21 Manfaat dan Khasiat Ashitaba Untuk Kesehatan

Ashitaba

Tanaman Obat – Tanaman ashitaba yang di Indonesia akrab disebut seledri jepang memiliki khasiat yang luar biasa. Beberapa zat penting yang terkandung pada tanaman ashitaba memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Masyarakat Jepang telah memanfaatkan ashitaba sebagai obat herbal sejak zaman dahulu kala, dan hingga kini dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan modern. Orang Jepang percaya bahwa ashitaba membuat umur lebih panjang. Tanaman herbal yang kini sudah dibudidayakan di Indonesia ini memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, anti tumor, anti kanker dan antiaging. Seluruh bagian dari tanaman ashitaba memiliki khasiat sebagai obat, mulai dari akar, batang, daun dan getahnya.

Manfaat Ashitaba Untuk Kesehatan

Daun Ashitaba


Kandungan Nutrisi Ashitaba

Ashitaba memiliki bermacam-macam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin, serat dan mineral. Seperti yang dilansir Japan FDA OS, dalam 100 gram ashitaba diketahui mengandung vitamin A 21300 IU, vitamin B1 1.15 mg, vitamin B2 1.97 mg, vitamin B6 1.11 mg, vitamin B12 0.04 ug, vitamin C 330 mg, vitamin E 25.5 mg, biotin 28.5 ug, serat 28.1 gr, karoten total 38.3 mg, asam pantotenat 3.48 mg, protein 36.8 mg, mangan 216 mg, kalsium 478 mg, zat besi 31.9 mg, potasium 4.06 gr dan sodium 365 mg.

Gambar Getah Ashitaba

Getah Ashitaba



Khasiat dan Manfaat Ashitaba


1. Menyehatkan Kulit dan Menghilangkan Kerutan

Ashitaba memiliki sifat anti-aging dan berkhasiat untuk menyehatkan kulit dan mencegah serta menghilangkan kulit berkerut. Ashitaba juga mampu meregenerasi sel-sel kulit yang mati, mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

2. Melancarkan Peredaran Darah & Mencegah Pembekuan Darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dr. Yoshiko dari Osaka University of Pharmacy, mengemukakan bahwa ashitaba berkhasiat melancarkan peredaran darah dan mencegah pembekuan darah.

Baca juga  Tips Mencerahkan Kulit Ketiak Dengan Jeruk Nipis

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ashitaba berkhasiat dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Imunitas yang baik dapat mencegah seseorang terserang berbagai macam penyakit.

4. Kaya Serat

Serat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ashitaba adalah tanaman yang kaya nutrisi dan serat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Sebagai Antioksidan Alami Yang Kuat

Ashitaba kaya akan flavanoid antioksidan (chalcones) yang dapat mencegah dan mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Anti Bakteri & Anti Inflamasi

Ashitaba bersifat anti bakteri yang berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit akibat bakteri. Ashitaba juga bersifat anti inflamasi atau anti radang dan berkhasiat mengatasi peradangan. Ashitaba dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat, luka goresan, borok, dan gigitan serangga.

7. Penangkal Sinar Ultraviolet (UV)

Ashitaba dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

8. Mencegah Infeksi

Ashitaba berkhasiat mencegah infeksi akibat bakteri dan peradangan, hal ini berhubungan dengan sifatnya sebagai anti-bakterial dan anti-inflamasi.

9. Menyehatkan Rambut

Ashitaba juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut lebih berkilau.

10. Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam ashitaba bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ashitaba kaya akan serat dan berkhasiat meningkatkan metabolisme. Jika metabolisme meningkat lemak dalam tubuh akan terbakar lebih banyak.

12. Memperbaiki Fungsi Hati dan Ginjal

Zat-zat yang terkandung dalam ashitaba diketahui bermanfaat menjaga kesehatan dan memperbaiki fungsi organ – organ tubuh manusia, terutama organ hati dan ginjal.

13. Menurunkan Kolesterol dan Menstabilkan Tekanan Darah

14. Mencegah Kanker

15. Mencegah Tumor

16. Sebagai Detoksifier Untuk Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

17. Berkhasiat Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Stroke

18. Berkhasiat Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah (anti diabetes)

Baca juga  Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

19. Merangsang Produksi Sel Darah Merah

20. Sebagai Pembersih Darah

21. Meningkatkan Daya Pikir dan Menyehatkan Otak

Demikian beberapa manfaat dan khasiat tanaman ashitaba. Karena memiliki manfaat sebagai penyembuh bermacam-macam penyakit inilah, maka tanaman ashitaba dijuluki sebagai “malaikat penyembuh” dan “tanaman panjang umur”. Semoga bermanfaat…
Baca juga :
Ashitaba, Seledri Jepang Kaya Manfaat
14 Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan

Salam mitalom !!!

loading...