25 Jenis Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tertinggi

Jenis – Jenis Buah Sumber Vitamin A

Manfaat Buah & Sayur – Apa itu vitamin A? Vitamin A merupakan salah satu dari beberapa macam vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan mata dan berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Sumber vitamin A bermacam-macam, baik dari sumber nabati maupun hewani. Vitamin A banyak terdapat pada sayuran seperti wortel, kangkung, ikan, susu, dan hati. Selain itu vitamin A juga banyak terdapat pada buah-buahan, seperti melon, mangga, anggur, nanas, alpukat dan sebagainya.

Manfaat Vitamin A

Vitamin A banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan. Vitamin A juga dapat berperan sebagai sistem imun eksternal dalam melindungi tubuh dari infeksi bakteri. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus. Selain itu vitamin A juga berperan sebagai antioksidan. Betakaroten salah satu bentuk vitamin A, merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas (Sumber : Wikipedia).

Berikut ini 25 jenis buah yang mengandung vitamin A tertinggi :

buah sumber vitamin A

( Buah sumber vitamin A : buah melon, aprikot, markisa, jeruk bali dan mangga )


1. Buah Melon

Buah dengan kandungan vitamin A tertinggi adalah buah melon. Melon merupakan buah konsumsi yang memiliki rasa manis dengan aroma khas, teksturnya renyah dan banyak mengandung air. Buah melon adalah buah yang baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, karena kandungan kalorinya yang rendah. Pada buah melon terdapat bermacam-macam kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah vitamin A. Kandungan Vitamin A pada buah melon mencapai 3382 IU/100 gr, 563.67% Akg. Kandungan vitamin A pada melon adalah yang paling tinggi diantara buah-buahan lainnya. Dalam 100 gram buah melon segar terdapat kandungan vitamin A sebanyak 3382 IU dan mampu memenuhi 112% dari jumlah keseluruhan kebutuhan vitamin A harian tubuh kita.

2. Buah Aprikot

Buah aprikot yang memiliki nama ilmiah sebagai Prunus armeniaca adalah buah yang konon berasal dari daratan Cina atau Asia Tengah. Kulit buah ini berwarna kuning hingga oranye kemerahan dan buahnya berukuran kecil. Buah aprikot termasuk dalam keluarga Rosaceae dari spesies P. armeniaca. Buah aprikot memiliki khasiat untuk mencegah atau mengobati berbagai gangguan kesehatan karena kandungan mineral dan vitamin yang ada didalamnya. Buah ini bisa dikonsumsi langsung sebagai buah segar atau dikeringkan terlebih dahulu. Kandungan vitamin A pada buah aprikot mencapai 1926 IU atau sekitar 64% dari jumlah keseluruhan kebutuhan vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Buah Markisa

Buah markisa adalah buah yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis di daratan Amerika. Markisa memiliki nama ilmiah sebagai Passiflora edulis, termasuk dalam keluarga Passifloraceae dari spesies P. edulis. Di beberapa negara markisa memiliki sebutan yang beragam, seperti maracuja (Portugis), maracuya (Spanyol), passion fruit (Inggris), granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), pasiflora (Israel), chanh leo (Vietnam) dan sebutan-sebutan lainnya. Markisa bisa dikonsumsi sebagai buah segar atau dibuat jus dan sirup buah. Di Indonesia terdapat beberapa jenis markisa, diantaranya adalah markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh didataran tinggi dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Baik markisa ungu maupun markisa kuning sama-sama memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, yaitu sebesar 1274 IU/100 gram markisa segar.

Baca juga  14 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

4. Buah Jeruk Bali

Jeruk bali adalah jenis jeruk yang ukuran buahnya paling besar diantara jenis jeruk lainnya. Bulir buahnya berwarna kemerahan dan besar, rasanya manis dan mengandung air. Jeruk bali memiliki nama ilmiah sebagai Citrus grandis, C. maxima. Nama lain dari jeruk bali adalah pamelo (bahasa Inggris). Di dalam 100 gram jeruk bali segar terdapat kandungan vitamin A sebanyak 1150 IU. Jeruk bali bisa dikonsumsi sebagai jus atau sebagai bahan minuman segar, dapat juga dikonsumsi secara langsung.

5. Buah Mangga

Buah mangga adalah buah yang merakyat di Indonesia, tidak ada yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Hampir setiap keluarga memiliki pohon buah mangga. Terdapat puluhan jenis buah mangga yang ada di Indonesia. Buah mangga memiliki nama ilmiah sebagai Mangifera indica, dan di Indonesia memiliki sebutan daerah yang berbeda-beda seperti misalnya boh mampelam (Aceh), pelem, poh (Jawa), dan sebutan-sebutan lainnya. Kulit buah mangga ada yang berwarna hijau, ungu atau kekuningan dengan warna daging buah yang rata-rata berwarna kuning oranye. Kandungan vitamin A pada buah mangga cukup tinggi, yaitu sebesar 765 IU dalam setiap 100 gram buah mangga segar. Jumlah kandungan vitamin A tersebut mampu mencukupi 25% dari jumlah keseluruhan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

buah-buahan sumber vitamin A

(Buah sumber vitamin A : Pepaya, chery, tomat, jambu biji dan semangka)


6. Buah Pepaya

Berikutnya adalah buah pepaya atau kates, buah pepaya fenomenal dengan khasiatnya dalam mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya, karena buah pepaya mengandung serat yang tinggi. Tidak hanya itu, biji, daun dan akar pepaya juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Kandungan vitamin A pada buah pepaya juga tinggi, yaitu sebesar 1094 IU didalam setiap 100 gram buah pepaya segar. Buah pepaya rasanya manis dan bertekstur lembut, banyak disukai orang dewasa hingga anak-anak.

7. Buah Cherry

Bentuknya bulat kecil dan imut-imut, tapi memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh. Buah chery memiliki rasa yang tidak terlalu manis, tekstur buahnya kenyal dan kesannya menyegarkan. Warna buah chery bervariasi, dari merah pekat, merah kehitaman hingga kombinasi warna pink, merah dan sedikit warna putih. Buah cherry mengandung bermacam-macam nutrisi dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dalam 100 gram buah cherry segar terdapat vitamin A sekitar 767 IU.

8. Buah Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran buah yang banyak dijumpaia di Indonesia. Buah tomat muda berwarna hijau dan berubah menjadi oranye hingga merah ketika matang. Buah tomat kaya akan gizi dan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin A. Dalam 100 gram buah tomat segar terdapat vitamin A sekitar 642 IU. Buah tomat sangat baik dikonsumsi oleh penderita obesitas atau seseorang yang sedang menjalani program diet karena banyak mengandung serat dan rendah kalori.

9. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang kaya akan vitamin, sumber mineral, dan mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Daging buah jambu biji memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis. Bisa dikonsumsi sebagai jus atau dimakan langsung sebagai buah segar. Kandungan vitamin A pada jambu biji terbilang tinggi, terdapat sekitar 624 IU vitamin A dalam setiap 100 gram buah jambu biji segar.

10. Buah Semangka

Buah semangka kandungan airnya cukup banyak, rasanya manis dan menyegarkan. Sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca panas sebagai penghilang rasa haus dan untuk menyegarkan badan. Buah semangka kaya akan kandungan lycopene dan vitamin, terutama vitamin A. Dalam 100 gram buah semangka segar terdapat sekitar 569 IU dan mampu memenuhi 19% kebutuhan harian vitamin A dari jumlah total yang dibutuhkan oleh tubuh.

buah sumber vitamin A 3

(Buah sumber vitamin A : buah plum, persik, jeruk, labu dan blackberry)


11. Buah Plum

Baca juga  Kandungan Gizi dan 12 Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Plum atau prem merupakan buah dari pohon keluarga rosaceae dan genus prunus. Buahnya berbentuk bulat, berwarna merah kehitaman hingga ungu. Buah plum kaya akan nurisi dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah plum juga merupakan sumber antioksidan alami yang tinggi serta sumber vitamin A. Kandungan vitamin A pada 100 gram buah plum segar sekitar 326 IU.

12. Buah Persik

Buah persik memiliki nama latin sebagai Prunus persica merupakan buah dari tanaman yang masih satu keluarga dengan buah plum, yaitu famili Rosaceae. Daging buah persik berwarna kuning dan tebal dan beraroma harum yang khas. Buah persik adalah buah dengan kandungan kalori yang rendah, sumber antioksidan dan sumber vitamin A. Dalam 100 gram buah persik segar terdapat sekitar 326 IU vitamin A.

13. Buah Jeruk

Buah jeruk fenomenal dengan kandungan vitamin C yang ada didalamnya, rasanya manis, agak sedikit masam dan segar. Buah jeruk juga mengandung vitamin A yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 225 IU didalam 100 gram buah jeruk segar.

14. Buah Labu

Labu adalah buah dari tanaman merambat yang banyak terdapat di Indonesia. Buah labu banyak dimanfaatkan sebagai kolak, bahan pembuatan dodol dan olahan masakan lainnya. Bahkan dibeberapa daerah di Indonesia, buah labu muda dimanfaatkan sebagai sayuran. Buah labu merupakan buah sumber karbohidrat yang rendah lemak, mengandung berbagai macam mineral dan sumber vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram buah labu terdapat sekitar 217 IU vitamin A.

15. Blackberry

Blacberry adalah buah yang dihasilkan dari beberapa spesies tanaman dari famili Rosaceae. Meskipun pakai nama beri tapi sebenarnya secara botani buah ini disebut buah agregat dan bukan merupakan varian dari berri. Buah bleckbery mengandung berbagai macam zat dan vitamin, termasuk didalamnya adalah vitamin A. Buah ini mengandung zat gula yang rendah kalori yang disebut zat xylitol. Kandungan vitamin A pada buah blackberry adalah 214 IU dalam setiap 100 gram buah segar.

buah sumber vitamin A 4

(Buah sumber vitamin A : buah kurma, alpukat, tin, nangka dan kiwi)


16. Buah Kurma

Buah kurma adalah buah yang berasal dari timur tengah yang dihasilkan dari pohon sejenis palm dan termasuk dalam keluarga Arecaceae. Kurma memiliki nama latin sebagai Phoenix dactylifera yang dalam bahasa arab disebut Tamr. Buah kurma memiliki rasa yang manis dan merupakan buah yang sering dokonsumsi saat bulan puasa oleh umat beragama Islam. Buah kurma dipercaya mampu membangkitkan tenaga setelah seharian berpuasa tanpa makan dan minum. Selain manis dan enak, buah kiurma juga banyak mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin A pada 100 gram buah kurma sekitar 149 IU.

17. Buah Alpukat

Buah alpukat yang sering juga disebut apokat atau avokad merupakan buah yang memiliki tekstur daging buah yang lembut dan berbiji besar. Buah alpukat konon berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan kini banyak terdapat di Indonesia. Buah alpukat diyakini memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti kencing batu, darah tinggi dan sebagainya. Didalam buah alpukat juga terdapat berbagai macam vitamin, yaitu vitamin E, vitamin K dan tentu saja vitamin A. Kandungan vitamin A pada alpukat sekitar 146 IU dalam setiap 100 gram buah alpukat segar. Buah alpukat banyak dikonsumsi sebagai jus dan berbagai macam olahan masakan lainnya.

18. Buah Tin

Buah tin atau disebut juga buah ara memiliki nama latin Ficus carica L. merupakan buah dari tanaman yang konon berasal dari wilayah Asia Barat. Dalam bahasa Inggris buah tin atau ara disebut fig. Buah tin bisa dimakan langsung sebagai buah segar, dikeringkan atau dibuat selai. Buah tin tidak tahan lama atau mudah rusak, sehingga harus segera dikonsumsi setelah dipetik dari pohonnya. Dalam buah tin mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti potassium, kalsium dan juga vitamin A. Kandungan vitamin A pada buah tin sekitar 142 IU dalam setiap 100 gram buah tin segar.

Baca juga  Anda Ingin Kurus ? Coba Konsumsi 5 Jenis Buah Ini

19. Buah Nangka

Buah nangka merupakan buah dari pohion yang bernama sama, yaitu nangka. Buahnya besar dengan kulit berduri-duri pendek dan bergetah. Buah nagka rasanya manis dan memiliki aroma yang khas, bisa dikonsumsi langsung sebagai buah segar ketika sudah matang atau dioleh dengan berbagai macam kreasi masakan. Didalam buah nangka diketahui mengandung berbagai macam zat dan mineral, seperti kalsium dan fosfor. Tidak ketinggalan juga vitamin A, kandungan vitamin A pada buah nangka sekitar 110 IU dalam setiap 100 gram buah nangka segar.

20. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah buah dari tanaman keluarga Actinidiaceae dari genus Actinidia. Dalam bahasa latin buah kiwi disebut Actinidia deliciosa dan masih sejenis dengan berri. Pada buah kiwi terdapat berbagai macam mineral dan bermacam-macam vitamin yang butuhkan oleh tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah kiwi antara lain vitamin C, vitamin E, vitamin K dan juga vitamin A. Dalam setiap 100 gram buah kiwi terdapat sekitar 87 IU vitamin A.

buah sumber vitamin A 5

(Buah sumber vitamin A : buah kesemek, anggur, nanas, apel dan raspberry)


21. Buah Kesemek

Buah kesemek dalam bahasa Inggris disebut Oriemtal persimmon dan dikenal juga dengan sebutan buah kaki. Buah yang berasal dari pohon keluarga Ebenaceae ini memiliki nama latin sebagai Diospyros kaki. Dalam buah kesemek terdapat zat tanin yang dalam bahasa Jepang disebut kaki. kandungan vitamin A pada buah kesemek sekitar 81 IU dalam setiap 100 gram buah kesemek.

22. Buah Anggur

Siapa yang tidak kenal dengan buah anggur? Buah anggur memiliki rasa yang manis dan lezat, banyak disukai meskipun di Indonesia harganya lumayan mahal. Buah anggur diketahui mengandung gizi yang cukup lengkap dengan berbagai macam vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K dan vitamin A. Kandungan vitamin A pada buah anggur sekitar 66 IU dalam setiap 100 gramnya.

23. Buah Nanas

Nanas atau nenas merupakan buah yang banyak terdapat di Indonesia, rasanya manis dan sedikit asam. Nanas memiliki nama latin Ananas comosus (L) Merr. dan konon berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. nanas adalah buah daerah tropis yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Pada buah nanas diketahu mengandung bermacam-macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti ptassium dan mangan. nanas juga mengandung folat dan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam setiap 100 gram buah nanas sekitar 58 IU.

24. Buah Apel

Buah apel adalah buah yang dihasilkan oleh pohon berkayu dari keluarga Rosaceae dari genus Malus. Buah apel memiliki ukuran dan warna kulit buah yang bervariasi, seperti merah, kuning atau hijau (tergantung varietasnya). Tekstur daging buah apel ada yang renyah dan ada yang sedikit lembek dengan rasa yang tidak terlalu manis. Buah apel memiliki nama latin malus sylvestris, dapat dikonsumsi langsung, dibuat jus, selai, keripik dan berbagai macam olahan makanan lainnya. Didalam buah apel juga terdapat vitamin A, yaitu sekitar 54 IU dalam setiap 100 gram buah apel segar.

25. Raspberry

Buah raspberry sering juga disebut buah hindberry, konon berasal dari wilayah Asia Timur dan Asia Utara. Buah raspberry memiliki berbagai macam varian, seperti rasbpberry merah, hitam, ungu, oranye, dan putih. Buah rasp berry kaya akan serat, vitamin dan merupakan sumber antioksidan. Diantara ke-24 jenis buah-buahan diatas, buah raspberry adalah buah yang kandungan vitamin A nya paling sedikit, yaitu hanya sekitar 33 IU dalam setiap 100 gram buah raspberry segar.

Demikian tentang “25 Jenis Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tertinggi” serta manfaat vitamin A untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...