Anda Ingin Buah Yang Sehat? Kenali Kode Angka Pada Buah Tersebut

Kode Buah Organik dan Buah Non Organik

Artikel – Pernahkah anda melihat kode angka yang menempel pada buah yang anda beli atau ingin anda beli? Tentu saja anda melihatnya setiap kali anda bertemu dengan buah-buah tersebut. Biasanya buah-buahan yang berlabel dan memiliki kode angka adalah buah impor, walaupun tidak semua buah impor memiliki label dan kode angka. Kode angka tersebut menginformasikan tentang buah tersebut, yakni nama buah, cara perlakuan budidaya serta info buah tersebut apakah organik atau non organik.

Kode Angka Pada Buah

Makna dan Arti Kode Angka Pada Buah


Tentu saja konsumen banyak yang membaca kode angka yang tertera pada buah tersebut, namun jarang yang memperhatikan makna dari kode-kode angka tersebut. Padahal arti kode angka tersebut sangat penting untuk diketahui. Semestinya konsumen menyadari akan hal ini, sebab pengetahuan tentang kode angka pada buah sangat penting agar anda terhindar mengkonsumsi buah yang tidak sehat. Jika anda mengetahui maknanya, kode angka tersebut sebenarnya adalah panduan bagi anda saat membeli buah. Dengan membaca kode angka, anda bisa mengetahui apakah buah tersebut organik atau non organik.

Untuk mengetahui arti dari angka-angka tersebut, perhatikan tabel beberapa contoh kode angka yang menempel pada buah-buahan berikut :

Arti Kode Angka Pada Buah
Kode Angka Arti Kode
3017 Pears – Konvensional – Non Organik
4454 Jeruk – Konvensional – Non Organik
84032 Melon/Semangka – Konvensional – Non Organik – Modifikasi Genetis
84011 Pisang – Konvensional – Non Organik – Modifikasi Genetis
94011 Pisang – Organik
93308 Melon/Semangka – Organik

Kode angka yang tertera pada label biasanya terdiri dari 4 dan 5 angka dengan kombinasi tertentu. Tentu tidak akan mudah untuk mengingat dan menghafal kombinasi angka – angka tersebut. Lalu bagamana caranya agar mudah mengetahui arti kode angka tersebut?

Baca juga  HATI-HATI !! Memasak dengan 3 Cara ini Ternyata Bisa Memicu Kanker

Nah, agar anda mudah mengenalinya anda hanya perlu mengingat tiga hal sederhana berikut ini :

1. Empat angka : konvensional, non organik
2. Lima angka (dimulai angka 8) : konvensional, non organik, modifikasi genetis
3. Lima angka (dimulai angka 9) : Organik

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa buah yang paling sehat adalah buah yang memiliki kode 5 angka yang dimulai dengan angka 9. Sedangkan buah dengan kode 5 angka yang dimulai dengan angka 8 dan buah dengan kode 4 angka adalah buah yang tidak sehat, karena mengandung residu pestisida dan dibudidayakan dengan pupuk berbasis petroleum.

Perlu diingat bahwa :
Konvensional : artinya dibudidayakan dengan pupuk berbasis petroleum dan pestisida kimia.
Modifikasi Genetis : artinya buah tersebut tidak alami atau telah direkayasa.

Demikian tentang arti dan makna kode angka pada buah-buahan yang beredar dipasaran. Anda harus jeli memilih buah dan membaca kode yang tertera agar anda terhindar dari buah-buahan yang tidak sehat dan mengandung bahan kimia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi panduan anda dalam memeilih buah yang ingin anda beli. Silahkan share keteman-teman anda jika anda merasa tulisan ini bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...