6 Cara Berkebun Hemat

Cara Berkebun Hemat Waktu, Tenaga dan Biaya

Tips Berkebun – Akhir-akhir ini “berkebun” menjadi salah satu hobi yang lagi ngetrend di Indonesia. Baik itu tanaman bunga, sayuran maupun tanaman buah. Di berbagai sosial media “berkebun” menjadi salah satu topik hangat untuk dibicarakan. Banyak sekali grup komunitas berkebun bermunculan dengan anggota ribuan, bahkan puluhan ribu. Berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda-beda disatukan dengan satu hobi yang sama, “berkebun”. Mereka saling berbagi pengalaman tentang ilmu tanaman, cara menanam dan bahkan pamer koleksi.

Cara Berkebun

Cara Berkebun Agar Hemat Waktu dan Biaya

Setiap pehoby tentu tidak akan segan-segan untuk membelanjakan banyak uang untuk hobi mereka. Yang namanya hobi, semakin sering bertemu dengan sesama pehoby akan membuat hoby semakin “Gila”. Keinginan untuk menambah koleksi tanaman semakin tinggi. Hal ini semakin lama tentu saja akan merepotkan anda, terlebih bagi yang tidak punya banyak waktu. Dengan semakin bertambahnya koleksi tanaman, maka waktu dan biaya yang harus dikeluarkan juga semakin meningkat. Pada akhirnya hoby anda akan banyak menyita waktu, tenaga dan biaya. Nah,,,bagaimana caranya agar hobi berkebun anda hemat waktu dan biaya?

Berikut adalah beberapa tips agar hobi berkebun tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya :

1. Kurangi Menanam Rumput

Rumput memerlukan perawatan rutin, setidaknya setiap minggu atau setiap bulan anda harus merapikan dan memotongnya. Atau anda harus mencabuti rumput-rumput yang mengganggu. Supaya hemat, kurangi menanam rumput di kebun atau halaman anda. Anda bisa menggantinya dengan kerikil, batu atau lainnya. Sehingga waktu anda untuk mengurusi rumput berkurang.

2. Menanam Tanaman Yang Tidak Membutuhkan Banyak Air

Jenis tanaman yang memerlukan banyak air akan menyita waktu anda untuk menyiram. Hal ini akan menghabiskan banyak air dan biaya untuk membeli air, terlebih saat musim kemarau. Agar anda tetap hemat, sebaiknya tanamlah tanaman yang tidak haus air.

Baca juga  Cara Menanam Timun Dalam Polybag

3. Menanam Dalam Pot atau Polybag

Menanam dalam pot atau polybag akan memudahkan anda untuk merawatnya. Anda juga bisa berhemat air, karena menanam pada media terbatas tidak terlalu banyak membutuhkan air. Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman menggunakan pot atau polybag. Selain bunga, sayuran juga bisa ditanam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Pilihlah Tanaman Yang Tumbuh Lambat

Tanaman yang tumbuh tidak terlalu cepat akan memudahkan anda dalam merawatnya, sebab anda tidak perlu sering-sering merapikan atau memangkasnya. Misalnya tanaman bunga seperti rhododendrons, peoni atau camelia. Untuk jangka panjang, tanaman yang lambat tumbuh akan menghemat waktu dan biaya.

5. Menanam Umbi – Umbian

Tanaman umbi merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Untuk jenis tanaman bunga, anda bisa menanam daffodils atau tulip. Dengan sekali tanam, tanaman jenis umbi akan terus tumbuh ditempat yang sama.

6. Jangan Menanam Tanaman Semusim

Untuk menghemat waktu dan biaya perawatan, anda bisa memilih tanaman yang berumur panjang (tahunan). Misalnya tabulampot (tanam buah dalam pot) yang bisa bertahan disegala musim dan berumur panjang. Tanaman semusim akan merepotkan anda, karena memerlukan perawatan yang agak rumit. Selain itu anda juga harus sering menggantinya dengan tanaman baru.

Tips diatas diatas ditujukan buat anda yang memiliki hobi berkebun namun tidak memiliki waktu luang yang cukup. Anda boleh mencobanya agar hobi berkebun tersalurkan dengan hanya sedikit waktu. Bagi anda yang memiliki waktu luang cukup banyak, tentu tips-tips tersebut tidak berlaku atau anda bisa menyesuaikannya. Selamat berkebun, semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...