7 Macam Obat Alami Untuk Mengatasi Pegal Linu

Obat Alami Untuk Pegal Linu

Tanaman Obat – Anda pernah mengalami pegal linu ? Tentu saja pernah, setiap orang pernah mengalami pegal linu. Pegal linu adalah suatu kondisi dimana otot-otot tubuh dalam keadaan tegang dan menyebabkan tubuh terasa capek, lelah, sakit atau pegal-pegal. Pegal linu merupakan penyakit ringan yang bisa menyerang siapa saja, baik orang tua maupun orang muda. Pegal linu timbul karena aktifitas sehari-hari seperti bekerja dan rutinitas lainnya, sehingga menyebabkan rasa capek, kelelahan dan badan terasa pegal. Meskipun termasuk penyakit ringan, pegal linu cukup membuat badan terasa tidak nyaman.

Obat Alami Pegal Linu

Gambar bahan alami obat pegal linu


Pada umumnya mengatasi pegal linu dengan minum jamu atau pijat. Dengan pemijatan otot-otot yang tegang akan mengendur dan rileks, sehingga rasa lelah dan capek akan hilang dan membuat badan lebih segar. Jarang sekali orang pergi ke dokter untuk mengatasi penyakit ini, karena memang bukan merupakan penyakit berat. Cara mengatasinya pun cukup simpel dan murah, hanya dengan pemijatan atau urut pegal linu segera hilang. Namun jika anda ingin mencoba cara lain untuk mengatasi pegal linu, cobalah 7 jenis buah dan bumbu dapur dibawah ini.

1. Kopi

Jika tubuh anda merasa lelah dan pegal-pegal, cobalah untuk meminum kopi. Zat-zat yang terkandung dalam kopi selain menghilangkan rasa ngantuk juga berkhasiat untuk mengurangi pegal-pegal. Meminum kopi bisa membuat otot-otot yang tegang menjadi rileks, menghilangkan rasa lelah, mengurangi pegal-pegal dan membuat badan terasa lebih segar.

2. Oatmeal

Apa itu oatmeal? Oat meal merupakan bahan makanan sejenis sereal yang beraroma gurih seperti susu atau gandum. Oat meal kaya akan magnesium yang bermanfaat untuk mengendurkan otot yang tegang, mengurangi rasa lelah dan menghilangkan pegal linu. Oatmeal juga baik dikonsumsi oleh wanita karena dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi akibat kram otot.

Baca juga  Tanaman Obat Asam Urat

3. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma tajam dan menyengat, sehingga tidak usah heran jika ada sebagian orang yang tidak menyukainya. Padahal bawang Putih memiliki khasiat untuk mengatasi pegal-pegal. Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu menghancurkan bawang merah dan dicampur dengan minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang sakit.

4. Ceri

Buah mungil ini ternyata berkhasiat untuk meringankan pegal linu. Cobalah untuk mengkonsumsi buah ceri ketika anda mengalami pegal linu. Setelah mengkonsumsi buah ceri, rasa lelah dan pegal linu berangsur-angsur akan berkurang. Kandungan zat pada buah ceri juga berkhasiat untuk membantu mengobati asam urat. Jika anda menderita penyakit asam urat, cobalah sesering mungkin mengkonsumsi buah ceri.

5. Jahe

Jahe termasuk tanaman obat dan bukan rahasia lagi jika jahe sudah banyak digunakan untuk mengatasi bermacam-macam gangguan kesehatan. Jahe memiliki efek hangat jika dikonsumsi dan bermanfaat untuk membuat otot-otot lebih rileks. Jika badan anda terasa pegal-pegal anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi jahe. Jahe berkhasiat untuk meringankan nyeri otot, nyeri sendi dan pegal linu. Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan membuat minuman jahe atau dengan cara lain sesuai selera anda.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan omega 3. Omega 3 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi pegal linu. Mengkonsumsi ikan salmon akan membuat tubuh anda lebih rileks, lebih segar dan terbebas dari pegal-pegal. Ikan salmon juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada penderita reumatik.

7. Jeruk

Mengkonsumsi buah jeruk diketahui dapat mengurangi rasa lelah dan pegal-pegal. Zat-zat yang terkandung pada jeruk mampu membuat otot lebih rileks. Selain itu kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat dalam mencegah infeksi dan mengurangi resiko inflamasi didalam sendi.

Baca juga  Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Itulah beberapa jenis bahan makanan yang berkhasiat untuk mengurangi pegal linu, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...