34 Contoh KEBUN VERTIKAL Sederhana dan Murah Menggunakan Botol Bekas dan Barang tidak Terpakai Lainnya

Ide Kreatif Membuat Vertikal Garden Sederhana dan Murah

Tips Berkebun – Vertical Garden atau Kebun Vertikal adalah sebuah konsep berkebun pada lahan terbatas atau sempit. Konsep kebun vertikal diciptakan untuk memanfaatkan sebuah ruang sempit dimana tidak memungkinkan untuk dibangun sebuah kebun secara horizontal. Kebun vertikal dilakukan dengan mengatur tanaman dan elemen kebun lainnya pada bidang tegak (vertikal) sedemikian rupa. Berkebun secara vertikal belakangan ini semakin digandrungi oleh para pecinta tanaman, terutama masyarakat perkotaan. Hal ini sejalan dengan program “Urban Farming” atau konsep pertanian kota yang ditujukan untuk swasembada pangan, minimal untuk kalangan sendiri. Program urban farming ini diusung tidak sekedar hanya untuk menjadi hobi dan gaya hidup semata, namun sudah menjadi tuntutan yang harus dipenuhi guna mengantisipasi permasalahan tingginya populasi penduduk dan ancaman krisis pangan dan gizi di tahun 2050. Salah satu realisasi program urban farming adalah penerapan konsep berkebun secara vertikal (Vertical Garden).

Membangun Kebun Vertikal Tidak Harus Mahal

Opini yang berkembang di masyarakat bahwa menerapkan konsep “Berkebun Vertikal” adalah sesuatu yang mahal dan rumit tidak selamanya benar. Kenyataannya, berkebun vertikal bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana dan biaya yang semurah-murahnya. Kreatifitas adalah kunci utama dalam penerapan vertikal garden untuk menekan biaya serendah-rendahnya. Dalam penerapan kebun vertikal hanya dibutuhkan ide sederhana, kemampuan memanfaatkan ruang secara efesien, kreatif dalam mendesain kebun, dan kemampuan memanfaatkan limbah atau barang bekas menjadi sesuatu yang berguna. Keterampilan individu, keahlian dan kemampuan berinovasi dalam menerapkan konsep berkebun vertikal adalah sebuah tuntutan untuk membangun kebun vertikal yang sederhana dan murah. Sebagai contoh, kita bisa memanfaatkan barang bekas seperti botol bekas air mineral, cup plastik bekas, jerigen bekas dan barang tak terpakai lainnya untuk berkebun.

Jenis-jenis Tanaman yang Cocok Untuk Kebun Vertikal

Jika anda berpikir bahwa kebun vertikal hanya cocok untuk jenis tanaman hias seperti bunga, maka nada dituntut untuk mencoba menanam jenis tanaman lainnya. Jika unsur estetika adalah tujuannya, tanaman hias menjadi pilhan yang terbaik. Akan tetapi jenis tanaman lainnya seperti tanaman sayuran bukan berarti tidak memiliki unsur keindahan. Bahkan jika anda menanam sayuran, baik sayuran daun maupun sayuran buah bukan hanya unsur estetika saja yang anda dapatkan, pemenuhan gizi keluarga dan swasembada pangan adalah bonus yang tidak ternilai harganya. Jenis tanaman sayuran daun seperti sawi, bayam, kangkung, seledri, kol, pagoda, selada dan tanaman sayuran buah seperti cabai, tomat, terong dan lain-lain atau tanaman buah seperti strowberry bisa anda pilih untuk di tanam secara vertikal. Bahkan tanaman herbal bisa lebih indah jika ditanam pada kebun vertikal.

34 Ide Kreatif Membangun Kebun Vertikal Sederhana dan Murah

Ide Kreatif Berkebun Sayuran Vertikultur

Gambar 1 (Foto : xooml.info)

1.    Bagaimana anda melihat gambar ini? Botol-botol bekas digantung sedemikian rupa pada pagar rumah dan ditanami sayur-sayuran seperti sawi dan selada. Ide ini bisa anda terapkan untuk berkebun vertikal jika pagar rumah adalah satu-satunya tempat untuk mengekspresikan hobi anda dalam berkebun (Gambar 1)

Berkebun Vertikultur Sederhana di Botol Bekas

Gambar 2 (Foto : balconygardenweb.com)

2.    Masih menggunakan botol bekas, tapi kali ini botol-botol tersebut dirangkai dan digantung pada sebuah tali yang dibentangkan kuat. Anda bisa mencontoh ide ini untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti bunga, sayuran atau jenis tanaman lainnya. (Gambar 2)

Kebun Sayur Vertikultur di Botol Bekas

Gambar 3 (Foto : 96black.boxip.net)

3.    Botol bekas juga bisa diletakkan pada rak vertikal seperti ini. Pada gambar terlihat hanya bagian atas botol saja yang digunakan. Tapi anda juga bisa memotong botol plastik bekas menjadi 2 bagian dan memanfaatkan kedua bagian tersebut untuk berkebun vertikal. (Gambar 3)

Cara Sederhana Menanam Cabai Vertikultur Hidroponik

Gambar 4 (Foto : Benih Sayuran Unik Mar’atus)

4.    Nah, yang ini adalah kreasi Ibu Mar’atus Ariefin, seorang gardener kreatif dari Ngawi, Jawa Timur. Beliau memanfaatkan tembok rumahnya untuk berkebun cabai hidroponik vertikultur. Ide luarbiasa ini bisa menjadi inspirasi untuk anda. (Gambar 4)

Vertikal Garden di Botol Bekas

Gambar 5 (Foto : califiafarms.co)

5.    Membangun kebun vertikultur botol bekas juga bisa dilakukan dengan cara seperti ini. Terlihat lebih eksotis dan menarik menggantung tanaman secara terbalik. (Gambar 5)

Vertical Gardens With Used Botles

Gambar 6 (Foto : designrulz.com)

6.    Ini ide memanfaatkan botol bekas untuk berkebun vertikultur yang dikombinasikan dengan rak bambu. Jika anda memiliki bambu. anda bisa membuat rak vertikal seperti ini untuk menggantung botol-botol bekas dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. (Gambar 6)

Berkebun Secara Vertikultur di Botol Bekas

Gambar 7 (Foto : 1001gardens.org)

7.    Hampir sama dengan ide no 6, tapi kali ini raknya terbuat dari kayu. Botol-botol bekas disusun sedemikian rupa dan digunakan untuk menanam. Jika anda tertarik, tidak ada ruginya mencontoh ide ini. (Gambar 7)

Cara Menanam Stroberi Vertikultur di Botol Bekas

Gambar 8 (Foto : Kang Jaka NP)

8.    Yang ini adalah tanaman strowberri karya Kang Jaka NP. Beliau cukup kreatif memanfaatkan botol bekas untuk menanam strowberry. Desain kebun vertikalnya sangat sederhana, hanya dengan menggantung tanaman pada para-para bambu. Karya gardener dari Malang, Jawa Timur ini bisa anda terapkan dirumah anda untuk menanam berbagai jenis tanaman yang anda sukai. (Gambar 8)

Berkebun Vertikal Sederhana Menggunakan Botol Bekas

Gambar 9 (Foto : balconygardensweb.com)

9.    Gardener yang satu ini juga memanfaatkan botol bekas untuk berkebun vertikal. Beberapa botol bekas digunakan untuk menanam dan diletakkan pada rak vertikal diteras rumahnya. Ide ini bisa anda terapkan untuk memberi pembatas antara jalan dengan rumah anda. (Gambar 9)

Bekebun Bawang Merah Vertikultur di Botol Bekas

Gambar 10 (Foto : naturtech.co.il)

10.    Jika anda memiliki galon air minum bekas yang tidak dapat digunakan lagi, anda bisa memanfaatkannya untuk berkebun bawang merah secara vertikal. Tanaman umbi yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini tampak lebih eksotis jika ditanam dengan cara seperti ini. (Gambar 10)

Cara Sederhana Menanam Cabai Vertikultur Hidroponik di Tiang Bangunan

Gambar 11 (Foto ; Benih Sayuran Unik Mar’atus)

11.    Kali ini Bu Mar’atus Ariefin memanfaatkan tiang rumahnya untuk meletakkan beberapa pot tanaman cabai. Jenis cabai yanag beliau tanam ini adalah jenis “Solar Flare”, cabai hias yang memiliki warna kuning emas ketika matang. Beliau menggunakan cup plastik sebagai pot atau tandon nutrisinya. (Gambar 11)

Kebun Vertikultur Indoor di Jendela

Gambar 12 (Foto : pinterest.com)

12.    Jika anda ingin berkebun di dalam ruangan, ide ini bisa dijadikan referensi untuk mewujudkan keinginan anda. Beberapa botol bekas diletakkan secara vertikal pada jendela dengan tujuan agar tanaman cukup mendapatkan sinar matahari. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menggantung botol pada satu jendela supaya sinar matahari tetap dapat masuk ke rumah anda. (Gambar 12)

A simple way to grow chilli vertikultur in used bottles

Gambar 13 (Foto : Benih Sayuran Unik Mar’atus)

13.    Masih karya Bu Mar’atus Ariefin, pot dan jenis cabainya juga masih sama. Hanya desain vertikulturnya saja yang berbeda. Kali ini beliau membangun kebun cabai vertikal di teras rumah dengan cara digantungnya menggunakan tali. (Gambar 13)

Menanam Strowberi Vertikultur Dinding di Botol Bekas

Gambar 14 (Foto : pinterest.com)

14.    Pot tanaman dari botol bekas juga bisa anda letakkan secara vertikal dan menempel pada dinding/tembok rumah anda. Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman seperti strowberri atau jenis tanaman sayur-sayuran. (Gambar 14)

Berkebun Vertikultur Botol Bekas di Pagar Rumah

Gambar 15 (Foto : balconygardensweb.com)

15.    Pada gambar terlihat ada banyak sekali botol bekas yang diletakkan pada lubang-lubang pagar rumah. Anda boleh mempraktekkan ide ini untuk menanam berbagai jenis tanaman, baik tanaman hias seperti bunga maupun sayuran. (Gambar 15)

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Vertikultur di Botol Plastik

Gambar 16 (Foto : Benih Sayuran Unik Mar’atus)

16.    Sepertinya Bu Mar’atus Ariefin tidak akan membiarkan sejengkalpun bidang tegak dirumahnya tetap kosong tanpa tanaman. Pagar rumahnya dimanfaatkan untuk menanam kangkung hidroponik. Lihat pot yang digunakan, hampir semua tanamannya ditanam menggunakan cup plastik berukuran kecil. (Gambar 16)

Berkebun Sayuran Vertikultur Botol Bekas di Tembok Rumah

Gambar 17 (Foto : pinterest.com)

17.    Tembok pagar rumah anda juga bisa dimanfaatkan untuk berkebun vertikal seperti ini. Beberapa botol bekas yang disusun secara vertikal  pada tembok pagar bisa anda tanami dengan berbagai jenis tanaman. (Gambar 17)

Berkebun Vertikultur di Celana Jeans Bekas

Gambar 18 (Foto : pinterest.com)

18.    Ini ide berkebun vertikal yang tidak kalah kreatifnya. Celana jins bekas ternyata bisa digunakan sebagai sarana untuk berkebun. Anda bisa meletakkannya pada bidang tegak seperti pohon, tembok atau pagar rumah. Bisa juga digantung menggunakan tali yang cukup kuat. (Gambar 18)

Kebun Vertikultur Sayuran di Kaleng Bekas

Gambar 19 (Foto : rootnursery.com)

19.    Jika tidak ada botol plastik bekas, kaleng bekas juga bisa dimanfaatkan untuk berkebun. Anda bisa meletakkan pot tanaman dari kaleng bekas pada tembok pagar, dinding rumah atau bidang tegak lainnya. (Gambar 19)

Membuat Vertikal Garden dari Kaleng Bekas

Gambar 20 (Foto : simplebites.net)

20.    Selain meletakkan pot kaleng bekas pada tembok, anda juga bisa mendesain kebun vertikal seperti pada gambar ini. Pot-pot tanaman dari kaleng bekas disusun pada sebuah rak vertikal dan ditempatkan di halaman rumah. (Gambar 20)

Membuat Vertikal Garden dengan Karung Goni Bekas

Gambar 21 (Foto : pinterest.com)

21.    Bagaimana dengan gambar ini? Karung goni yang tidak terpakai juga bisa dimanfaatkan untuk membangun kebun vertikal. Dengan mendesain sedemikian rupa, karung goni bekas bisa digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman. (Gambar 21)

Berkebun Vertikal dengan Karung Goni Bekas

Gambar 22 (Foto : pinterest.com)

22.    Bingung melihat gambar ini? Jika anda melihat gambar a mungkin anda berpikir ini bukan vertikal garden. Tapi cobalah untuk fokus pada gambar b, saya yakin anda akan terinspirasi untuk membuat kebun vertikal menggunakan karung goni bekas. (Gambar 22)

Memanfaatkan Karung Goni Bekas Untuk Berkebun Vertikultur

Gambar 23 (Foto : engineeringforchange.org)

23.    Ini juga masih menggunakan karung goni bekas, idenya bisa anda contoh untuk membangun sebuah kebun vertikal mini. Silahkan dikembangkan dengan kreatifitas anda sendiri. (Gambar 23)

Membuat Vertikultur Gantung dengan Karung Goni Bekas

Gambar 24 (Foto : pinterest.com)

24.    Kalau yang ini? Masih tentang karung goni bekas. Gunakan tali yang cukup kuat untuk membangun kebun vertikal seperti ini agar usaha anda tidak sia-sia nantinya. Tidak hanya tanaman bunga, anda juga bisa menanam sayuran daun, misalnya sawi, kangkung, seledri atau tanaman sayuran buah seperti cabai, tomat dan terung. (Gambar 24)

Membuat Vertikal Garden di Dindinig Tembok Menggunakan Karung Goni Bekas

Gambar 25 (Foto : empressofdirt.net)

25.    Pada gambar ini juga masih memanfaatkan karung goni bekas untuk berkebun vertikal. Tetapi desainnya agak sedikit berbeda. Karung goni bekas diletakkan pada sebuah rak dan ditempelkan pada dinding rumah. (Gambar 25)

Menanam Sayur Seledri Vertikultur di Karung Bekas

Gambar 26 (Foto : disertification.wordpress.com)

26.    Cobalah berkebun vertikal dengan cara sederhana ini. Beberapa buah karung goni bekas dimanfaatkan untuk menanam seledri. Cara ini bisa anda terapkan untuk menyiasati lahan yang terbatas dengan cara sederhana dan murah. (Gambar 26)

Menanam Sayur Sawi Vertikultur di Karung Goni Bekas

Gambar 27 (Foto : disertification.wordpress.com)

27.    Atau anda juga bisa menanam sawi seperti ini. Dengan ide yang sama, tanaman sawi mampu tumbuh subur pada pot karung goni bekas yang digantung. (Gambar 27)

Membuat Taman Vertikultur Menggunakan Karung Goni Bekas

Gambar 28 (Foto : pinterest.com)

28.    Jika anda memiliki banyak karung goni dan media tanam yang cukup, cobalah berkebun vertikultur seperti pada gambar ini. Berbagai jenis tanaman bisa anda tanam disana. (Gambar 28)

Berkebun Bunga Vertikultur Menggunakan Ban Mobil Bekas

Gambar 29 (Foto : pinterest.com)

29.    Ide kali ini adalah memanfaatkan ban mobil bekas untuk membangun kebun vertikal. Ban bekas yang dletakkan pada dinding rumah bisa anda tanami dengan berbagai jenis tanaman hias maupun tanaman sayuran. (Gambar 29)

Membuat Kebun Vertikal dengan Ban Bekas

Gambar 30 (Foto : pinterest.com)

30.    Selain seperti ide no. 29, ban bekas juga bisa digantung pada pohon atau para-para seperti terlihat pada gambar ini. (Gambar 30)

Membuat Kebun Bunga Vertikal dengan Ban Bekas

Gambar 31 (Foto : pinterest.com)

31.    Ini ide yang lebih kreatif dalam memanfaatkan ban mobil bekas untuk berkebun vertikal. Beberapa buah ban bekas dengan ukuran yang berbeda bisa didesain secara bertingkat untuk menanam berbagai jenis tanaman. (Gambar 31)

Membuat Kebun Vertikultur dengan Sepatu Boot Bekas

Gambar 32 (Foto : themicrogardener.com)

32.    Saya pikir bukan hanya sepatu boot yang bisa digunakan untuk berkebun seperti ini. Daripada tidak terpakai, sepatu-sepatu bekas bisa dimanfaatkan untuk berkebun vertikal dengan menanam berbagai jenis tanaman. (Gambar 32)

Membuat Vertikal Garden Sederhana dan Murah

Gambar 33 (Foto : hgtv.com)

33.    Jangan berpikir untuk membeli tas yang kemudian akan anda gunakan sebagai pot tanaman. Ide ini bisa anda contoh untuk memanfaatkan tas bekas yang sudah tidak layak untuk dipakai. Desainnya silahkan anda berkreasi sendiri. (Gambar 33)

Cara Sederhana Membuat Kebun Sayur Vertikultur di Halaman Rumah

Gambar 34 (Foto : cybex.pertanian.go.id)

34.    Mungkin anda bingung setelah melihat gambar kebun vertikal yang terakhir ini. Mana barang bekasnya? Saya pikir anda sudah memiliki banyak ide dan cukup kreatif untuk membuat kebun vertikultur seperti ini dengan memanfaatkan barang bekas yang ada dirumah anda. Semua tergantung kreatifitas anda, barang bekas apa kira-kira yang cocok untuk mendesain kebun vertikal seperti pada gambar ini. (Gambar 34)

Demikian “Kumpulan Ide Membangun Kebun Vertikal Sederhana dan Murah” Semoga bermanfaat….

Baca juga  Cara Menanam Seledri Hidroponik Sistem Wick

Salam mitalom !!!!

loading...
Loading...