15 Manfaat Penting Sayur Genjer

Manfaat dan Khasiat Daun Genjer Untuk Tubuh

Manfaat Buah & Sayur – Genjer (Limnocharis flava) merupakan salah satu tanaman yang biasa hidup di sawah atau rawa-rawa dengan perairan dangkal sejenis dengan enceng gondok. Banyak yang mengatakan genjer adalah sayuran orang miskin, jadi yang makan genjer identik dengan kemiskinan. Mungkin saja benar, tapi seharusnya tidak divonis seperti itu ya…sebab genjer boleh dikonsumsi siapa saja yang mau. Sayur genjer berasa agak pahit tapi enak. Biasa diolah sebagai sayur dengan cara ditumis atau pecal.

khasiat sayur genjer

Manfaat Sayur Genjer Bagi Tubuh


Sayur genjer lebih populer di desa, orang – orang kota banyak yang nggak tahu sayuran ini. Ketika saya upload foto genjer di facebook, ada yang bertanya ; itu sayuran apa? genjer itu apa? mungkin temen saya itu orang kota ya,,,hehehehe. Jawabanya ; genjer itu satu-satunya sayuran yang bisa didaur ulang. Genjer itu tempat tangkringan bancet (tempat nongkrong kodok di rawa). Terserah,,,mau ngatain apa….yang jelas saya suka karena genjer juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Kandungan Gizi Sayur Genjer

Selayaknya sayuran hijau pada umumnya, walaupun sering dikatain sayurannya “orang miskin”, genjer juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan tidak kalah dengan sayurnya “orang kaya”. Serat pada genjer sangat baik bagi pencernaan. Dalam 100 gram genjer mengandung protein 1,7 gram, 33 mg fosfor, 2,1 mg zat besi dan 62 mg kalsium. Kandungan – kandungan tersebut tidak ada satupun yang tidak berguna, semuanya memiliki manfaat bagi tubuh. Apa manfaat genjer bagi tubuh kita ?

Manfaat Sayur Genjer

1). Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit
2). Mengikat lemak dalam tubuh
3). Meningkatkan metabolisme tubuh
4). Mencegah diabetes
5). Berperan dalam pembentukan masa otot
6). Menambah stamina dan tenaga
7). Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
8). Menjaga kesehatan tulang dan gigi
9). Mencegah osteoporosis
10). Baik untuk pembentukan sel darah
11). Membantu mempercepat penyembuhan luka
12). Mencegah penyakit kanker kolon
13). Menambah nafsu makan
14). Menguatkan tulang
15). Sebagai sumber energi

Baca juga  14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Bagi yang belum tahu tentang genjer, jangan menghina ya,,, genjer juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jangan malu makan sayur genjer, walaupun populer dengan sayuran “Orang Miskin” tapi manfaatnya sama dengan sayurnya “Orang Kaya”. Kalau mau coba, silahkan cari sendiri disawah atau rawa-rawa hehehehehe…… Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...