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Dengan membuat arang sekam sendiri anda bisa menghemat pengeluaran atau biaya. Harga arang sekam siap pakai memang tidak mahal, tetapi dengan membuatnya sendiri tentu lebih murah.

Ada dua cara membuat arang sekam yang benar, yaitu sebagai berikut ;

Baca juga  Membuat Media Tanam Dalam Polybag

1. Cara Pertama

Cara pertama adalah membakar arang sekam dengan cerobong. Cara ini cocok diaplikasikan jika anda membuat arang sekam dalam jumlah yang banyak. Dalam membuat arang sekam dengan cara ini ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain sebagai berikut ;

a. Seng bekas atau kaleng bekas
b. Palu/martil dan paku
c. Tempurung kelapa dan sabut kelapa
d. Sprayer dan air

Cara membuat :

a. Seng bekas dilubangi dengan paku, buat lubang dengan jarak 3 x 3 cm pada seluruh permukaan seng.

b. Gulung seng tersebut sehingga membentuk silinder (cerobong) dengan diameter 25 – 30 cm dan ikat menggunakan kawat. Atau bisa juga menggunakan beberapa kaleng bekas yang sambung dan diikat dengan kawat.

c. Tinggi atau panjang cerobong disesuaikan dengan banyaknya sekam yang akan dibakar. Semakin banyak sekam maka semakin panjang pula cerobong yang dibutuhkan.

d. Sabut kelapa dan tempurung dibakar, kemudian letakkan cerobong diatasnya dengan posisi berdiri sehingga api pembakaran berada didalamnya.

e. Sekam dituangkan disekeliling cerobong hingga membentuk seperti gunung, usahakan cerobong berada tepat ditengah-tengah. Cerobong ini berguna untuk melindungi sekam agar tidak terbakar secara langsung.

f. Beberapa saat kemudian sekam yang berada dipuncak gundukan akan menghitam. Jika terdapat sekam yang belum terbakar naikkan sedikit demi sedikit keatas dekat cerobong. Lakukan sampai sekam manjadi arang seluruhnya.

g. Jika sekam sudah menghitam seluruhnya, segera semprotkan air menggunakan sprayer. Hal ini bertujuan untuk mematikan api yang masih menyala dan mencegah arang menjadi abu.

h. Jika sudah dingin arang sudah jadi dan siap untuk digunakan.

j. Sebelum membakar sekam sebaiknya pilihlah tempat yang jauh dari pemukiman. Sebab pembakaran sekam tersebut akan menghasilkan asap yang sangat mengganggu.

2. Cara Kedua

Cara Yang Benar Membuat Arang Sekam

Membuat arang sekam dengan cara disangrai


Cara kedua adalah dengan menyangrai sekam pada wajan atau kuali bekas. Cara ini cocok diplikasikan jika anda membuat arang sekam dalam jumlah yang sedikit. Caranya sangatlah sederhana, yaitu dengan meletakkan wajan diatas tungku atau kompor kemudian masukkan sekam. Selama proses menyangrai, sekam terus dibolak-balik agar sekam menjadi arang seluruhnya. Cara ini akan menghasilkan arang sekam yang sempurna dan sangat baik, karena sekam akan menjadi arang dan tidak ada yang menjadi abu sedikitpun.

Baca juga  Menanam Jagung Di Atap Rumah, Kenapa Tidak?

Demikian cara membuat arang sekam yang baik dan benar, silahkan anda memilih sendiri cara mana yang akan anda gunakan. Tentunya anda memilih salah satu diantara kedua cara diatas disesuai dengan kebutuhan dan banyaknya sekam yang anda miliki. Cara pertama yaitu pembakaran dengan cerobong bisa digunakan jika sekam yang akan dibakar banyak. Sedangkan jika kebutuhan arang sekam sedikit, maka gunakanlah cara yang kedua. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...