Bahan Alami Yang Mengandung Hormon Tumbuhan (ZPT)

ZPT Dari Bahan Alami

Artikel – Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) berperan sebagai perangsang, pemacu, atau menghambat pertumbuhan tanaman. Seperti kita ketahui bahwa, ZPT memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Walaupun ZPT diperlukan dengan konsentrasi kecil namun peran ZPT sangat dibutuhkan.Seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan ilmu pengetahuan, saat ini sudah banyak tersedia produk-produk ZPT. Baik itu produk ZPT murni maupun produk pestisida yang dilengkapi dengan ZPT. Sehingga petani tidak lagi kesulitan untuk memperoleh produk ZPT.

membuat zpt dengan bahan alami

Bahan – Bahan Alami Yang Mengandung Hormon Tumbuhan atau ZPT


Dari hasil penelitian yang terus dilakukan hingga sekarang, diketahui ada beberapa bahan-bahan alami yang mengandung ZPT. Beberapa ZPT dari bahan alami tersebut ada yang langsung bisa diaplikasikan ketanaman dan ada juga yang memerlukan proses fermentasi.

Beberapa bahan alami yang telah diketahui mengandung ZPT antara lain :

1. Bawang Merah
2. Rebung Bambu
3. Bonggol Pisang
4. Taoge
5. Tomat
6. Air Kelapa
7. Enceng Gondok
8. Urin Sapi, Kambing, Kelinci dll
9. Bekicot dan Keong Mas
10. Jagung Muda
11. Paku/Pakis dan Jamur

Berikut uraian kandungan hormon tumbuhan (ZPT) pada bahan-bahan alami tersebut :

1. Bawang Merah

Bawang merah mengandung hormon auksin dan giberelin. Salah satu fungsi auksin dan giberelin adalah merangsang pertumbuhan akar dan merangsang proses perkecambahan biji (memecah dormansi biji)

2. Rebung Bambu

Rebung bambu mengandung hormon giberelin. Jenis bambu yang paling banyak mengandung giberelin adalah bambu tali. Sebaiknya pengambilan rebung dilakukan pada pagi hari sebelum jam 06.00 atau sebelum matahari terbit.

3. Bonggol Pisang

Hormon tumbuhan pada bonggol pisang adalah sitokinin. Bonggol pisang yang baik adalah yang dari pohon pisang yang baru ditebang. Pengambilan bonggol pisang sebaiknya dilakukan pada sore hari.

Baca juga  Membuat ZPT Alami Menggunakan Bawang Merah

4. Taoge

Ekstrak taoge banyak mengandung hormon auksin.

5. Tomat

Berdasarkan penelitian terbaru, ekstrak buah tomat dapat digunakan sebagai ZPT. Ekstrak buah tomat mengandung auksin, sitokinin dan giberelin.

6. Air Kelapa

Air kelapa mengandung Sitokinin, sitokinin, giberelin, mineral dan senyawa organik lain, seperti 1,3 dipheniluea, zaetin, zeatin glukosida dan zeatin ribosida.

7. Enceng Gondok

Akar enceng gondok banyak mengandung hormon giberelin, protein dan karbohidrat

8. Urin Sapi, Kambing, Kelinci dll

Urin sapi, kambing, kelinci diketahui selain mengandung nitrogen juga mengandung hormon auksin

9. Bekicot & Keong Mas

Salah satu sumber auksin alami adalah bekicot dan keong mas.

10. Jagung Muda

Biji jagung yang masih muda mengandung hormon giberelin dan sitokinin

11. Paku/Pakis dan Jamur

Giberelin alami juga banyak terdapat pada tumbuhan paku-pakuan dan jamur.

Baca juga : Cara Membuat ZPT Lengkap

Itulah beberapa bahan alami yang mengandung hormon tumbuhan atau ZPT. Untuk proses dan cara pembuatan ZPT alami menggunakan bahan-bahan tersebut akan saya bahas dilain kesempatan.
Dan bagi yang ingin tahu tentang fungsi dari setiap jenis hormon tanaman silahkan baca : Apa Itu Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) ? Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...