20 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun Mint / Mentha

Manfaat Buah & Sayur – Mint atau mentha adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan masakan, minuman, bahan tambahan pasta gigi, permen atau permen karet. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, ternyata daun mint juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Daun mint memiliki aroma yang khas, menyegarkan dan memiliki efek menenangkan. Daun mint diketahui mengandung berbagai macam senyawa, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu efek dari daun mint yang sudah banyak diketahui adalah menyegarkan mulut, melegakan tenggorokan dan melegakan pernafasan. Daun mint juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan, seperti menurunkan resiko terserang kanker, meringankan rasa nyeri dan sebagai antibakteri.

Kandungan Daun Mint

Kandungan daun mint yang paling menonjol adalah antioksidannya, serta mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Pada daun mint juga terdapat kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu kalsium dan fosfor. Setiap dua sendok makan serbuk daun mint mengandung lemak 0.03 gram, serat 0.30 gram, 2 kalori, protein 0.12 gram, dan karbohidrat sebesar 0.48 gram.

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopssida
Ordo : Lamiales
Famili : Lamiaceae
Genus : Mentha

khasiat daun mint

Gambar daun mint


Berikut Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Pada daun mint terdapat kandungan antioksidan alami yang berperan sebagai penangkal efek radikal bebas. Zat antioksidan diketahui memiliki peran sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Menghilangkan Kutu Rambut

Daun mint bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut di kepala. Oleskan minyak daun mint pada rambut hingga kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Biarkan sampai beberapa saat, lakukan secara rutin 3 atau 4 kali dalam seminggu sampai kutu rambut hilang.

Baca juga  Melawan Asap Rokok Dengan Daun Sirih Belanda

3. Mengatasi Alergi

Zat yang terkandung dalam daun mint diketahui dapat mengatasi alergi pada kulit. Daun mint berkhasiat dalam meringankan rasa gatal akibat alergi.

4. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Daun mint bisa digunakan untuk mencerahkan noda hitam bekas jerawat di wajah. Gunakan jus daun mint yang dicampur dengan oat, gunakan sebagai masker wajah. Biarkan sampai mengering dan lakukan secara rutin agar bekas jerawat cepat hilang.

5. Melegakan Tenggorokan dan Pernafasan

Ekstark daun mint berkhasiat untuk melegakan tenggorokan dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Daun mint juga berkhasiat untuk melegakan perrnafasan yang terasa sesak dan menyegarkan saluran pernafasan.

6. Mengatasi Gigitan Serangga

Bekas gigitan nyamuk pada kulit akan meninggalkan bekas merah akibat iritasi dan gatal. Untuk mengatasinya oleskan daun mint segar pada luka tersebut, rasa gatal dan iritasi akan segera hilang.

7. Menambah Nafsu Makan

Menambahkan daun mint pada makanan tertentu diketahui dapat membangkitkan selera makan. Jika anda kurang nafsu makan, cobalah untuk menambahkan daun mint pada makanan anda.

8. Membersihkan Komedo

Jika wajah anda ingin bersih dari komedo, lakukan hal sederhana ini. Lumatkan beberapa lembar daun mint segar, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

9. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin E dan vitamin D pada daun mint berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Kedua vitamin tersebut berperan dalam membantu memperbarui sel-sel kulit mati. Asam salisilat yang terdapat pada daun mint juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

10. Mengobati Jerawat

Daun mint bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerwat diwajah anda dengan mudah. Ambil beberapa lembar daun mint segar, kemudian dilumatkan hingga halus. Campurkan air bunga mawar kemudian oleskan secara merata pada wajah sebagai masker. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 4 – 5 kali dalam seminggu.

Baca juga  30 Manfaat dan Khasiat Buah Naga

11. Mengatasi Demam

Daun mint memiliki efek dingin dan menyegarkan yang bisa digunakan untuk meredakan demam pada tubuh.

12. Meringankan Batuk

Daun mint yang menyegarkan berkhasiat dalam menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan penyebab batuk.

13. Aromaterapi

Daun mint bisa digunakan sebagai aroma terapi yang berkhasiat untuk menenangkan dan membuat anda lebih rileks.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun mint mengandung vitamin C, vitamin C merupakan nutrisi makronutrien yang berperan dalam meningkatkan sistem kekabalan tubuh atau imunitas. Jika asupan vitamin C anda tercukupi setiap harinya, maka sistem kekabalan tubuh anda sangat baik dan anda tidak mudah terserang penyakit.

15. Meringankan Rasa Nyeri

Daun mint diketahui mengandung zat antipasmodic. Zat antipasmodic berkhasiat dalam merilekskan otot dan meringankan rasa nyeri pada otot.

16. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Gangguan kesehatan pada gigi dan mulut disebabkan oleh bakteri dan jamur. Dan mint memiliki kandungan zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri, bau mulut dan mencegah radang gusi. Daun mint juga diketahui berkhasiat dalam menurunkan resiko kerusakan pada gigi.

17. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi daun mint diketahui memiliki efek yang baik bagi sistem pencernaan. Kandungan antioksidan dan fitonutrien pada daun mint berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

18. Menghilangkan Stres

Stres adalah gangguan kesehatan yang timbul karena syaraf yang menegang akibat berbagai macam masalah, aktifitas yang padat serta perasaan tertekan. Daun mint memiliki sifat yang menenangkan dan menyegarkan yang bisa digunakan sebagai aromatherapi untuk merilekskan syaraf yang tegang dan membuat fikiran jadi fresh.

19. Baik Untuk Tulang dan Gigi

Setiap sumber makanan yang mengandung kalsium dan fosfor sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Begitupun dengan daun mint, kalsium dan fosfor yang ada pada daun mint berkhasiat untuk menjaga tulang dan gigi tetap sehat.

Baca juga  Beragam Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

20. Menyehatkan Mata

Daun mint mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bermanfaat untuk menurunkan resiko gangguan kesehatan pada mata.

Demikian tentang manfaat dan khasiat mengkonsumsi daun mint untuk kesehatan. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...