5 Khasiat Penting Beras Hitam Untuk Kesehatan

Khasiat Beras Hitam

Manfaat Buah & Sayur – Apa itu beras hitam? Kenapa beras berwarna hitam? Apa keistimewaannya? Beras hitam adalah salah satu varietas tanaman padi yang memiliki warna beras keungungan yang pekat dan cenderung kehitaman. Varietas ini banyak terdapat di Asia, namun saat ini keberadaanya sangat langka dan sulit didapatkan. Pada varietas beras ini aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas yang tinggi sehingga berwarna ungu pekat dan cenderung kehitaman. Beras hitam memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan beras biasa atau beras yang berwarna putih dan merah. Banyak alasan mengapa beras hitam memiliki manfaat yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Alasan tersebut antara lain karena banyaknya kandungan zat gizi pada lapisan terluar dari beras hitam tersebut. Kandungan tersebut adalah serat, vitamin B1, vitamin B3 vitamin B6 dan vitamin E. Beras hitam juga mengandung zat besi, mangan, phosphor, asam amino, asam lemak esensial dan antioksidan anthocyanin. Kandungan antioksidan anthocyanin inilah yang tidak ditemukan pada beras putih, zat tersebut merupakan zat yang menyebabkan warna beras ungu kehitaman. Bagian terluar tersebut membuat beras hitam membutuhkan waktu lebih lama saat dimasak. Berdasarkan berbagai penelitian para ahli, antioksidan anthocyanin yang terkandung pada beras hitam berkhasiat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti kanker dan diabetes.

Manfaat dan Khasiat Beras Hitam

Beras Hitam


Manfaat beras hitam sudah diketahui sejak dahulu kala, sejarah mencatat bahwa masyarakat tiongkok telah lama mengetahui keistimewaan dari beras hitam ini. Konon kabarnya, pada zaman dahulu beras hitam hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga kerajaan di Tiongkok. Pada masa itu beras hitam menjadi makanan “terlarang” yang tidak boleh dikonsumsi oleh sembarang orang. Mungkin karena hal itu beras hitam menjadi sangat langka karena tidak semua orang boleh menanam atau mengkonsumsinya. Apa saja manfaat beras hitam untuk kesehatan?

Baca juga  14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Berikut 5 khasiat dan manfaat penting beras hitam bagi kesehatan :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Beras hitam diketahui bermanfaat mencegah timbulnya gangguan kesehatan pada jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan seratnya yang tinggi, seperti diketahu bahwa serat berkhasiat dalam memelihara kesehatan jantung. Karena itu beras hitam sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang rentan terserang penyakit jantung. Mengkonsumsi beras hitam juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

2. Anti Penuaan Dini (Anti-aging)

Beras hitam diketahui memiliki kandungan zat antioksidan yang lebih kuat dari beras biasa. Mengkonsumsi beras hitam akan membuat anda terlihat awet muda dan selalu bugar dan sehat. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan pada beras merah yang mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Mengkonsumsi beras metrah diyakini mampu memperlambat proses penuaan dan disebut-sebut sebagai bahan makanan anti penuaan dini atau istilah populernya adalah anti aging.

3. Mencegah Serangan Kanker

Menurut hasil riset dan penelitian yang panjang, beras hitam berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan antioksidan anthocyanin yang terdapat pada lapisan terluar beras hitam. Antioksidan anthocyanin merupakan antioksidan yang sangat kuat yang berperan aktif dalam mencegah penyakit kanker. Zat inilah yang membuat beras hitam lebih istimewa, karena zat tersebut tidak ditemukan pada beras lainnya.

4. Mencegah Anemia

Beras hitam juga diketahui memiliki khasiat yang luar biasa untuk mencegah anemia. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Seseorang yang menderita anemia sangat baik dan dianjurkan untuk mengkonsumsi beras hitam. Zat besi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pembentukan sel-sel darah merah atau hemoglobin. Jika zat besi pada tubuh seseorang cukup, maka orang tersebut akan terhindar dari anemia.

Baca juga  14 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

5. Mencegah Diabetes

Beras hitam merupakan bahan makanan yang rendah kalori dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, kandungan kalori beras hitam jauh lebih rendah. Semakin rendah kadar kalori suatu bahan makanan, maka semakin rendah pula indeks glikemiknya. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan seberapa besar suatu bahan makanan dapat meningkatkan kadar gula setelah dikonsumsi. Artinya, semakin rendah indeks glikemik suatu bahan makanan, maka semakin rendah pula resiko kenaikan kadar gula dalam darah sesorang. Karena itu beras hitam merupakan bahan makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Demikian 5 manfaat penting beras hitam bagi kesehatan. Namun saat ini beras hitam sangat langka dan sulit ditemukan. Kabar terakhir beras hitam masih bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia, seperti Bantul, Boyolali dan Sumatera Barat. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...