21 Jenis Tanaman Liar Yang Berkhasiat Sebagai OBAT HERBAL

Jenis-jenis Tanaman Liar Berkhasiat Obat

Tanaman ObatPengertian TANAMAN OBAT atau Pengertian TANAMAN HERBAL atau Pengertian TUMBUHAN HERBAL atau Pengertian POHON OBAT adalah semua jenis tanaman, termasuk juga tanaman liar atau gulma yang memiliki khasiat, manfaat dan fungsi untuk mengobati penyakit, meringankan penyakit, mencegah penyakit atau menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebenarnya seluruh isi dari alam ini memliki khasiat dan manfaatnya masing-masing bagi manusia. Tanaman liar sekalipun ternyata memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati suatu penyakit. Disekitar kita ternyata banyak terdapat tumbuhan liar yang berkhasiat sebagai obat. Tumbuhan liar tersebut seringkali kita anggap gulma atau tumbuhan pengganggu yang tidak memiliki manfaat. Contohnya adalah obat herbal BAYAM DURI dan tumbuhan ANTING-ANTING, keduanya sering kita abaikan begitu saja padahal tumbuhan tersebut memiliki khasiat sebagai obat. Tumbuhan tersebut bisa kita tanam sebagai Tanaman Obat Keluarga Bayam Duri dipekarangan rumah. Tumbuahan anting-anting memiliki khasiat sebagai Tanaman OBAT KORENG atau penyakit kulit.

Berikut ini 21 jenis tumbuhan liar yang berkhasiat sebagai obat, gambar tumbuhan obat herbal, jenis-jenis tanaman obat, penjelasan singkat tentang tanaman obat, nama ilmiah tanaman obat, kandungan senyawa tanaman obat, tanaman obat tradisional dan kegunaannya serta uraian singkat mengenai tanaman obat ;

1. Alang-alang / ilalang

Manfaat dan Khasiat Akar Ilalang Untuk Obat

Alang-alang / Ilalang


Rumput alang-alang disetiap daerah memiliki sebutan yang berbeda, misalnya halalang, alalang (Banjarmasin, Minangkabau), lalang (Melayu, Madura, Bali), eurih (Sunda), rih (Batak), jih (Gayo), re (Sasak, Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulawesi Selatan), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain sebagainya. Alang-alang, ilalang atau lalang adalah tanaman liar yang sering dianggap gulma pada lahan pertanian. Daun ilalang memiliki ujung runcing dan panjang, banyak tumbuh dimana-mana karena ilalang memiliki daya tahan yang kuat terhadap cekaman lingkungan. Bahasa ilmiah alang-alang adalah Imperata cylindrica dari keluarga Poaceae.

Manfaat dan Khasiat ALANG-ALANG Untuk Pengobatan ;

Meskipun rumput ilalang sering dianggap gulma dan menganggu tanaman budidaya namun ternyata tanaman liar ini memiliki beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah akar atau rimpangnya yang berwarna putih beruas-ruas. Akar ilalang diketahui berkhasiat untuk mengobati panas dalam, sariawan, meluruhkan kencing (diuretika), mengobati demam, obat sakit ginjal, mengatasi mimisan, mengatasi kencing darah dan lain-lain.

2. Anting-anting

Khasiat dan Manfaat Tumbuhan Anting-anting Untuk Obat Koreng

Anting-anting


Anting-anting (Acalypha australis linn) merupakan tumbuhan liar yang sering dianggap gulma. Tanaman anting-anting memiliki tajuk yang tidak terlalu besar, batangnya kecil dengan tinggi tanaman mencapai 50 cm. Daun hampir bulat telur dan memiliki bunga berwarna hijau. Tanaman anting-anting banyak tumbuh dikebun, pekarangan dan juga ditemukan pada areal lahan budidaya. Tanaman gulma ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat herbal.

Manfaat dan Khasiat ANTING-ANTING Untuk Pengobatan :

Tanaman anting-anting diketahui memiliki khasiat dan manfaat untuk mengatasi pendarahan pada luka, menghentikan darah mimisan, membantu mempercepat penyembuhan luka, sebagai antibiotik, peluruh kencing (diuretik), obat gatal-gatal, obat radang, obat diare dan mengatasi batuk berdarah.

3. Bandotan / Babadotan

Manfaat dan Khasiat Bandotan Untuk Obat Herbal

Bandotan / Babadotan / Wedusan


Bandotan memiliki nama ilmiah Ageratum conyzoides, adalah tumbuhan liar yang banyak ditemukan di areal lahan pertanian, tepi jalan, dikebun dan pekarangan. Tumbuhan liar yang sering dianggap gulma ini konon awal mulanya berasal dari Amerika, dan telah sejak lama ada di Indonesia. Gulma dari suku Asteraceae ini memiliki banyak nama daerah, antara lain babandotan, babadotan (Sunda), wedusan (Jawa), dus-dusan (Madura), rumput balam (Pontianak). Dalam bahasa inggris bandotan disebut Billygoat-weed, Goatweed, Chik weed atau Whiteweed. Ciri khas dari rumput bandotan adalah baunya yang menyerupai bau kambing. Zat yang terkandung dalam babadotan adalah sebagai berikut: minyak esensial, alkaloid, dan kumarin. Meski demikian, tumbuhan ini juga memiliki daya racun. Di Barat, bandotan juga dimanfaatkan sebagai insektisida dan nematisida. Sementara, penelitian lain menemukan bahwa bandotan dapat menyebabkan luka-luka pada hati dan menumbuhkan tumor. Tumbuhan ini mengandung alkaloid pirolizidina.

Manfaat dan Khasiat BANDOTAN Untuk Pengobatan :

Tumbuhan bandotan daunnya sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan luka lecet atau luka terkena benda tajam. Bandotan juga berkhasiat sebagai obat sakit dada, obat mata terasa panas, obat sakit perut.

4. Bayam Duri

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Bayam Duri

Bayam Duri


Bayam duri (Amaranthus spinosios) merupakan tanaman sejenis bayam, tetapi pada pohonnya terdapat duri-duri tajam. Tumbuhan bayam berduri ini merupakan tumbuhan liar atau gulma. Banyak tumbuh diladang atau areal lahan pertanian. Tumbuhan berduri ini tumbuh liar dengan sendirinya tanpa ditanam. Sering tumbuh sendiri pada lahan pertanian dan dibuang begitu saja karena dianggap sebagai gulma pengganggu tanaman budidaya. Batang, daun dan bunga dari tanaman ini sama persis dengan bayam yang biasa dikonsumsi, hanya saja terdapat duri pada batang nya dan bisa tumbuh tinggi hingga 150 cm.

Manfaat dan Khasiat BAYAM DURI Untuk Pengobatan :

Bayam duri meskipun tanaman liar, tapi ternyata memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat. Akar dari bayam duri berkhasiat untuk mengobati bisul, wasir (hemoroid), ekzema, gusi berdarah, gusi bengkak, melancarkan ASI, meringankan demam, mengobati kutil, serta obat luka bakar.

5. Benalu Teh

Manfaat Benalu Teh Sebagai Obat Herbal

Benalu Teh


Benalu teh adalah tumbuhan benalu yang menumpang hidup pada pohon teh. Biasanya pohon-pohon teh yang tumbuh liar dan tidak terurus bisa ditumbuhi oleh tanaman benalu ini. Persebaran tanaman benalu teh dibantu oleh burung. Burung yang memakan biji dari tumbuhan ini menyebarkan bibit benalu teh melalui kotorannya. Konon benalu teh tidak dapat tumbuh jika dibudidayakan atau sengaja ditanam.

Manfaat dan Khasiat BENALU TEH Untuk Pengobatan :

Benalu teh diketahui memiliki berbagai khasiat dan manfaat dalam dunia pengobatan herbal. Khasiat benalu teh antara lain mengatasi gangguan syaraf, mengurangi resiko pikun, mengatasi sinusitis, menurunkan kadar gula darah, kanker, kista, myom, tumor, kolesterol, menurunkan darah tinggi, mengatasi asam urat serta mengatasi rheumatik.

Baca juga  250 Jenis TANAMAN OBAT Lengkap dengan Manfaat dan Khasiatnya (Page 1)

6. Brotowali / Baratawali

Manfaat dan Khasiat Brotowali Untuk Obat

Brotowali


Brotowali (Tinospora crispa L.) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di hutan dan semak-semak. Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang kini banyak ditanam dipekarangan rumah. Air rebusan brotowali memiliki rasa yang sangat pahit dan banyak digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman ini kaya kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin). Brotowali memiliki berbagai sebutan daerah, misalnya andawali, antawali, putra wali atau daun gadel.

Manfaat dan Khasiat BROTOWALI Untuk Pengobatan

Air rebusan brotowali dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi reumatik, menurunkan kadar gula darah, membantu mengatasi kencing manis, menurunkan panas, obat sakit kulit, menambah nafsu makan, obat sakit kuning, obat gatal, obat malaria, merangsang kerja syaraf, mengatasi sakit pinggang dan diare.

7. Cakar Ayam

Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Cakar Ayam Untuk Obat Herbal

Cakar Ayam


Tanaman cakar ayam (Selaginella doederleinii hieron) merupakan tumbuhan liar yang tumbuh pada tempat-tempat yang teduh dan berhawa sejuk. Banyak terdapat ditepi-tepi jurang yang berlumut dan lembab, daunnya menyerupai cakar ayam sehingga dinamai tumbuhan cakar ayam. Bagian tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman. Nama daerah untuk tanaman ini antara lain ; rumput solo, cemara kipas gunung, cakar ayam (Jawa), paku rane (Sunda), menter (Betawi), tai lantuan (Madura), usia (Ambon), sikili batu, lingonai (Minangkabau).

Manfaat dan Khasiat Tumbuhan CAKAR AYAM Untuk Pengobatan :

Tumbuhan cakar ayam diketahui memiliki khasiat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Manfaat tumbuhan cakar ayam untuk pengobatan antara lain : mengobati kanker paru, mengobati bronkitis, mengatasi radang paru, tonsilis, mengobati batuk, mengatasi korengan, obat perut busung, obat infeksi saluran kencing dan obat rheumatik.

8. Ciplukan

Manfaat dan Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan

Ciplukan


Ciplukan (Physalis peruviana) adalah tanaman yang tumbuh secara liar dan banyak ditemukan diareal lahan pertanian, kebun, pekarangan dan pada lahan-lahan terbuka. Tanaman ini adalah salah satu dari genus Physalis anggota dari suku Solonaceae. Masyarakat Sunda menyebut ciplukan dengan nama cecenet atau cecendet. Di Madura disebut nyur-nyuran dan masyarakat Bali menyebut kopok-kopokan. Ciplukan merupakan tanaman Herba berumur setahun, tegak, tinggi s/d 1 m. Batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak rata. Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2–4 cm panjangnya. Buah buni di dalamnya bulat memanjang, 1,5–2 cm, kekuningan jika masak, manis dan disukai anak-anak.

Manfaat dan Khasiat CIPLUKAN Untuk Pengobatan :

Kandungan pada ciplukan diantaranya; glukosa, tanin, vitamin C, asam citrun, fisalin, alkaloid, chlorogenik acid fisalin, asam malat dan kriptoxantin. Tanaman ciplukan bersifat analgetik dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain sebagai obat batuk, obat rheumatik, obat bisul, obat fludan mengatasi diabetes.

9. Daun Kentut

Khasiat dan Manfaat Daun Kentut Untuk Pengobatan

Daun Kentut


Daun kentut (Paederia foetida) merupakan tumbuhan yang tumbuh secara liar dan kerap dianggap gulma atau tumbuhan pengganggu. Tanaman ini adalah salah satu dari genus Paederia anggota dari suku Rubiaceae. Kenapa disebut daun kentut? Ya, tanaman ini memiliki bau mirip dengan bau kentut sehingga dinamai daun kentut. Sebuah penelitian mengungkapkan pada daun kentut terkandung asperulodise, deactelylas peruloside, scandoside, paederosid, paederosidic, gama-sitosterol, arbutin, oleanolic acid.

Manfaat dan Khasiat DAUN KENTUT Untuk Pengobatan :

Tumbuhan daun kentut diketahui berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, mengobati cacar ular, mengatasi perut mules karena masuk angin, mengatasi sakit lambung, mengobati sariawan, mengobati radang telinga, mengobati mata bengkak, serta mengobati disentri.

10. Daun Sendok

Manfaat dan Khasiat Daun Sendok Untuk Obat

Daun Sendok


Daun sendok merupakan tumbuhan liar yang banyak terdapat di perkebunan teh atau perkebunan karet, dan banyak tumbuh secara liar dihutan, perladangan, halaman rumah yang agak lembab. Disebut daun sendok karena tumbuhna ini memiliki daun yang cekung keatas seperti sendok. Daun sendok merupakan salah satu tanaman dari genus Plantago, anggota dari suku Plantaginaceae. Tumbuhan ini memiliki banyak nama lokal, seperti ki urat ceuli, ceuli uncal (Sunda), meloh kiloh, otot-ototan, sangka buwah, sangkuwah, sembung otot, suri panduk (Jawa), daun urat, daun urat-urat, ekor angin, kuping menjangan (Melayu) dan torongoat (Minahasa).

Manfaat dan Khasiat DAUN SENDOK Untuk Pengobatan :

Kandungan pada daun sendok diantaranya flavonoid dan polifenol, disamping itu daunnya mengandung vitamin C, asam sitrat dan tanin. Kandungan tanin pada daun sendok diperkirakan mempunyai efek sebagai adstrigen sehingga dapat mengurangi diare dengan menciutkan selaput lndir usus. Manfaat daun sendok antara lain sebagai peluruh kencing, sebagai antiradang, pengencer dahak, mengatasi batuk, serta memperbaiki gangguan pada penglihatan.

11. Jamur Kuping

Manfaat dan Khasiat Jamur Kuping Sebagai Obat

Jamur Kuping


Jamur kuping memiliki nama ilmiah Auricularia auricula adalah salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Jamur kuping sering tumbuh pada kayu mati atau lapuk, serta tumbuh pada bahan yang mengandung selulosa pada kondisi yang lembab. Jamur ini disebut jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia (kuping). Karakteristik dari jamur kuping ini adalah memiliki tubuh buah yang kenyal (mirip gelatin) jika dalam keadaan segar. Namun, pada keadaan kering, tubuh buah dari jamur kuping ini akan menjadi keras seperti tulang. Bagian tubuh buah dari jamur kuping berbentuk seperti mangkuk atau kadang dengan cuping seperti kuping.

Manfaat dan Khasiat JAMUR KUPING Untuk Pengobatan :

Jamur kuping memiliki banyak kandungan nutrisi, antara lain air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu dan nilai energi sebesar 351 kal. Jamur kuping berkhasiat mengatasi panas dalam, mengurangi rasa sakit luka bakar, sebagai anti racun, menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan darah, mengatasi hipertensi, mengobati wasir, melancarkan BAB, serta mengatasi anemia.

Baca juga  250 Jenis TANAMAN OBAT Lengkap dengan Manfaat dan Khasiatnya (Page 2)

12. Kitolod

Khasiat dan Manfaat Kitolod Untuk Obat Mata

Kitolod


Kitolod (Hippobroma longifora, Isotoma longifora) adalah tanaman heba yang tumbuh liar dan mudah ditemukan pada tempat-tempat lembab seprti tepi selokan, tepi sungai, pematang sawah atau ditepi tempat yang berair lainnya. Batang tanaman kitolod berkayu berwarna hijau dan bergetah. Daun kitolod berwarna hijau, panjang, bergerigi dengan ujung daun runcing. Bunga kitolod berwarna putih, berbentuk seperti lonceng dengan mahkota menyerupai bintang.

Manfaat dan Khasiat KITOLOD Untuk Pengobatan :

Kitolod mengandung zat alkaloid seperti lobelin, lobelamin, dan isotomin, saponin, flovonoid, dan polifenol. Getah kitolod meskipun beracun, tetapi bagian lain memiliki kandungan efek antinflamasi / antiradang, antikanker, analgesik, dan hemostatik. Tanaman ini berkhasiat untuk obat mata, sakit gigi, menyembuhkan luka, obat asma, obat radang tenggorokan.

13. Krokot

Manfaat dan Khasiat Krokot Untuk Obat Herbal

Krokot


Tanaman krokot (Portulaca) adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh dilahan-lahan pertanian, tepi jalan, atau halaman rumah. Portulaca merupakan salah satu genus dari tanaman suku Portulacaceae. Didunia terdapat sekitar 100 spesies Portulaca yang ditemukan di daerah tropis dan daerah yang memiliki empat musim. Batang krokot berbentuk bulat yang seluruhnya berada diatas permukaan tanah, batang berwarna coklat keunguan dan memiliki rasa sedikit asam dan asin. Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, warna daun permukaan atas berwarna hijau tua dan permukaan bawah daun berwarna merah tua.

Manfaat dan Khasiat KROKOT Untuk Pengobatan :

Krokot mengandung omega 3, asam alfa-linolenat dan asam lemak. Kandungan asam lemak pada krokot lebih tinggi daripada ikan. Daun krokot adalah sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin A tertinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Tanaman krokot juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks (karotenoid, prydoxine, riboflavin dan niacin). Selain itu, krokot juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, besi serta magnesium. Krokot berkhasiat untuk menyehatkan mata, anti radang, antioksidan, mengurangi resiko stroke, penawar bisa lipan, mengobati wasir dan sakit kuning.

14. Meniran

Khasiat dan Manfaat Meniran Untuk Obat Kesehatan

Meniran


Meniran adalah salah satu jenis gulma / tanaman liar yang banyak tumbuh diarea lahan pertanian. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus urinaria ini berasal dari genus Phyllanthus dari famili Phyllantheae. Tanaman gulma ini sering mengganggu tanaman budidaya dan dianggap sebagai rumput liar sehingga sering dicabut/dimusnahkan begitu saja. Padahal jika anda tahu, tanaman ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Ciri khas tanaman meniran adalah memiliki batang bulat agak kemerahan dan basah berair. Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong. Bunga tumbuhan ini terdapat pada setiap ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah. Meniran biasa hidup secara liar pada lahan terbuka, tanah berpasir, tepi sungai dan pantai.

Manfaat dan Khasiat MENIRAN Untuk Pengobatan :

Meniran merupakan tumbuhan herba yang tumbuh liar / tidak ditanam. Tanaman ini memiliki kandungan berbagai senyawa kimia, antara lain zat filantin, kalium, damar dan zat penyamak. Meniran memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kuning, obat disentri, obat batuk, obat demam, obat ayan, obat malaria, mengatasi darah haid yang berlebihan, peluruh air seni, mengatasi hipertensi, obat sakit pinggang dan lain sebagainya.

15. Putri Malu

Khasiat dan Manfaat Putri malu Untuk Obat Herbal

Putri Malu


Putri malu memiliki nama ilmiah Mimosa pudica, berasal dari famili Fabaceae. Tanaman ini merupakan rumput liar dengan batang berduri. Ciri khas putri malu yang mudah dikenali adalah ketika disentuh daun-daunnya akan menutup / layu dengan sendirinya. Oleh sebab itu tanaman liar ini dinamai putri malu. Keunikan dari tanaman ini adalah bila daunnya disentuh, ditiup, atau dipanaskan akan segera “menutup”. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Rangsangan tersebut juga bisa dirasakan daun lain yang tidak ikut tersentuh. Gerak ini disebut seismonasti, yang walaupun dipengaruhi rangsang sentuhan (tigmonasti), sebagai contoh, gerakan tigmonasti daun putri malu tidak peduli dari mana arah datangnya sentuhan. Daun putri malu juga akan menutup dengan sendirinya ketika malam tiba dan akan terbuka kembali ketika matahari terbit.

Manfaat dan Khasiat PUTRI MALU Untuk Pengobatan ;

Putri malu diketahui berkhasiat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, antara lain sebagai obat peradangan, mengatasi keputihan pada wanita, membantu menurunkan berat badan, obat batuk, bronkitis, mengatasi insomnia, mengatasi penyakit herpes, dll.

16 Pegagan

Khasiat dan Manfaat Pegagan Untuk Pengobatan Herbal

Pegagan


Pegagan adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di pematang sawah, perkebunan, lahan pertanian, dan banyak terdapat ditepi jalan. Tanaman pegagan atau panegowang atau jelukap memiliki nama ilmiah Centella asiatica, berasal dari genus Centella dari famili Mackinlayaceae. Masyarakat Indonesia sudah sejak zaman dahulu memanfaatkan tanaman yang disebut daun kaki kuda atau antanan ini sebagai obat kulit dan untuk memperlancar peredaran darah. Disetiap daerah, pegagan memiliki sebutan yang berbeda-beda, misalnya ; Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok).

Manfaat dan Khasiat PEGAGAN Untuk Pengobatan :

Pegagan diketahui memiliki khasiat dan manfaat untuk menghambat terjadinya keloid (bekas luka), membersihkan darah, meningkatkan daya ingat, obat gatal-gatal, penurun panas, anti alergi, anti radang, anti bakteri, menghentikan pendarahan, membersihkan darah dan peluruh air seni.

17. Pecing

Khasiat dan Manfaat Pecing Untuk Obat Herbal

Pecing


Pecing atau pacing (Costus speciosus J. Sm) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh pada tempat-tempat yang lembab dan agak terlindung. Kadang-kadang tanaman ini tumbuh pada pohon aren atau pohon kelapa sawit seperti benalu. Batang tanaman berwarna merah muda atau putih, tidak memiliki cabang dan berair. Helaian daun berbentuk mata tombak, ukuran 9-37 kali 3-10 cm. Bunga duduk berbentuk terminal rapat, berwarna merah muda atau putih. Daun pelindung memanjang runcing berdiri tempel. Kelopak tidak rontok, serupa tulang segitiga, mahkota membentuk tabung 1×0,5 cm. Tajuk bulat telur, ujung runcing pendek. Buahnya bersegi tiga merupakan buah kotak berwarna merah dengan biji. Pecing memiliki banyak nama daerah misalnya pacing, tepung tawar, poncang-pancing, dan bunto (Jawa), tabar-tabar, kelacim, setawar, tawar-tawar, tebu tawar, tubu-tubu, sitawar, tawa-tawa, dan totar (Sumatera). Di Sulawesi, orang menyebutnya lingkuwas, lincuas, palai batang, tampung tawara, galoba utan atau tepu tepung, sedangkan orang Maluku menyebutnya muri-muri, tebe pusa, tehu lopu, uga-uga dan tehe tepu.

Baca juga  250 Jenis TANAMAN OBAT Lengkap dengan Manfaat dan Khasiatnya (Page 1)

Manfaat dan Khasiat PECING Untuk Pengobatan :

Tanaman pecing mengandung berbagai senyawa kimia, antara lain Diosgenin; Dioscin; Gracilin; Sitosserol; Methyl tritri acontanoate; 8 hydroxy triacontan-25-one,5 alfa-stigmast-9(11)-en-3-beta-01,24-hydroxyaontan-26-one; 24 hydroxyacontan-27-one. Pecing berkhasiat sebagai peluruh air seni (diuretik), obat KB, obat eksim, obat bengkak pada sakit ginjal, obat perut busung, obat infeksi saluran kemih, dan mengatasi pengerutan hati.

18. Rumput Bambu

Khasiat dan Kegunaan Rumput Bambu Untuk Obat

Rumput Bambu


Rumput Bambu (Lopatherum gracile Brogn.) adalah perdu yang tumbuh secara liar, banyak ditemukan pada tempat yang tidak terlalu kering atau basah dan tempat-tempat yang rindang. Rumput bambu merupakan tumbuhan dari genus Lophatherum anggota dari suku Poaceae. Masyarakat Jawa menyebut rumput bambu dengan nama rumput rayung, dalam bahasa melayu disebut rumput bulu, rumput jarang, rumput kelurut. Sedangkan dalam bahasa Sunda disebut tangkur gunung. Rumput bambu mempunyai bunga majemuk berbentuk malai yang bertangkai panjang, keluar dari ujung batang yang panjangnya 10 – 30 cm, dengan bulir-bulir kecil berbentukjali yang panjangnya 7-12 mm dan lebamya 1,5 – 2,5 mm. Batang dan daun rumput bambu mempunyai rasa manis, hambar, dan dingin. Sedangkan akar rumput bambu mempunyai rasa manis dan dingin.

Manfaat dan Khasiat RUMPUT BAMBU Untuk Pengobatan :

Akar, batang, dan daun rumput bambu mempunyai kandungan kimia antara lain Triterpenoid, steroid arundoin, cylindrin, friedelin, beta-sitosterol, stigmasterol, compesterol, taraxerol, asam amino, dan asam lemak. Rumput bambu berkhasiat untuk pereda demam, mimisan, sakit tenggorokan, obat infeksi saluran kemih, serta mengurangi resiko kanker.

19. Rumput Mutiara

Manfaat dan Khasiat Rumput Mutiara Untuk Obat Herbal

Rumput Mutiara


Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa L.) merupakan tumbuhan dari genus Hedyotis, anggota dari suku Rubiaceae. Rumput mutiara adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh pada tempat-tempat yang lembab, dikebun, halam rumah, pinggir jalan dan ditepi-tepi selokan. Rumput mutiara berpenampakan tegak atau condong,sering bercabang mulal dari pangkal batangnya dengan tinggi 0,05 – 0,6 m. Batang rumput ini bersegi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hijau keabu-abuan. Daunnya relatif kecil dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Ujung dan pangkal daunnya runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik sisik kecil sepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun sangat pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Manfaat dan Khasiat RUMPUT MUTIARA Untuk Pengobatan :

Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan Tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, bisul, luka infeksi, uci-uci, luka borok, gondongan, amandel.

20. Rumput Teki

Manfaat dan Khasiat Rumput Teki Untuk Obat Herbal Tradisional

Rumput Teki


Rumput teki (Cyperus rotundus L.) adalah tumbuhan liar yang sering dianggap sebagai gulma. Rumput teki banyak tumbuh pada lahan pertanian, halaman rumah, tepi jalan dan pada tempat-tempat terbuka. Teki merupakan salah satu tumbuhan dari genus Cyperus, anggota dari suku Cyperaceae. Rumput ini memiliki daun memanjang dan berbunga serta memiliki umbi pada akarnya. Rumput teki adalah gulma yang sulit dikendalikan dan sering tumbuh pada area lahan tanaman budidaya.

Manfaat dan Khasiat RUMPUT TEKI Untuk Pengobatan :

Bagian dari rumput teki yang dimanfaatkan sebagai obat adalah umbinya. Manfaat dan khasiat umbi rumput teki antara lain untuk mengobati kencing batu, memperbaiki siklus menstruasi, menyembuhkan berbagai penyakit kulit, mempercepat proses pembekuan darah, memperlancar buang air besar, merangsang produksi ASI, menurunkan demam, sebagai anti nyamuk dan mengobati keputihan.

21. Teratai

Khasiat Bunga Teratai Untuk Pengobatan Herbal

Teratai


Teratai (Nyimphaea) adalah tumbuhan yang hidup diatas permukaan air tenang, banyak ditemukan dikolam ikan, telaga, danau atau tempat-tempat berair lainnya. Tumbuhan ini merupakan salah satu anggota dari suku Nyiphaeaceae. Daun teratai berbentuk lingkaran penuh, Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Manfaat dan Khasiat TERATAI Untuk Pengobatan :

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bunganya. Bunga teratai mengandung lemak, karbohidrat, serat, protein, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, vitamin B7, kalsium, mineral, fosfor, zat besi dan vitamin C. Manfaat teratai antara lain untuk mengobati batuk darah, mangatasi diare yang disertai muntah, obat disentri, menormalkan tekanan darah, menghentikan mimisan, mengatasi insomnia, mengobati panas dalam, mengatasi radang dan iritasi, membantu pembentukan sel darah merah.

Demikian tentang “21 Jenis Tumbuhan Liar Yang Berkhasiat Sebagai Obat” Semoga bermanfaat….
(dari berbagai sumber)

Salam mitalom !!!!

loading...
Loading...