Bakterisida dan Moluskisida

Tentang Bakterisida dan Moluskisida

Pestisida – Berdasarkan hama sasaran atau OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) pestisida digolongkan menjadi beberapa jenis. Dua diantaranya adalah bakterisida dan moluskisida. Dua jenis pestisida ini memang terasa asing ditelinga kita, karena memang tidak begitu populer dan jarang digunakan. Bahkan mungkin diantara kita ada yang sama sekali belum tahu tentang bakterisida dan moluskisida. Padahal dua jenis pestisida ini juga memiliki peran penting dalam membantu petani memberantas hama tanaman. Dipasaran memang tidak banyak beredar produk bakterisida maupun moluskisida, mungkin ini penyebabnya sehingga keduanya tidak setenar fungisida dan akarisida.

Pengertian Bakterisida & Moluskisida

Apa itu bakterisida ?
Bakterisida adalah jenis pestisida yang dibuat dan digunakan secara spesifik untuk mengendalikan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh bakteri. Bakterisida antara lain dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit layu bakteri, busuk bakteri, kerak bakteri, hawar daun bakteri, bercak bakteri, bakterial speck dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri lainnya.

Bakterisida

Contoh produk bakterisida


Contoh produk bakterisida antara lain ;
Agrept (Bahan aktif Streptomisin Sulfat)
Agrimycin (Bahan aktif Streptomisin Sulfat dan Oksitetrasiklin)
Bactoxyn (Bahan aktif Oksitetrasiklin)
Plantomycin (Bahan aktif Streptomisin Sulfat)
Kuproxat (Bahan aktif Tembaga Oxysulfat)
* Kuproxat adalah fungisida yang sekaligus berfungsi sebagai bakterisida.

Apa yang dimaksud dengan moluskisida ?

Moluskisida adalah jenis pestisida yang secara khusus dibuat dan digunakan untuk mengendalikan hama tanaman jenis moluska. Yang termasuk hama moluska antara lain bekicot, keong, trisipa, janggel dan lintah. Produk moluskisida biasanya berbentuk butiran seperti pasir. Cara penggunaan moluskisida bukan dilakukan dengan penyemprotan seperti menggunakan pestisida pada umumnya, tetapi moluskisida diaplikasikan dengan cara ditaburkan pada sekitar tanaman.
Moluskisida

Contoh produk moluskisida


Contoh produk moluskisida antara lain ;
Siputox (Bahan aktif Metaldehyde)
Toxiput (Bahan aktif Metaldehyde)

Demikian sedikit tentang bakterisida dan moluskisida, semoga bermanfaat…

Baca juga  Daftar Insektisida Yang Direkomendasikan Untuk Tanaman Bawang Merah

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...