6 Cara Ampuh Mengatasi Lalat Buah

Tips Jitu Mengatasi Hama Lalat Buah

Hama & Penyakit – Lalat buah menyerang tanaman buah apa saja, baik sayuran buah maupun tanaman buah seperti mangga, jambu dan lain sebagainya. Serangan lalat buah menyebabkan buah membusuk dan berulat sehingga seringkali buah tidak bisa dikonsumsi apalagi untuk dijual. Lalat buah merupakan salah satu OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yang sering menyebabkan kerusakan parah. Jika pengendalian tidak dilakukan dengan tepat, lalat buah bisa menyebabkan gagal panen dan menurunnya kualitas dan kuantitas buah. Pada postingan terdahulu saya sudah membahas cara membuat perangkap lalat buah dan cara mengendalikan lalat buah dengan jus timun. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi beberapa tips dalam mengatasi lalat buah, salah satunya saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang insektisida yang saya gunakan untuk mengendalikan lalat buah. Ada 3 jenis insektisida yang pernah saya coba, dua diantaranya cukup ampuh dan masih saya gunakan sampai sekarang. Apa saja jenis-jenis insektisida yang ampuh untuk mengendalikan lalat buah? Simak uraian berikut ini.

Berikut ini 6 cara jitu mengatasi lalat buah ;

1. Cara Membasmi LALAT BUAH Menggunakan Umpan Metil Eugenol

Perangkap lalat buah merupakan sebuah alat sederhana yang bisa dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas disekitar kita. Perangkap yang umum digunakan adalah botol bekas yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ketika lalat buah masuk kedalamnya lalat akan terperangkap dan sulit untuk keluar. Untuk menarik perhatian lalat buah dibutuhkan senyawa yang disebut dengan metil eugenol. Senyawa ini mengeluarkan aroma khas yang sangat disukai lalat buah. Selain metil eugenol terdapat beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai penarik perhatian lalat buah, antara lain buah timun atau buah semangka (masih ada yang lain, tapi saya belum pernah mencoba). Contoh produk metil eugenol misalnya petrogenol, ocimol atau melanol.

Mengatasi Lalat Buah

Perangkap Lalat Buah

2. Cara Mengendalikan LALAT BUAH Menggunakan Lem Perangkap

Selain tertarik dengan metil eugenol dan aroma bahan alami tertentu, lalat buah juga tertarik terhadap sesuatu benda yang berwarna kuning. Botol berwarna kuning misalnya, atau benda lain yang berwarna kuning. Cara kerjanya cukup sederhana, benda berwarna kuning tersebut diolesi menggunakan lem dan ketika lalat buah mendekat dan hinggap ia akan lengket dan terperangkap disana. Contoh produk lem perangkap lalat buah misalnya metilat, leila, hogy.

perangkap lalat buah

Perangkap Lalat Buah Menggunakan Lem (Foto by : Rudi SY)

3. Mengatasi LALAT BUAH Menggunakan Selambu

Pada tanaman skala hobi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak pemasangan selambu sangat efektif untuk mencegah serangan lalat buah. Tetapi pada skala budidaya secara luas, kendala biaya menjadi masalah karena penggunaan selambu membutuhkan dana yang cukup besar. Masalah lain adalah ketika tanaman memasuki masa penyerbukan, selambu tentu saja menghalangi serangga penyerbuk untuk mendekati tanaman.

Baca juga  Tips Berkebun, Cara Praktis Kendalikan Lalat Buah

4. Mencegah LALAT BUAH dengan Membungkus Buah

Jika tanaman buah anda sedikit, anda bisa mencegah serangan lalat buah dengan membungkus buah tersebut. Untuk pembungkusnya anda bisa menggunakan kantong plastik transparan atau selambu bekas. Cara ini efektif diaplikasikan oleh kalangan pehoby yang hanya memiliki sedikit tanaman. Jika diaplikasikan untuk tanaman skala besar/luas, bisa dibayangkan betapa repotnya anda membungkus setiap buah. Buah dibungkus sejak terbentuknya buah dan sebelum buah diserang.

mencegah serangan lalat buah

membungkus buah untuk mencegah lalat buah

5. Cara Mengendalikan LALAT BUAH Menggunakan Insektisida Kimia

Penggunaan insektisida kimia bisa dilakukan untuk tanaman skala besar atau luas. Aplikasinya dilakukan dengan penyemprotan. Beberapa jenis bahan aktif insektisida untuk mengendalikan lalat buah antara lain dimetoat, profenofos dan metomil. Insektisida berbahan aktif dimetoat misalnya santoat dan perfection, insektisida berbahan aktif profenofos misalnya buzzer, biocron, atau curacron. Sedangkan insektisida berbahan aktif metomil misalnya metindo, bomba atau lannate. Jenis-jenis insektisida untuk mengendalikan lalat buah tersebut adalah insektisida yang saya gunakan untuk tanaman-tanaman saya.

6. Cara Membasmi LALAT BUAH dengan Perangkap & Insektisida

Nah, yang terakhir adalah cara paling jitu mengatasi lalat buah. Agar hasil lebih optimal anda perlu mengaplikasikan dua cara sekaligus, yakni memasang perangkap dan penyemprotan insektisida. Perangkap lalat buah dipasang pada beberapa titik di pinggir lokasi tanaman (bukan ditengah ya). Penyemprotan insektisida sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan usahakan selesai sebelum matahari terik. Pengalaman saya, ketiga jenis bahan aktif insektisida tersebut tidak efektif jika diaplikasikan tunggal. Karena itu aplikasi penyemprotannya harus menggunakan 2 jenis insektisida dari ketiga jenis bahan aktif tersebut. Anda boleh memilih mana yang paling mudah didapatkan ditempat anda, dimetoat + metomil atau profenofos + metomil.

Baca juga  Mengendalikan Hama Penggorok Daun (Leaf Miner)

Dosis penggunaan :
a. Dimetoat 15 ml + metomil 2 sdm untuk 15 liter air
b. Profenofos 7,5 ml + metomil2 sdm untuk 15 liter air
c. Tambahkan perekat sesuai dengan dosis anjuran

Catatan :
* Dimetoat, profenofos dan metomil : jika diaplikasikan tunggal hanya mengusir sementara dan tidak membunuh lalat buah.
* Dimetoat + metomil : mengusir dan membunuh lalat buah (tidak begitu ampuh membunuh, dimetoat harus digunakan dengan dosis tinggi)
* Profenofos + metomil : mengusir dan membunuh lalat buah (daya bunuh lebih kuat, ini yang sering saya gunakan sampai sekarang)
* Perangkap lalat buah dipasang setidaknya sejauh 5 meter dari lokasi tanaman (jangan memasang perangkap ditengah lokasi). Pasang perangkap setiap 20 meter.

Demikian 6 cara jitu mengatasi lalat buah, silahkan anda memilih sendiri cara mana yang menurut anda paling mudah dan efektif. Saran saya, untuk jumlah tanaman yang tidak terlalu banyak sebaiknya gunakan cara yang aman yaitu dengan memasang perangkap atau membungkus buah. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...