4 Jenis Teh Terpopuler dan Manfaatnya

Manfaat Minum Teh

Artikel – Pernahkah anda minum teh? hampir semua orang menyukai minuman ini, setiap pagi, siang atau sore bahkan malam minuman teh dikonsumsi. Teh merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein, yang disajikan dengan cara menyeduh daun, tangkai dan pucuknya. Teh banyak disajikan sebagai minuman saat pagi hari yang biasanya disajikan sebagai sarapan pagi bersama dengan roti atau biskuit. Teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh penjuru dunia. Sejak zaman dahulu teh menjadi minuman favorit yang banyak disukai. Secara garis besar, teh dibbagi menjadi 4 kelompok yaitu ; teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih. Jenis teh hitam adalah teh yang paling banyak terdapat di Indonesia dan paling banyak dikonsumsi.

Manfaat Teh

4 jenis teh paling populer


Istilah “Teh” memiliki makna yang cukup luas, tidak hanya berlaku untuk sebutan tanaman Camellia sinensis (pohon teh). Semua jenis minuman dari tanaman apapun yang disajikan dengan cara diseduh bisa disebut sebagai “Teh”. Misalnya adalah teh ginseng, teh rosela atau teh krisan. Namun tidak semua jenis teh populer, hanya ada 4 jenis teh yang paling populer di dunia antara lain teh hitam, teh ginseng, teh hijau dan teh oolong.

Berikut 4 jenis teh terpopuler dan manfaatnya untuk kesehatan ;

1. Teh Oolong

Teh oolong adalah teh yang teroksidasi secara tidak sempurna. Proses oksidasi dihentikan ditengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam yang biasanya memakan waktu 2 atau 3 hari.

Teh oolong oleh masyarakat cina sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai obat tradisional, yaitu sebagai pelangsing perut. Hal ini dibuktikan dengan ilmu pengetahuan modern yang menyebutkan bahwa kandungan antioksidan katekin pada teh oolong mampu membakar lemak secara efektif. Antioksidan katekin akan meningkatkan metabolisme dan akan membakar lebih banyak lemak dalam tubuh. Hasilnya akan terlihat jika teh oolong dikonsumsi secara rutin dan bukan dalam waktu yang singkat, karena teh oolong bukan obat pelangsing. Teh oolong hanya membantu mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah daun teh yang langsung diproses setelah dipetik. Daun teh mengalami oksidasi minimal, kemudian proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan.

Penelitian panjang yang dilakukan di Jepang menyimpulkan bahwa, mengkonsumsi teh hijau 5 cangkir perhari dapat menurunkan resiko kematian akibat serangan penyakit jantung. Teh hijau juga diketahui berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi resiko penyakit kanker.

3. Teh Ginseng

Ginseng diketahui memiliki banyak sekali khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dan khasiat ginseng yang paling menonjol adalah dapat meningkatkan libido, baik bagi pria maupun wanita. Ginseng bekerja membantu tubuh menghasilkan nitrat oksida seperti viagra. Selain itu, manfaat ginseng yang tidak kalah penting adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menstimulasi sel-sel otak dan meredakan rasa nyeri saat haid.

4. Teh Hitam

Teh Hitam adalah daun teh yang teroksidasi secara penuh, daun teh dibiarkan sampai benar-benar kering hingga berwarna merah kehitaman. Jenis teh hitam merupakan teh yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

Teh hitam memiliki khasiat untuk meningkatkan energi. Teh hitam mengandung polifenol yang berkhasiat dalam menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Karena itu teh hitam dapat mengurangi penumpukan plak dan membuat nafas lebih segar. Teh hitam juga mengandung antioksidan alami yang kuat dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan kafein dalam secangkir teh hitam hampir sama dengan kafein dalam secangkir kopi.

Demikian tentang 4 jenis teh terpopuler dan manfaatnya untuk kesehatan, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...