7 Macam Obat Alami Keputihan

Obat Alami Penyakit Keputihan

Tanaman Obat – Apa itu keputihan ? Keputihan adalah suatu maslah kesehatan yang hanya dialami oleh kaum hawa. Keputihan menyebabkan timbulnya gatal-gatal dan bau yang tidak sedap pada organ kewanitaan. Wanita yang menderita keputihan juga mengalami rasa tidak nyaman dan rasa percaya diri yang rendah. Keputihan (Flour Albus) merupakan indikasi gejala penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Keputihan bisa terjadi pada hampir semua kaum wanita, baik wanita muda maupun ibu-ibu hamil. Gejala keputihan ditandai dengan keluarnya cairan dari organ kewanitaan berwarna kekuning-kuningan, bisa cair maupun kental. Keputihan dibedakan menjadi dua, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan normal (fisiologis) adalah jenis keputihan yang tidak berbahaya, akan tetapi menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal-gatal pada organ kewanitaan. Sedangkan keputihan abnormal (patologis) adalah jenis keputihan yang harus anda waspadai, sebab jika dibiarkan akan menimbulkan infeksi dan gangguan serius pada organ kewanitaan anda.

Tanaman Obat Keputihan

Obat tradisional penyakit keputihan


Nah, jika anda kaum hawa mengalami keputihan normal (fisiologis) anda tidak perlu cemas. Keputihan fisiologis ditandai dengan ciri-ciri antara lain ; vagina mengeluarkan cairan yang berlebihan, tidak menyebabkan gatal-gatal, cairan berwarna bening dan tidak berbau amis. Meskipun tidak berbahaya, ada baiknya jika anda memperhatikan maslah ini. Karena jika dibiarkan bisa jadi akan timbul masalah yang lebih serius. Jika keputihan yang anda alami sudah menimbulkan rasa gatal-gatal, cairan berwarna kecoklatan, kuning pekat, hijau atau bercampur darah dan berbau tidak sedap sudah saatnya anda mencari solusi untuk mengatasinya. Sebab jika gejala tersebut muncul, berarti anda mengalami keputihan patologis (abnormal). Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis atau menggunakan obat-obatan alami untuk mengatasinya. Ada beberapa jenis tanaman yang terbukti ampuh mengatasi keputihan, antara lain sebagai berikut ;

Baca juga  44 Khasiat BAWANG DAYAK untuk Diabetes, Menambah Vitalitas Pria dan Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

1. Akar Bayam

Mulai sekarang jika anda mengalami keputihan, simpan akar bayam yang biasanya dianggap sampah. Akar bayam yang sering anda buang saat memasak ternyata bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Akar bayam diketahui mengandung zat anti bakteri yang kuat yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada organ kewanitaan. Caranya cukup mudah, ambil akar bayam secukupnya kemudian cuci dengan air mengalir hingga bersih. Buatlah akar bayam tersebut menjadi jus dan diminum 2 x sehari secara teratur. Lakukan sampai keputihan anda sembuh.

2. Akar Mawar

Tanaman bunga mawar selain berfungsi sebagai tanaman hias juga berkhasiat dalam pengobatan tradisional. Obat herbal bunga mawar yang umum digunakan adalah untuk perawatan wajah. Namun tahukah anda jika akar bunga mawar juga bermanfaat untuk mengobati keputihan? Akar mawar diketahui berkhasiat menghilangkan rasa gatal akibat keputihan. Caranya sangat sederhana, ambil akar mawar secukupnya dan cucilah hingga bersih. Kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Setelah dingin (hangat kuku) minumlah air rebusan akar mawar tersebut. Lakukan dua kali dalam sehari secara teratur.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu umbi tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang putih dikenal memiliki berbagai macam khasiat untuk pengobatan tradisonal dan obat herbal. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatasi keputihan. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat kuat yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi pada organ kewanitaan. Gunakan air bawang putih untuk membersihkan area organ kewanitaan anda. Atau dengan meletakkan potongan bawang putih pada organ kewanitaan anda sebelum tidur, dan biarkan sampai pagi.

4. Ketumbar

Salah satu bumbu masakan selain bawang putih yang memiliki khasiat pengobatan adalah ketumbar. Ketumbar yang biasanya anda gunakan untuk memasak bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Caranya dengan merendam ketumbar secukupnya menggunakan air hangat. Biarkan selama satu malam, dan ketika anda bangun tidur minumlah air rendaman ketumbar tersebut. lakukan secara teratur dan ingat minumlah air rendaman ketumbar tersebut saat perut anda masih kosong.

Baca juga  Kandungan Senyawa dan Manfaat Jahe Merah

5. Kunyit

Manfaat dan khasiat kunyit sebagai obat herbal sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali khasiat kunyit untuk pengobatan tradisonal dan menyembuhkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Salah satunya adalah khasiat kunyit untuk mengobati keputihan. Kunyit diketahui mengandung zat anti bakteri alami yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan menyembuhkan infeksi organ kewanitaan. Caranya ambil 2 potong kunyit seukuran ibu jari, daun beluntas secukupnya, asam jawa secukupnya dan gula aren secukupnya. Cucilah semua bahan terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Saring dan dinginkan, minumlah 1 gelas satu hari.

6. Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang sudah umum digunakan untuk merawat organ kewanitaan. Daun sirih memiliki sifat anti bakteri yang berkhasiat menyembuhkan keputihan. Ambil beberapa lembar daun sirih segar, kemudian rendam dengan air hangat secukupnya. Rendam daun sirih tersebut selama 3 – 4 jam. Setelah dingin, gunakan air rendaman daun sirih tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan anda. Lakukan secara teratur agar keputihan anda cepat sembuh.

7. Biji Mangga

Biji mangga yang sering anda buang ternyata memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk keputihan. Caranya dengan menjemur biji mangga hingga benar-benar kering. Setelah kering tumbuk biji mangga tersebut hingga menjadi seperti tepung. Campurkan bubuk biji mangga secukupnya dengan sedikit air. Buat campuran hingga menjadi seperti cream, tidak kental dan tidak juga encer. Oleskan cream biji mangga tersebut pada organ lewanitaan anda. Lakukan secara teratur agar anda cepat terbebas dari keputihan.

Demikianlah 7 jenis bahan alami atau tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi keputihan. Selain menggunakan obat alami tersebut, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan anda. Semoga bermanfaat…

Baca juga  14 Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan

Salam mitalom !!!

Loading...