8 Manfaat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Buah semangka adalah salah satu buah daerah tropis dari keluarga Cucurbitaceae yang berasa manis dan banyak mengandung air. Buah semangka sangat cocok dinikmati saat cuaca panas karena banyak mengandung air dan menyegarkan. Buah semangka selain dikonsumsi sebagai pencuci mulut, ternyata juga memiliki segudang manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Buah semangka dapat dinikmati secara langsung maupun dibuat jus, bijinya juga bisa dimanfaatkan sebaga bahan baku kuaci.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Semangka


KANDUNGAN GIZI DAN NUTRISI

Buah semangka banyak mengandung air yaitu terdiri dari 91% air dan 6% zat gula. Buah semangka juga banyak mengandung vitamin antara lain vitamin A, B1, B6 dan vitamin C. Buah semangka juga mengandung asam spantotenik, potasium, magnesium, asam amino sitrulin, kalium, biotin dan tembaga. Selain itu, semangka juga mengandung pigmen warna karotenoid dalam jumlah besar, terutama likopen dan betakaroten. Kandungan karotenoid dan antioksidan polifenol akan semakin meningkat saat buah semangka masak.

MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK KESEHATAN

1. Sebagai Anti Radang

Mengkonsumsi buah semangka dapat menurunkan resiko dan mencegah peradangan. Kandungan likopen, betakaroten dan cucurbitacin E yang ada pada buah semangka mampu menghambat aktifitas enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang mengandung nitrogen. Senyawa-senyawa tersebut mampu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin A pada buah semangka membantu merawat membran mukosa agar kuman tidak mudah menyerang tubuh. Sementara vitamin C berperan untuk menjaga produksi protein pembunuh kuman dan virus. Sehingga kombinasi vitamin A dan vitamin C sangat dibutuhkan dalam menjaga imunitas tubuh kita.

3. Mencegah Kaku Pada Otot

Baca juga  Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Sitrulin yang diubah menjadi arginin oleh ginjal berperan penting dalam memperlancar peredaran darah. Sehingga mengkonsumsi jus semangka dapat mencegah terjadinya otot kaku setelah olahraga atau kerja berat.

4. Mengatasi Masalah Pria

Sitrulin yang terdapat pada buah semangka mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi buah semangka secara alami dapat meningkatkan kemampuan ereksi pria. Sitrulin lebih banyak terdapat pada kulit buah daripada yang terdapat pada daging buah. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Samuel Oetoro SpGK, bahwa sitrulin dalam buah semangka memiliki efek sama seperti viagara. Penelitian serupa juga dilakukan oleh para peneliti di Universitas Texas A&M, US dengan hasil yang sama.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalium pada buah semangka dapat mempertahankan kalsium dalam tulang. Penelitian juga menunjukkan likopen pada semangka sangat baik untuk kesehatan tulang.

6. Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Buah semangka bersifat diuretik karena kandungan sitrulin dapat meningkatkan jumlah urin yang keluar dari tubuh. Kalium pada semangka juga mampu meluruhkan racun agar larut dan keluar bersama urin sehingga membuat ginjal terbebas dari racun dan lebih sehat.

7. Menurunkan Resiko Tekanan Darah Tinggi, Serangan Jantung, dan Stroke

Potasium pada buah semangka mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi buah semangka mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke. Likopen dan kalium dalam semangka juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan vitamin A dan C membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Kandungan sitrulin pada semangka yang diubah menjadi arginin oleh ginjal juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penimbunan lemak dalam sel.

8. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Kandungan likopen, beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin berperan sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan tersebut dapat mencegah kanker mulut rahim, payudara, usus besar, endometrial, prostat, pankreas dan paru-paru. Likopen pada semangka jauh lebih tinggi daripada buah tomat, yaitu 4532 mikro gram sedangkan tomat hanya 2573 mikro gram setiap 100 gramnya. Likopen pada semangka sangat stabil walaupun sudah dipotong dan disimpan dalam kulkas hingga 1 minggu. Kandungan vitamin A dan vitamin C juga merupakan antioksidan alami yang mampu mencegah kuman dan virus.

Baca juga  Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma

Meskipun memilik banyak manfaat, mengkonsumsi buah semangka juga tidak boleh berlebihan. Terutama bagi penderita tekanan darah rendah, karena mengkonsumsi buah semangka mampu menurunkan tekanan darah dalam waktu yang relatif cepat. Demikian tentang kandungan gizi dan vitamin pada buah semangka, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...