Beragam Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Anda Ketahui

Beragam Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Anda Ketahui

manfaat daun kelor bagi kesehatan

Daun Ajaib : Beragam Manfaat Daun Kelor

Tanaman Obat – Daun kelor memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, tak heran jika daun kelor dijuluki “Daun Ajaib”. Namun demikian masih banyak juga yang belum mengetahui tantang pentingnya mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor adalah tanaman mudah tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia. Tanaman kelor bisa diperbanyak dengan biji atau dengan cara stek. Tanaman ini mudah untuk dibudidayakan karena tidak memerlukan perawatan khusus. Beragam zat yang terkandung dalam daun kelor seperti antioksidan, asam amino, magnesium, nitrisi, vitamin A dan kalsium sangat berguna bagi tubuh.

Beberapa manfaat penting daun kelor bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah ;

1. Mengobati Penyakit Reumatik

Daun kelor bermanfaat untuk mengobati reumatik, nyeri dan pegal linu.
Caranya :
2-3 tangkai daun kelor ditumbuk dengan 1/2 sendik kapur sirih. Tumbuk hingga halus lalu oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit atau nyeri.

2. Mengobati Alergi atau Biduran

Untuk mengobati alergi, ambil 2-3 tangkai daun kelor dan 1 siung bawang putih.

Caranya ; Rebus daun kelor dan bawang putih dengan 3 gelas air hingga air hanya tersisa 2 gelas. Saring dan setelah dingin minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Mengobati Sakit Mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada daun kelor bermanfaat untuk kesehatan mata.
Untuk mengobati sakit mata, tumbuk daun kelor hingga halus. Kemudian diaduk dengan air secukupnya. Saring ramuan tersebut dan tetskan pada mata yang sakit.

4. Mengobati Rabun Senja / Rabun Ayam

Ambil 3 tangkai daun kelor dan diseduh dengan 1 gelas air masak. Saringlah ramuan tersebut supaya terpisah dari ampasnya. Kemudian tambahkan madu dan diminum setiap malam sebelum tidur.

5. Mengobati Luka Bernanah

Caranya ; tumbuk daun kelor hingga halus kemudian diremas supaya cairannya keluar. Cara menggunakannya tempelkan tumbukan daun kelor tersebut pada bagian yang luka.

6. Mengobati Cacingan

Untuk mengobati cacingan 3 tangkai daun kelor direbus dengan 1 genggam daun cabe dan 1-2 batang meniran. Rebus dengan 2 gelas air hingga matang dan tersisa 1 gelas. Rebusan tersebut disaring kemudian dinginkan lalu diminum.

Demikianlah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan. Semoga bermanfaat…..

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...