27 Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Asam Jawa (Tamarindus indica)

Tanaman Obat – Apa itu asam jawa? Asam jawa adalah buah yang memiliki rasa asam yang banyak digunakan sebagai bumbu atau bahan tambahan pada berbagai jenis masakan. Dalam dunia kuliner, buah asam jawa sering ditambahkan pada bumbu pecal, sayur asam, kuam pempek dan lain sebagainya. Masyarakat Sulawesi menyebut asam jawa dengan nama asang jawa atau asang jawi. Pohon asam jawa dalam bahasa ilmiah disebut dengan Tamarindus indica, pohon asam jawa termasuk dalam suku Leguminosae. Pohon asam jawa tumbuh subur dan banyak terdapat di Indonesia, biasanya pohon ini dimanfaatkan sebagai pohon pelindung. Selain dimanfaatkan sebagai bahan tambahan masakan, ternyata buah asam jawa memiliki banyak khasiat dalam dunia pengobatan tradisional. Buah asam jawa juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik alami yang ramah lingkungan. Dalam dunia kecantikan, buah ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit, mengobati jerawat dan lain sebagainya. Apa saja manfaat asam jawa untuk kesehatan dan kecantikan? Bagaimana cara menggunakannya?

Khasiat Asam Jawa

Asam Jawa (Tamarindus indica)


Berikut ini “27 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Sebagai Obat Jerawat

Adam jawa 1 buah, 12 lembar daun sambiloto, 10 lembar daun jinten, 1 rimpang kencur, temulawak 10 iris, 1 sendok teh adas. Semua bahan dicuci hingga bersih, kemudian ditumbuk sampai halus. Seduh dengan 400 ml air mendidih, saring dan minumlah ramuan tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari.

2. Mengobati Selulit

Gunakan asam jawa secukupnya, sedikit gula pasir, baking soda dan air perasan jeruk lemon secukupnya. Campurkan semua bahan dan aduk sampai tercampur rata. Oleskan pada bagian kulit dimana selulit itu berada sambil dipijit perlahan-lahan. Biarkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sampai selulit anda hilang.

3. Sebagai Obat Ambeien

Untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir, gunakan 2 gram asam jawa, 5 gram daun kejibeling, 3 gram temu lawak, dan 6 gram daun meniran. Semua bahan dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan 1 liter air hingga mendidih. Rebus hingga air hanya tersisa setengahnya saja. Kemudian dinginkan dan saring, minumlah secara rutin 3 kali dalam sehari (pagi, siang dan malam)

4. Sebagai Obat Penyakit Difteri

Apa itu difteri? Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae dan menyerang saluran pernafasan. Jika anda mengalami hal ini, gunakan asam jawa untuk mengobatinya. Caranya ; 10 gram asam jawa, 5 gram lobak, 5 gram bawang merah, 5 gram kencur, dan 10 gram daun pepaya muda. Haluskan semua bahan dan seduh dengan 300 ml air mendidih. Saring untuk mengambil airnya, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur hingga ketenggorokan, lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari.

Baca juga  250 Jenis Tanaman Apotik Hidup (TANAMAN OBAT) Lengkap dan Khasiatnya (Page 4)

5. Menurunkan Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tumbuk hingga halus 200 gram daun asam jawa dan seduh dengan 200 ml air mendidih. Kemudian saring dan diminum selagi hangat, lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari.

6. Sebagai Obat Penyakit Eksim

Asam jawa memiliki khasiat untuk mengobati penyakit eksim. Penyakit eksim adalah penyakit jaringan kulit yang menyebabkan kulit melepuh dan bernanah. Penyakit eksim juga disebut dengan dermatitis atau eksema. Penyakit eksim ternyata bisa diobati dengan memanfaatkan buah asam jawa, caranya ; asam jawa secukupnya, umbi temu lawak dan gula aren secukupnya. Semua bahan dihaluskan dan direbus hingga mendidih dengan 400 ml air bersih. Rebus hingga air tersisa hanya setengahnya saja, kemudian saring dan minumlah setelah dingin. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari. Insya Allah…

7. Untuk Mencerahkan Kulit

Ambil buah asam jawa matang secukupnya, kemudian pisahkan daging buahnya. Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan air hangat secukupnya, aduk sampai tercampur rata hingga membentuk adonan seperti krim. Gunakan ramuan tersebut sebagai lulur, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air bersih, lakukan secara rutin agar kulit anda kelihatan cerah dan bersih.

8. Sebagai Obat Penyakit Campak

Tiga genggam daun asam jawa, 3 potong kunyit, gula aren dan garam dapur secukupnya. Daun asam jawa dan kunyit dicuci hingga bersih kemudian direbus dengan 400 ml air sampai mendidih. Rebus hingga air hanya tersisa 200 ml saja. Saring dan minumlah ramuan tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin, dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari.

9. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ambil buah asam jawa matang secukupnya, ambil daging buahnya dan campurkan dengan sedikit yogurt dan garam halus. Aduk sampai rata hingga membentuk seperti krim. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah sambil dipijit perlahan, biarkan ramuan menempel selama 20 menit agar meresap. Kemudian bilas dengan air dingin.

10. Sebagai Obat Disentri

Penyakit disentri juga bisa disembuhkan dengan asam jawa, panyakit yang disebabkan oleh bakteri dan amoeba ini menyerang usus dan menyebabkan perut mulas, buang air besar yang disertai darah dan lendir. Untuk mengobatinya, gunakan 10 gram asam jawa, 20 gram kunyit dan 20 gram temu lawak. Seduh semua bahan dengan 500 ml air mendidih, aduk hingga tercampur rata. Kemudian saring untuk mengambil airnya, tambahkan 1 sendok makan madu asli. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

11. Mengatasi Darah Rendah

Untuk mengatasi darah rendah, gunakan 5 gram asam jawa, 10 gram gula aren, 50 gram bawang merah, 10 gram cabai rawit, garam secukupnya, dan 250 gram daun bayam. Bayam direbus setengah matang, kemudian bahan-bahan lain dibuat sambal. Kemudian dikonsumsi sebagai makan siang dengan nasi beras merah. Lakukan setiap hari secara rutin sampai darah anda normal kembali.

Baca juga  Melawan Asap Rokok Dengan Daun Sirih Belanda

12. Mengobati Sariawan

Segenggem daun asam jawa muda dan rimpang kunyit sebesar telunjuk. Cuci bersih daun asam jawa dan kunyit hingga bersih, iris tipis kunyit tersebut dan direbus dengan 800 ml air hingga mendidih. Rebuslah hingga air hanya tersisa setengahnya saja. Saring dan ambil airnya, tambahkan sedikit gula aren. Minumlah setiap hari pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

13. Mengobati Demam Setelah Nifas (darah keluar dari rahim setelah melahirkan)

Sebagian kaum hawa mengalami demam setelah melahirkan, untuk mengatasinya bisa memanfaatkan asam jawa. Caranya ; ambil asam jawa dan gula aren secukupnya, kemudian diseduh dengan 200 ml air mendidih. Minumlah selagi hangat, lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

14. Mengobati Nyeri Haid

Bagi wanita yang mengalami rasa nyeri saat haid, gunakan segenggam asam jawa, 10 potong temu lawak, dan gula aren secukupnya. Cuci bersih temu lawak dan rebus semua bahan dengan 300 ml air sampai mendidih. Rebus hingga air hanya tersisa setengahnya saja, saring dan minumlah selagi hangat. lakukan setiap hari selama satu minggu sebelum memasuki masa haid.

15. Sebagai Obat Batuk Tidak Berdahak (Batuk Kering)

3 buah asam jawa dan segenggam daun saga direbus dengan 800 ml air sampai mendidih. Rebus hingga air hanya tersisa setengahnya. Saring dan minumlah selagi hangat. Lakukan secara rutin dua kali dalam sehari (pagi dan sore).

16. Sebagai Obat Bisul

5 gram asam jawa, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung dan garam dapur secukupnya. Semua bahan ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan ramuan tersebut pada bisul secara merata. Biarkan sampai mengering dan ulangi pemakaian ramuan tersebut. Dengan ramuan ini bisul akan lebih cepat matang dan pecah.

17. Sebagai Obat Rheumatik

Satu genggam daun asam jawa dan 3 biji asam jawa dihaluskan, kemudian ramuan tersebut ditempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Lakukan secara rutin sambil dipijit pelan-pelan.

18. Mengatasi Gigitan Serangga

Jika anda mengalami bengkak akibat digigit serangga, gunakan biji asam jawa untuk mengatasinya. Beberapa biji asam jawa ditumbuk hingga halus, kemudian tambahkan sedikit minyak kayu putih. Oleskan ramuan tersebut pada luka.

19. Mengobati Demam pada Bayi

Gunakan asam jawa dan kunyit secukupnya, 5 lembar daun melati muda, dan 2 tangkai daun bawang. Semua bahan dihaluskan, kemudian tempelkan pada ubun-ubun bayi sampai mengering. Ulangi jika panas belum turun.

20. Sebagai Obat Penyakit Asma

Baca juga  Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Radang Sendi dan Mencegah Kanker

Kulit pohon asam jawa dan adas pulo waras secukupnya, kemudian rebus kedua bahan tersebut dengan 400 ml air sampai mendidih. Rebus hingga air tersisa hanya setengahnya saja. Saring dan minumlah selagi hangat, minumlah dua kali sehari. Lakukan secara rutin hingga panyakit asma anda sembuh.

21. Sebagai Obat Penurun Panas

2 buah asam jawa dan garam dapur secukupnya. Seduh kedua bahan dengan 200 ml air mendidih, saring dan minumlah selagi hangat.

22. Sebagai Obat Sakit Perut

3 buah asam jawa, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Asam jawa dan kapur sirih dihaluskan, tambahkan minyak kayu putih kemudian aduk sampai tercampur rata. Gunakan ramuan tersebut untuk mengolesi perut yang sakit.

23. Sebagai Obat Gatal, Alergi dan Biduran

3 buah asam jawa, 1/4 sendok makan kapur sirih, dan garam dapur secukupnya. Semua bahan direbus dengan 600 ml air hingga mendidih. Rebus hingga air hanya tersisa 200 ml saja. Saring dan minumlah setelah dingin, lakukan secara rutin setiap hari dan minumlah 2 kali sehari pagi dan sore.

24. Sebagai Obat Borok

Beberapa biji asam jawa ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan ramuan tersebut pada borok. balut dengan perban dan ganti setiap hari sampai borok mengering.

25. Sebagai Obat Luka

Jika anda terluka akibat tergores atau terjatuh, gunakan ramuan ini agar luka cepat sembuh dan mengering. Ramuan ini berkhasiat untuk mengentikan darah yang mengalir pada luka baru. Gunakan daun asam jawa muda secukupnya, kunyah hingga halus dan tempelkan pada luka tersebut

26. Sebagai Obat Keputihan

Asam jawa secukupnya, 25 helai daun beluntas, 5 cm rimpang kunyit dan gula aren secukupnya. Kunyit dan daun beluntas dicuci hingga bersih, kemudian ditumbuk hingga halus. Kemudian seduh dengan 100 ml air mendidih, tambahkan asam jawa dan gula aren aduk sampai tercampur rata. Saring dan minum selagi hangat, lakukan setiap malam sebelum tidur dan lakukan setiap hari secara rutin.

27. Mengobati Rasa Gatal Pada Luka Yang Sudah Kering

Rendam asam jawa secukupnya dengan sedikit air mendidh lalu diaduk sampai tercampur rata. Gosokkan ramuan tersebut pada bekas luka yang terasa gatal. Lakukan setiap hari secara rutin.

Catatan :
Untuk wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan meminum ramuan dari buah asam jawa, atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahlinya. Asam jawa yang digunakan sebagai ramuan adalah asam jawa yang sudah matang / matang dipohon. Demikian 27 manfaat asam jawa untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...