8 Khasiat BAWANG DAYAK Untuk Stamina Vitalitas Pria dan untuk Wanita Menyusui

Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria dan Wanita

8 Manfaat BAWANG DAYAK untuk Obat Kuat PriaTanaman ObatBawang Hantu atau BAWANG DAYAK dikenal dengan berbagai macam nama sebutan, diantaranya Bawang Hutan, Bawang Berlian, Bawang Arab, Bawang Kambe atau Bawang Sabrang. Tanaman herbal asli Kalimantan ini sekilas mirip dengan tanaman bawang merah, terutama bagian umbinya yang berlapis dan berwarna merah seperti brambang. Perbedaan mencolok terletak pada bentuk daun, aroma dan rasa umbinya. Nama bawang dayak mengacu pada suku asli dimana tanaman ini berasal, yaitu Kalimantan. Belakangan ini tanaman bawang dayak lagi naik daun dan banyak diburu masyarakat untuk digunakan sebagai bahan obat herbal. Bagi masyarakat lokal Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah, bawang dayak sudah lama dikenal dan digunakan sebagai obat secara turun temurun. Namun masyarakat di luar Pulau Kalimantan banyak yang belum mengetahui khasiat dari bawang hantu ini. Bahkan banyak juga yang belum tahu wujud atau bentuk tanaman ini. Khasiat dan manfaat bawang dayak terletak pada bagian umbinya, umbi bawang dayak inilah yang dikonsumsi sebagai obat herbal.

8 Manfaat dan Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria dan Wanita

Bawang dayak diketahui memeiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, baik bagi pria maupun wanita. Diantara khasiat bawang dayak adalah meringanan penyakit vertigo. Manfaat bawang dayak lainnya adalah sebagai obat diabetes, mengatasi hipertensi, menurunkan kolesterol, mengatasi stroke, mengatasi sembelit dan masih banyak lagi. Khusus untuk pria, khasiat bawang dayak diantaranya adalah menigkatkan stamina dan vitalitas. Berikut ini beberapa khasiat bawang dayak untuk pria dan wanita ;

1.    Manfaat Bawang Dayak untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Mengkonsumsi bawang dayak dapat membantu meringankan masalah sakit pinggang. Dimana masalah sakit pinggang sering dialami pria dewasa yang memiliki aktifitas atau pekerjaan yang berat, terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri. Sakit pinggang merupakan masalah serius bagi pria dewasa, sebab sakit punggang dapat mengganggu aktivitas seksual. Dengan mengkonsumsi bawang dayak secara rutin, masalah sakit pinggang dapat diatasi sehingga aktivitas seksual pria dewasa dapat berjalan dengan baik.

Baca juga  44 Khasiat BAWANG DAYAK untuk Diabetes, Menambah Vitalitas Pria dan Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

2.    Manfaat Bawang Dayak untuk Meningkatkan Stamina

Bawang dayak mengandung berbagai macam senyawa yang salah satunya berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan berperan dalam menagkal radikal bebas atau zat-zat racun didalam tubuh. Selain menetralkan zat racun juga berperan dalam menormalkan metabolisme tubuh sehingga akan meningkatkan energi tubuh dalam berkatifitas. Sehingga secara tidak langsung mengkonsumsi bawang dayak bermanfaat dalam meningkatkan stamina pria.

3.    Manfaat Bawang Dayak untuk Mengatasi Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang dalam kelenjar kecil dipanggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi (prostat). Penyakit ini berpengaruh terhadap produksi dan kualitas sperma, dan menurunkan gairah seksual pada pria. Mengkonsumsi bawang dayak, baik segar maupun dalam bentuk olahan seperti pil dan serbuk diketahui dapat membantu mencegah kanker prostat.

4.    Khasiat Bawang Dayak Bagi Wanita

Tidak hanya bagi pria, khasiat dan manfaat bawang dayak juga dapat dirasakan oleh wanita. Khasiat bawang hantu bagi wanita antara lain dapat mengatasi keputihan, melancarkan ASI bagi ibu menyusui, membantu mencegah kanker rahim dan kista.

Kandungan Senyawa Bawang Dayak

Tanaman bawang dayak khususnya pada umbi memiliki kandungan fitokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial untuk dikembangkan sebagai tanaman obat modern dalam kehidupan manusia. Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Bahkan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki
aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba. Sedangkan kandungan tanin yang ada dapat digunakan sebagai obat sakit perut.

Baca juga  7 Macam Obat Alami Keputihan

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

Cara mengkonsumsi bawang dayak tidak sulit, bahkan bisa dimakan langsung ketika masih segar. Bawang dayak juga bisa dioalh sebagai manisan. Jika tidak sanggup untuk mengkonsumsinya secara langsung, bawang dayak bisa direbus kemudian diminum air rebusannya. Caranya dengan mengambil beberapa umbi bawang dayak yang sudah cukup tua (lebih baik ketika baru muncul bunga), kemudian dicuci hingga bersih. Umbi bawang dayak diiris tipis dan direbus menggunakan air bersih selama beberapa menit. Jangan direbus terlalu lama karena dikhawatirkan akan menghilangkan zat dan senyawa yang terdapat didalamnya. Minum air rebusan tersebut selagi hangat dua kali dalam sehari. Bawang dayak juga dapat dikonsumsi dalam bentuk serbuk atau pil. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...